Peningkatan hasil belajar IPA melalui pendekatan keterampilan proses di kelas IV SDN Sumberanyar III Kecamatan Nguling Kabupaten Pasuruan / La Arman

Main Author: Arman, La
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2009
Online Access: http://repository.um.ac.id/102548/
Daftar Isi:
  • DalampembelajaranIPAperludikembangkansuatumodelpembelajaranyangmelibatkansiswasecaraaktifdalamkegiatanpembelajaranuntukmenemukanataumenerapkansendiriide-idenya.KenyataandilapanganmenunjukkanbahwadalamkegiatanbelajarmengajarIPAdikelasIVSDNSumberanyarIIImasihbersifatkonvensionaldankegiatanbelajarmengajarmasihdidominasiolehguru.DalamartikegiatanbelajaranmengajarIPAdiSDNSumberanyarIIIguruhanyaberceramahtidakpernahmemberikanpraktekataulatihan-latihandalamkegiatanbelajarmengajar.Kegiatanbelajarmengajaryangdilakukanberdasarkanbukuteksdanteoriyangada.Pengamataninibertujuanuntuk(i)MendiskripsikanprosespembelajaranIPAdikelasIVSDNSumberanyarIIIpadaKompetensiDasarMengidentifikasiwujudbendapadatcairdangasmemilikisifattertentu(ii)MengetahuiprestasibelajarsiswakelasIVSDNSumberanyarIIIdalampembelajaranIPAmelaluiketerampilanproses(iii)MendeskripsikantanggapansiswakelasIVSDNSumberanyarIIIdalampembelajaranIPAyangdiajarkandenganpendekatanketerampilanproses(iv)MendiskripsikantanggapanguruSDNSumberanyarIIIdalampembelajaranIPAyangdiajarkandenganpendekatanketerampilanproses.SasaranpengamatanadalahsiswakelasIVSDNSumberanyarIIIdenganjumlahsiswa21orangyangmengikutimatapelajaranIPAsemesterganjil2008/2009.Jenispenenlitianiniadalahpenelitiantindakankelas(PTK)modelKemmisdkk1988(dalamDepdiknas20037)yangterdiridaraiempattahapyaitu(1)perencanaan(2)pelaksanaan(3)pengamatan(4)refleksi.Penelitianinidilaksanakandalamduasiklus.Pedomanyangdigunakandalampenelitianiniadalahobservasiteswawancaraangket.Teknikobservasidilakukansaatpembelajaranberlangsungbagaimanaaktifitasgurudansiswasaatpembelajaran.HasilpembahasanmenyimpulkansebagaiberikutPenerapanpembelajaranmelaluipendekatanketerampilanprosespadapokokbahasansifatdanberubahanwujudbendadapatmeningkatkanhasilbelajarsiswakelasIVSDNSumberanyarIII.Saatpembelajaranberlangsungsebagianbesarsiswadapatmemusatkanperhatiandenganbaikmencapai9044%siswaseringbertanyapadagurumencapai8566%siswasiswatidakmerasajenuhataubosandalammengikutipelajaranmencapai8566%siswabukanhanyabelajarIPAsajapadasaatmengikutipelajaranmencapai714%.Sedangkannilairata-ratasiswapadasiklusImencapai6776mengalamipeningkatannilairata-ratasiswapadasiklusIImencapai8047.