Penerapan pembelajaran kooperatif model Student Teams Achievement Division (STAD) untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar IPA siswa kelas IV di SDN I Widoro Kec. Gandusari Kab. Trenggalek / Devi Indriati
Main Author: | Indriati, Devi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2009
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/102614/ |
Daftar Isi:
- SDNIWidoroadalahsalahsatuSekolahDasaryangadadiKec.GandusariKab.Trenggalek.BerdasarkanobservasidikelasIVpadatanggal13April2005diketahuibahwaterdapatpermasalahanpadapembelajaranIPAdikelastersebut.Permasalahantersebutantaralaingurucenderungmenggunakan(1)metodeceramah(2)tanyajawabdan(3)penugasanmelaluiLKS.Selainitusiswahanyaberpikirsecaraindividutanpaadasharingpendapatdengantemannya.Halinimengakibatkanrendahnyaaktivitasdanprestasibelajarsiswa.OlehkarenaitupadapenelitianinidicobauntukmenanganipermasalahantersebutdenganmenerapkanpembelajarankooperatifmodelSTADdalampelajaranIPAdenganpokokbahasanSumberDayaAlam.Jenispenelitianyangdigunakanadalahpenelitiantindakankelas(PTK)denganduasiklus.Setiapsiklusmemiliki4tahapanyaitu(1)perencanaantindakan(2)Pelaksanaantindakan(3)Observasidan(4)refleksi.SubyekpenelitianadalahsiswakelasIVSDNIWidoroKec.GandusariKab.Trenggaleksemestergenaptahunajaran2008/2009yangberjumlah17siswa.Instrumendalampenelitianiniberupatesevaluasiuntukmengetahuipemahamankonsepsumberdayaalamlembarobservasiaktifitasgurudansiswadanpedomanwawancara.Penelitianinibertujuanuntuk(1)mendeskripsikanpenerapanpembelajarankooperatifSTADdalampelajaranIPA(2)mendeskripsikanpeningkatanaktivitasbelajarIPAdenganmenggunakankooperatifSTAD(3)mendeskripsikanpeningkatanprestasibelajarIPAdenganmenggunakankooperatifSTAD.PembelajarankooperatifSTADmemilikiberbagaikelebihanyangpadadasarnyadapatmengatasipermasalahanyangadadiSDNIWidoro.ModelSTADinimenekankanadanyakerjasamaantarsiswadalamkelompoknyauntukmencapaitujuanbelajartertentu.Siswajugadilibatkansecaraaktifbaikfisikmaupunmentalsehinggaaktivitasmaupunprestasibelajarsiswameningkat.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwaaktivitasbelajarsiswa(individu)padasiklusIpertemuanke-1sebesar48%meningkatpadapertemuanke-2sebesar52%.PadasiklusIiniaktivitassiswamasihberadadibawahketuntasanaktivitasyangtelahditetapkanguruyaitu60%.PadasiklusIIaktivitassiswameningkatsebesar60%dantelahmencapaiketuntasanaktivitas.Sedangkanaktivitassiswa(kelompok)padasiklusIpertemuanke-1sebesar53meningkat