Penggunaan metode inkuiri untuk meningkatkan prestasi belajar kompetensi dasar mendeskripsikan sifat-sifat cahaya pada mata pelajaran IPA siswa kelas V SDN Temayang Kecamatan Kerek Tuban / Melinda Olifia Sahara

Main Author: Sahara, Melinda Olifia
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2009
Online Access: http://repository.um.ac.id/102531/
Daftar Isi:
  • SDNTemayangadalahsalahsatuSekolahDasardiKecamatanKerekKabupatenTuban.BerdasarkanobservasidikelasVdanwawancaradengankepalasekolahdangurukelasVpadatanggal13september2008diketahuibahwaterdapatbeberapapermasalahanpadapembelajaranIPAdikelastersebut.Permasalahantersebutantaralain(1)Gurumendominasipembelajaran(2)guruseringbergantungpadabukuteks(3)Siswakurangaktifdalammencaripengetahuannyasendirisiswacenderungpasifdanhanyamenuggupemberianmateriolehgurusertasiswaterkadangberbicaradengantemanketikadijelaskanolehguru(4)Penilaianhasilbelajarsiswalebihcenderungpadaaspekkognitif.DarisemuapermasalahandiatasyangpalingutamaadalahprestasibelajarIPAsiswayangberadadibawahstandaryangditetapkanKTSP.OlehkarenaitupadapenelitianinidicobauntukmenanganirendahnyaprestaibelajarsiswadenganmenerapkanmetodeinkuiridalampembelajaranIPAMelaluiPenelitianTindakanKelas(PTK).PenelitianinibertujuanuntukmendeskripsikanpelaksanaanpembelajaranIPAkompetensidasarmendeskripsikansifat-sifatcahayadenganmenggunakanmetodeinkuiridiSDNTemayangKecamatanKerekTubanMemaparkanpeningkatanprestasibelajarIPAdenganmenggunakanmetodeinkuiridanmemaparkantanggapangurudansiswaterhadappenerapanmetodeinkuiridalampembelajaran.MetodeinkuirimemilikiberbagaikelebihanyangpadadasarnyadapatmengatasipermasalahanyangditemukanpadaSDNTemayangKecamatanKerekKabupatenTubansehinggametodeinkuiridigunakandalampembelajarndisekolahini.DiharapkandenganpembelajaranyangditerapkanmelaluipenelitianinidapatmeningkatkanprestasibelajarIPAsiswakelasVSDNTemayangKecamatanKerekKabupatenTuban.Penelitianinidilakukanselama5bulansejakSeptember2008sampaidenganJanuari2009.PenelitianinimenggunakandesainPenelitianTindakanKelasdenganmodelKemmisdanTaggratyangterdiriatasempatfaseyaituperencanaanpelaksanaantindakanobservasidanrefleksi.SubyekpenelitianadalahsiswakelasVSDNTemayangKecamatankerekKabupatenTubanyangterdiridari28siswa.Hasildaripenelitianiniadalahbahwatelahterjadipeningkatanprestasibelajarsisaterbuktidarirata-ratanilaipretessiswadalamsatukelaspadaawalnyarendahyaituhanyamencapai525tetapinilaipostessiswasetelahditerapkanmetodeinkuiridalampembelajaranmeningkatmenjadi8827.SelaindarinilaipretesdanpostessiswapeningkatanprestasisiswajugabisadilihatdarinilaievalusaiyangdiberikanolehguruyaitupadawaktusiklusIpertemuanInilaisiswahanyamencapai564danpadawaktupertemuankeIIrata-ratanilaisiswamengalamipeningkatantetapimasihtergolongrendahyaituhanyamencapai642danpadasaatsiklusIIpertemuanIrata-ratanilaisiswasudahmulaimembaikdenganmeningkatmenjadi75danpadapertemuanIIdisiklusIIrata-ratanilaisiswameningkatlagimenjadi80DengandemikiandapatdisimpulkanbahwapenerapanmetodeinkuiridalampembelajaranIPAdapatmeningkatkanprestasibelajarIPApadasiswakelasVSDNTemayangKecamatanKerekKabupatenTuban.Namundemikiannampaknyamasihdiperlukanupaya-upayalebihlanjutdalammeningkatkanprestasibelajarsiswadisekolahtersebutyaitudengancaragurutetapmenerapkanmetodeinkuiridisetiappembelajaranIPA.