Penggunaan dekak-dekak untuk meningkatkan penguasaan penjumlahan bilangan cacah pada siswa kelas II SDN Rampal Celaket I Kecamatan Klojen Kota Malang tahun pelajaran 2007/2008 / Lailul Indrawati
Main Author: | Indrawati, Lailul |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2009
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/102539/ |
Daftar Isi:
- PelaksanaanpembelajaranmatematikadiSekolahDasarsampaisaatinimasihberlangsungsecarakonvensionaldimanakegiatanmasihterpusatpadagurumonotondanmenjenuhkanakibatnyaperolehanbelajarsiswapadamatapelajaranmatematikatersebutmasihsangatrendahbiladibandingkandenganmatapelajaranlain.Gurumasihmenggunakanmetodelamayaitumetodeceramahmetodeinimengakibatkananakkurangkreatifdankurangberkreasidalampembelajaran.Siswatidakbisamengembangkandasarmatematikayangiamilikisiswahanyameniruyangdikerjakandandiperintahkanolehguru.Akibatnyasiswatidakbisamengaplikasikanilmuyangdiadapatdalamkehidupansehari-hari.UntukituperluadanyaterobosanbarudalammendorongarahkualitaspembelajaranmatematikadisekolahkhususnyaSekolahDasar.Salahsatufaktornyaadalahpenggunaanmediapembelajarandekak-dekakmerupakanalatbantudalampembelajaranpenjumlahanbilangancacah.Denganadanyadekak-dekakinidiharapkansiswadapatberkreasiuletkreatifdankualitaspembelajaranjugaberlangsungsecaraatraktifbermutusertamenyenangkanbagianakdidik.Penelitianinibertujuanuntuk(1)mendiskripsikanpelaksanaanpembelajaranpenjumlahandenganmenggunakandekak-dekak(2)mendiskripsikanpenguasaankonseppenjumlahanbilangancacahsebelummenggunakanmediadekak-dekak(3)mendiskripsikanpenguasaansiswaterhadapkonseppenjumlahanbilangancacahsesudahmenggunakanmediadekak-dekak(4)mendiskripsikanpeningkatanpenguasaansiswakelasIISDNRampalCelaketIkecamatanKlojenkotaMalangtentangpenjumlahanyangdiajarkandenganmenggunakanalatbantudekak-dekak.Penelitianinimenggunakanpendekatankualitatif.Pendekatankualitatifdigunakanuntukmendapatkangambaranyangjelastentangfenomenayangmunculselamaprosespembelajaranberlangsungyaitusituasikelasdantingkahlakusiswaselamaprosespembelajaran.JenispenelitianiniadalahPTKmengikutialurKurtLewindanStephenKemmisyaitu(1)perencanaan(2)pelaksanaan(3)Observasi(4)Refleksi.SubyekpenelitianterdiridarisiswakelasII-ASDNRampalCelaketIMalangyangberjumlah36siswa.Pengumpulandatadilakukanmelaluitesformatifpadaakhirtindakanobservasiwawancara.Analisisdataterdiridari3komponenkegiatanyangdilakukansecaraberurutanyaitukegiatanreduksisajiandatasertapenarikankesimpulan.Hasil-hasildaripenelitianmenunjukkanbahwapenggunaandekak-dekakdapatmeningkatkanpenguasaanpenjumlahanbilangancacahpadasiswakelasII-A.Haliniditunjukkanpadapelaksanaanpratindakanpenguasaansiswaterhadapkonseppenjumlahanmasihsangatkurangdari36siswa25%yangmampumenguasaipenjumlahanbilangancacahdenganrata-rata4972.PadasiklusIpenguasaansiswasudahmeningkatdari25%menjadi75%sudahmencapaikriteriaketuntasandanrata-rata8028.SiklusIIdari36siswasemua(100%)sudahmencapaikriteriaketuntasandenganrata-rata875.Denganhasil-hasilpenelitiantersebutmakadisarankankepadaguruuntukmeningkatkanpenggunaanmediapembelajaranyaitudekak-dekakuntukmembantumeningkatkanpenguasaankonseppenjumlahanbilangancacahpadakelasII.Gurujugabisamemanfaatkandekak-dekakuntukmendorongkeaktifandankeuletansiswadidiknya.UntukKepalaSekolahlebihmemperhatikansaranadanmediapembelajaranyangdigunakanolehguru-gurunyauntukmenunjangkelancaranpembelajarandikelas.Sedangkanuntukpenelitilainhendaknyadapatmengembangkanpenelitianinipadabilangan-bilanganyanglebihtinggi(penjumlahanribuandanpuluhanribu)sehinggaanakdidikkitabenar-benarmencapaihasilbelajaryangoptimal.