Hubungan fasilitas dan layanan perpustakaan dengan motivasi belajar siswa di Perpustakaan SMK Negeri 4 Malang / M. Imam Nahrowi

Main Author: Nahrowi, M. Imam
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/10260/
Daftar Isi:
  • vRINGKASANNahrowiM.Imam.2018.HubunganFasilitasdanLayananPerpustakaandenganMotivasiBelajarSiswadiPerpustakaanSMKNegeri4Malang.SkripsiProgramStudiIlmuPerpustakaanFakultasSastraUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Prof.Dr.DjokoSaryonoM.Pd(II)Drs.DarmonoM.SiKatakuncifasilitaslayananmotivasibelajar.Perpustakaansekolahmerupakansalahsatusaranawajibdilingkungansekolahsebagaipenunjangpeningkatankualitaspendidikan.Perpustakaanjugaberperansebagaiwadahuntukmencarireferensiyangmendukungdalamkegiatanbelajarmengajar.Penelitianinibertujuanuntukmengetahuihubunganfasilitasdanlayananperpustakaandenganmotivasibelajarsiswadiperpustakaan.Jenispenelitianiniadalahpenelitiankorelasionaldenganmenggunakanpendekatankuantitatif.Penelitianiniterdiriatastigavariabelyaknifasilitasdanlayananperpustakaansebagaivariabelbebasdanmotivasibelajarsiswadiperpustakaansebagaivariabelterikat.Datadalampenelitiandiperolehdaripilihanjawabandalamangketyangdikonversikandalambentukskor.TeknikanalisisyangdigunakandalampenelitianiniadalahkorelasiProductMomentPearson.Hasilpenelitianiniadaenamyakni(1)fasilitasperpustakaanSMKNegeri4Malangdalamkategoritinggidenganjumlahpersentase42%(2)layananperpustakaanSMKNegeri4Malangdalamkategoritinggidenganpersentase43%(3)motivasibelajarsiswadiperpustakaanSMKNegeri4Malangdalamkategoricukupdenganpersentase42%(4)hasilanalisiskorelasimenunjukkanbahwaadahubunganyangsignifikanantarafasilitasperpustakaandenganmotivasibelajarsiswadiperpustakaanSMKNegeri4Malangdengannilaikorelasisebesar0545yangberartikorelasinyasedang(5)adahubunganyangsignifikanantaralayananperpustakaandenganmotivasibelajarsiswadiperpustakaanSMKNegeri4Malangdengannilaikorelasisebesar0663yangberartikorelasinyakuatdan(6)adahubunganyangsignifikanantarafasilitasdanlayananperpustakaandenganmotivasibelajarsiswadiperpustakaanSMKNegeri4Malangdengannilaikorelasi0708yangberartikorelasinyakuat.Berdasarkanhasilpenelitiandisimpulkansebagaiberikut.PertamafasilitasperpustakaanSMKNegeri4MalangdalamkategoritinggihaltersebutdikarenakanfasilitasperpustakaanSMKNegeri4Malangmemilikikeunggulandalamkondisitataruangdankondisiperalatandanperlengkapan.KedualayananperpustakaanSMKNegeri4Malangdalamkategoritinggi.HaltersebutdikarenakanlayananperpustakaanSMKNegeri4Malangmemilikikeunggulanmengenaiketegasandalampemberiansanksidankemampuanpustakawandalammemberikaninformasiyangdibutuhkanolehpemustaka.KetigamotivasibelajarsiswadiperpustakaanSMKNegeri4Malangdalamkategoritinggi.HaltersebutdikarenakanlayananperpustakaanSMKNegeri4Malangmemilikikeunggulanmengenaikenyamananbelajardanketersediaankoleksibahanpustaka.KeempatadahubunganyangsignifikanantarafasilitasperpustakaandenganmotivasibelajarsiswadiperpustakaanSMKNegeri4Malang.KelimaadahubunganyangsignifikanantaralayananperpustakaandenganmotivasibelajarsiswadiperpustakaanSMKNegeri4Malang.TerakhiradahubunganyangsignifikanviantarafasilitasdanlayananperpustakaandenganmotivasibelajarsiswadiperpustakaanSMKNegeri4Malang.Sarandalampenelitiansebagaiberikut.PertamameningkatkanfasilitasperpustakaandenganmemperbaikidanmengaturulangventilasiudaradiperpustakaanSMKNegeri4Malangagarsiswamerasanyamandiperpustakaan.Kemudiankondisiperalatandanperlengkapandiperpustakaanjugaperludiperhatikan.Mengingatpentingnyaperalatandanperlengkapanyangdigunakansecaraterusmenerus.KeduadiharapkanperpustakaanSMKNegeri4Malangmeningkatkankelengkapankoleksidanmenggantikoleksiyangsudahusangdengankoleksiyangbaru.Tidakhanyaitukoleksilainsepertibukupelajaransebaiknyajugadisesuaikandengankurikulumsekolah.Haltersebutbertujuanuntukmenarikminatsiswasertaseluruhwargasekolahuntuklebihseringberkunjungkeperpustakaanmengingatperpustakaanmerupakanpusatsumberbelajardisekolah.TerakhirdiharapkanperpustakaanSMKNegeri4Malangseringmengadakanacarasosialisasiuntukmemberikanpengetahuanmengenaipemanfaatanfasilitasdanlayananperpustakaan.Darikegiatantersebutdiharapkanagarsiswalebihtermotivasiuntukbelajardiperpustakaan.