Penerapan pembelajaran matematika realistik untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok bahasan pembagian di kelas II SDN. Siyar Kec. Rembang / Sohifah

Main Author: Sohifah
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2009
Online Access: http://repository.um.ac.id/102636/
Daftar Isi:
  • BerdasarkanpengamatanyangdilakukanpenelitiselamaprosesbelajarmengajarmatematikadikelasIISDNSiyarkhususnyamateripokokpembagianmasihdidominasigurupraktikpembelajaranyangdigunakankurangmenggunakansituasikehidupannyatadilingkungansiswasehinggasiswamerasabosan.Penelitimenganggappentingmelakukanpenelitianuntukmeningkatkankompetensiyangdimilikisiswadenganjalanmeningkatkanhasilbelajarsiswa.PembelajaranMatematikaRealistik(PMR)merupakansalahsatupendekatanpembelajarandigunakandalampenelitianinidalampendekatanPMRsiswamemanfaatkanrealitadanlingkunganyangdipahamipesertadidikuntukmemperlancarprosesbelajarmengajarmatematikayangdidukungolehbeberapakomponendiantaranyaadalahmenggunakanmasalahkontekstualmenggunakanberbagaimodelkonstribusisiswainteraktifdanketerkaitan.Tujuandaripenelitianiniuntuk(1)mendeskripsikanPenerapanPembelajaranMatematikaRealistikdalammeningkatkanhasilbelajarsiswapadapokokbahasanpembagiandiKelasIISDNSiyarKec.Rembang.(2)mendeskripsikanhasilbelajarsiswasetelahditerapkanPembelajaranMatematikaRealistikdalampembelajaranpokokbahasanpembagiandikelasIISDNSiyarKec.Rembang.PenelitianinimenggunakanrancanganPenelitianTindakanKelas(PTK)yangterdiridariduasiklus.Tiapsiklusterdiridari4tahapanyaituperencanaanpelaksanaanobservasidanrefleksi.SubyekpenelitianseluruhsiswakelasIISDNSiyarKec.Rembangsebanyak48siswa.Instrumendalampenelitianiniberupapedomanangketobservasiwawancaradantes.HasilyangdicapaidalampenelitianinimenunjukkanpembelajaranpokokbahasanpembagiandiKelasIISDNSiyarKec.RembangdenganmenggunakanPMRsangatmemuaskandilihatdaripencapaianprestasisiswadari48siswayangmengalamiketuntasanbelajar41siswaatau85.42%danyangtidakmengalamiketuntasanbelajarhanya7siswaatau14.58%.HalinimenunjukkanprestasisiswadalampokokbahasanpembagiandenganPMRmelebihibatasminimalprosentasekeberhasilansiswayaitu65%.PembelajaranMatematikaRealistikdalammeningkatkanhasilbelajarpadapokokbahasanpembagiansangatmembantusiswakarnasiswadihadapkanpada-bendanyatayangsudahtidakasingbagisiswasepertipermenkelerengdanlain-lain.Dengansiswadihadapkanpadasituasinyatamakapemahamankonsepmerekaakanmeningkat.BerdasarkanhasilpenelitiandapatdisarankanBagiGurudiharapkandapatmenggunakanPembelajaranMatematikaRealistikdalampembelajaranmatematikamenerapkanpendekatandalampembelajaranmatematikayangmemungkinkanterjadinyaprosesbelajarmelaluipengalamansiswasetiappembelajaranpenghargaanpadasiswaharusselaludiberikanmeskipunjawabansiswakurangtepat.Bagisiswaperlunyapeningkatandirimelaluibelajarsecaraterusmenerusmenghilangkanperasaantakutsalahbilainginmengemukakanpendapattumbuhkanrasakerjasamaantartemansejawat.