Penerapan metode numbered head together untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran PKn di SDN Arjosari I Kecamatan Rejoso Kabupaten Pasuruan / Ida Ohoiwutun

Main Author: Ohoiwutun, Ida
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2009
Online Access: http://repository.um.ac.id/102525/
Daftar Isi:
  • OhoiwutunIda.2009.PenerapanMetodeNumberedHeadTogetherUntukMeningkatkanHasilBelajarSiswaKelasVPadaMataPelajaranPkndiSDNArjosariKecamatanRejosoKabupatenPasuruan.SkripsiProgramStudiPendidikanGuruSekolahDasarJurusanPendidikanSekolahDasarDanPraSekolahFakultasIlmuPendidikanUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Drs.MuchtarS.PdM.Pd(2)Dra.NurHanifahM.Pd.Kata-KataKunciMetodeNumeredHeadTogetherHasilBelajarPKnSekolahDasar.SekolahDasarsebagaisalahsatulembagapendidikandasarmemilikifungsisangatfundamentaldalammenyiapkansumberdayamanusiayangberkualitas.DikatakandemikiankarenaSekolahDasarmerupakandasar/fondasidariprosespendidikanyangadapadajenjangberikutnyasehinggapendidikanSekolahDasarhendaknyadilakukandengancarayangbenar-benarmampumenjadilandasanyangkuatuntukjenjangpendidikanberikutnya.Untukmeningkatkanhasilbelajarsiswaguruharusmemilihmodelpembelajarandanmetodeyangsesuaidenganmateridanperkembanganberpikirsiswa.TujuandaripenelitianiniadalahuntukmendeskripsikanpenerapanmetodenumberedheadtogetherpadapembelajaranPKnuntukmeningkatkanhasilbelajarsiswakelasVSDNArjosariIKecamatanRejosoKabupatenPasuruan.RancangandalampenelitianinimenggunakanPenelitianTindakanKelas(PTK).Untukmengumpulkandatapenelitimenggunakaninstrumenpengumpulandataberupa(a)observasiyaituaktivitasbelajarsiswadanprosespembelajaran(b)tesyaituposttespadasiklusIdansiklusII.Datayangdiperolehdarihasiltesevaluasihasilbelajardianalisissecarakuantitatifdengannilaistandarsepuluh(1-10)dantuntasbelajarnyaapabilatelahmencapaiskor88057.Pelaksanaanpembelajarandibagidalam2siklus.Masing-masingsiklusterdiridari4tahapanyaitu1)perencanaan2)pelaksanaaan3)pengamatan4)refleksi.HasilyangdiperolehdaripelaksanaansiklusIdansiklusIImenunjukkanadanyapeningkatanhasilbelajarsiswa.DinilaidariprosespembelajaranpadapratindakantindakansiklusIdantindakanpadasiklusIIdengannilairata-ratakelassebagaiberikut.Pratindakan548tindakansiklusI607dantindakansiklusIIyaitu715.HasilpenelitianmenunjukkanadanyapeningkatanhasilbelajarsiswadenganmenerapkanmetodeNHTdalampembelajaranPKndenganmateriPeraturanPerundang-undanganpada(a)pratindakanmenunjukkan4orangsiswa(16%)memperolehnilaidiatasnilaistandar(88057)dan21orangsiswa(84%)memperolehnilaidibawahnilaistandar(88047)(b)padasiklusImenunjukkan7orangsiswa(28%)memperolehnilaidiatasnilaistandar(88057)15orangsiswa(60%)memperolehnilaidibawahnilaistandardanada3orangsiswa(12%)yangtidakaktifdalamkegiatanbelajarmengajar(c)padasiklusII18orangsiswa(72%)memperolehnilaidiatasnilaistandaryaitu88057.PenelitimemberikankesimpulanbahwahasilbelajarsiswapadamatapelajaranPKndenganmenerapkanmetodeNumberedHeadTogetherdalampembelajaranmengalamipeningkatanterbuktidenganadanyahasilbelajarsiswapadasetiapakhirsiklus.Berdasarkanpadahasilpenelitiantersebutmakapenelitidapatmenyarankankepada(1)Gurudalamprosespembelajaranhendaknyamenggunakanmodelpembelajaranyangdapatmengaktifkanseluruhsiswadalamdiskusimaupunkegiatanlainyangberkaitandenganmaterimemberikanbimbingandankebebasankepadasiswauntukmenemukansendirijawabanataspertanyaanataupermasalahanyangdiberikankepadamerekadalamupayapeningkatankemampuanyangdimilikisiswa.(2)KepalaSekolahhendaknyaselalumemberikanmotivasibimbingandanpembinaankepadaguru-gurudilingkunganSDNArjosariIagarselaluberupayauntukmeningkatkanmutupendidikanterutamahasilbelajarsiswakearahyanglebihbaik.