Pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar pada mata pelajaran IPS di kelas IV SDN Sumberanyar III Kecamatan Nguling Kabupaten Pasuruan / Setianingsih

Main Author: Setianingsih
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2010
Online Access: http://repository.um.ac.id/102540/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKSetianingsih2008.PemanfaatanLingkunganSebagaiSumberBelajarPadaMataPelajaranIPSDiKelasIVSDNSumberanyarIIIKecamatanNgulingKabupatenPasuruan.SkripsiProgramStudiPendidikanGuruSekolahDasarJurusanKependidikanSekolahDasarDanPraSekolahFakultasIlmuPendidikanUniversitasNegeriMalang.Pembimbing().Drs.TohaMashudiS.PdM.Pd.(II).Drs.A.BadawiM.Pd.KataKunciPemanfaatanLingkunganSumberBelajarIPSSekolahDasar.Pendidikandikatakanberhasilapabilamampumenciptakansiswayangkreaktifseriussecaraoptimal.Untukmenumbuhkembangkanpotensiyangdimilikisiswa.DalampembelajaranIPSdiharapkandapatmembawasiswapadasituasihidupyangsebenarnyadimasyarakat.Lingkunganpendidikanmerupakansumberpengetahuanyangdapatdimanfaatkansebagaisumberbelajar.DenganmeningkatkanlingkunganakanmenghasilkanpadabeberapamasalahyaituBagaimanapelaksanaanpembelajaranIPSdiKelasIVSDNSumberanyarIII.TujuandalampembelajaraninidapatmendeskripsikanhambatanyangdihadapigurudalammemanfaatkanlingkungansebagaisumberdayaalamdanpersebarannyadalampembelajaranIPSdikelasIV.ManfaatinisebagaibahanmasukkanuntukmenetapkankebijakkandalamupayaperbaikanlingkungansebagaisumberbelajardalampembelajaranIPS.Sumberbelajaradalahsegalasesuatuyangdapatdigunakansebagaitempatdimanabahanpembelajaranterdapatatauasaluntukbelajarseseorang.Melaluisumberbelajarperludiperhatikanuntukmenumbuhkankesadaranpadadiriguruakanpentingnyamengupayasiswaagardapatbelajarbukanhanyaefektifakantetapimenyenangkan.Penelitianinimenggunakanrancangankualitatifdenganjenispenelitiantindakankelas(PTK).Melaluitahapperencanaanpelaksanaanobservasidanrefleksi.Subjek21orangsiswayangterdiridari16laki-lakidan5siswaperempuandiSDNSumberanyarIIIKecamatanNgulingKabupatenpasuruanteknikyangdigunakkandalamsuatupengamatanuntukmemperolehgambaransecarajelasdanakanmenghasilkandatasecaradeskriptifDarihasilpenelitiantentangpembelajaranIPSDikelas1VSDNSumberanyarIIIPelaksanaanpembelajarannyamenunjukkanbahwalangkah-langkahyangdilakukanguruterdiridarimembukapelajaranKegiatanIntidanKegiatanPenutup.Pesentaserata-ratakeberhasilanyangdicapaisiswadalampratindakan4857%siklus16381%siklusII7048%.Hasilpemahamankonsepsiswameningkatbaikdarirata-ratanilaikelasmaupundaripresentasenya.SehinggadapatdikatakanpembelajaranlingkunganbaikditerapkandalampembelajaranIPSdiSDkhususnyamaterisumberdayaalamdanpersebarannya.Darihasilpenelitiandapatdisarankanhal-halI).Dalampeningkatkanlingkunganhendaknyagurulebihmemperbanyakinformasiyangdapatmenambahpengetahuandanpengetahuansiswa2).Kepadakepalasekolahmemberikanarahandengandukunganterhadapprogramkerjagurudalammemanfaatkanlingkungansebagaisumberbelajar.