Peningkatan hasil belajar IPA melalui pendekatan keterampilan proses di kelas IV SDN Sumberanyar III Kecamatan Nguling Kabupaten Pasuruan / La Arman
Main Author: | Arman, La |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2009
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/102548/ |
Daftar Isi:
- DalampembelajaranIPAperludikembangkansuatumodelpembelajaranyangmelibatkansiswasecaraaktifdalamkegiatanpembelajaranuntukmenemukanataumenerapkansendiriide-idenya.KenyataandilapanganmenunjukkanbahwadalamkegiatanbelajarmengajarIPAdikelasIVSDNSumberanyarIIImasihbersifatkonvensionaldankegiatanbelajarmengajarmasihdidominasiolehguru.DalamartikegiatanbelajaranmengajarIPAdiSDNSumberanyarIIIguruhanyaberceramahtidakpernahmemberikanpraktekataulatihan-latihandalamkegiatanbelajarmengajar.Kegiatanbelajarmengajaryangdilakukanberdasarkanbukuteksdanteoriyangada.Pengamataninibertujuanuntuk(i)MendiskripsikanprosespembelajaranIPAdikelasIVSDNSumberanyarIIIpadaKompetensiDasarMengidentifikasiwujudbendapadatcairdangasmemilikisifattertentu(ii)MengetahuiprestasibelajarsiswakelasIVSDNSumberanyarIIIdalampembelajaranIPAmelaluiketerampilanproses(iii)MendeskripsikantanggapansiswakelasIVSDNSumberanyarIIIdalampembelajaranIPAyangdiajarkandenganpendekatanketerampilanproses(iv)MendiskripsikantanggapanguruSDNSumberanyarIIIdalampembelajaranIPAyangdiajarkandenganpendekatanketerampilanproses.SasaranpengamatanadalahsiswakelasIVSDNSumberanyarIIIdenganjumlahsiswa21orangyangmengikutimatapelajaranIPAsemesterganjil2008/2009.Jenispenenlitianiniadalahpenelitiantindakankelas(PTK)modelKemmisdkk1988(dalamDepdiknas20037)yangterdiridaraiempattahapyaitu(1)perencanaan(2)pelaksanaan(3)pengamatan(4)refleksi.Penelitianinidilaksanakandalamduasiklus.Pedomanyangdigunakandalampenelitianiniadalahobservasiteswawancaraangket.Teknikobservasidilakukansaatpembelajaranberlangsungbagaimanaaktifitasgurudansiswasaatpembelajaran.HasilpembahasanmenyimpulkansebagaiberikutPenerapanpembelajaranmelaluipendekatanketerampilanprosespadapokokbahasansifatdanberubahanwujudbendadapatmeningkatkanhasilbelajarsiswakelasIVSDNSumberanyarIII.Saatpembelajaranberlangsungsebagianbesarsiswadapatmemusatkanperhatiandenganbaikmencapai9044%siswaseringbertanyapadagurumencapai8566%siswasiswatidakmerasajenuhataubosandalammengikutipelajaranmencapai8566%siswabukanhanyabelajarIPAsajapadasaatmengikutipelajaranmencapai714%.Sedangkannilairata-ratasiswapadasiklusImencapai6776mengalamipeningkatannilairata-ratasiswapadasiklusIImencapai8047.