Penerapan pembelajaran kooperatif model Student Teams Achievement Division (STAD) untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar IPA siswa kelas IV di SDN I Widoro Kec. Gandusari Kab. Trenggalek / Devi Indriati

Main Author: Indriati, Devi
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2009
Online Access: http://repository.um.ac.id/102614/
Daftar Isi:
  • SDNIWidoroadalahsalahsatuSekolahDasaryangadadiKec.GandusariKab.Trenggalek.BerdasarkanobservasidikelasIVpadatanggal13April2005diketahuibahwaterdapatpermasalahanpadapembelajaranIPAdikelastersebut.Permasalahantersebutantaralaingurucenderungmenggunakan(1)metodeceramah(2)tanyajawabdan(3)penugasanmelaluiLKS.Selainitusiswahanyaberpikirsecaraindividutanpaadasharingpendapatdengantemannya.Halinimengakibatkanrendahnyaaktivitasdanprestasibelajarsiswa.OlehkarenaitupadapenelitianinidicobauntukmenanganipermasalahantersebutdenganmenerapkanpembelajarankooperatifmodelSTADdalampelajaranIPAdenganpokokbahasanSumberDayaAlam.Jenispenelitianyangdigunakanadalahpenelitiantindakankelas(PTK)denganduasiklus.Setiapsiklusmemiliki4tahapanyaitu(1)perencanaantindakan(2)Pelaksanaantindakan(3)Observasidan(4)refleksi.SubyekpenelitianadalahsiswakelasIVSDNIWidoroKec.GandusariKab.Trenggaleksemestergenaptahunajaran2008/2009yangberjumlah17siswa.Instrumendalampenelitianiniberupatesevaluasiuntukmengetahuipemahamankonsepsumberdayaalamlembarobservasiaktifitasgurudansiswadanpedomanwawancara.Penelitianinibertujuanuntuk(1)mendeskripsikanpenerapanpembelajarankooperatifSTADdalampelajaranIPA(2)mendeskripsikanpeningkatanaktivitasbelajarIPAdenganmenggunakankooperatifSTAD(3)mendeskripsikanpeningkatanprestasibelajarIPAdenganmenggunakankooperatifSTAD.PembelajarankooperatifSTADmemilikiberbagaikelebihanyangpadadasarnyadapatmengatasipermasalahanyangadadiSDNIWidoro.ModelSTADinimenekankanadanyakerjasamaantarsiswadalamkelompoknyauntukmencapaitujuanbelajartertentu.Siswajugadilibatkansecaraaktifbaikfisikmaupunmentalsehinggaaktivitasmaupunprestasibelajarsiswameningkat.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwaaktivitasbelajarsiswa(individu)padasiklusIpertemuanke-1sebesar48%meningkatpadapertemuanke-2sebesar52%.PadasiklusIiniaktivitassiswamasihberadadibawahketuntasanaktivitasyangtelahditetapkanguruyaitu60%.PadasiklusIIaktivitassiswameningkatsebesar60%dantelahmencapaiketuntasanaktivitas.Sedangkanaktivitassiswa(kelompok)padasiklusIpertemuanke-1sebesar53meningkat