Peningkatan hasil belajar IPA melalui pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student teams achievement division) pada siswa kelas IV SDN Tulungrejo 01 Kecamatan Gandusari Kabupaten Blitar / Nur Rini Handayani
Main Author: | Handayani, Nur Rini |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2009
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/102517/ |
Daftar Isi:
- ObservasiawalyangdilakukanpenelitipadamatapelajaranIPAdikelasIVSDNTulungrejo01menunjukkanbahwa(1)rendahnyapartisipasisiswadalampembelajaran(2)keterlibatansiswadalampembelajarankurang(3)kemampuansiswamenyampaikanidekurang(4)motivasisiswarendah.MelihatkondisitersebutpenelitimengembangkanpembelajaranyangdapatmendorongsiswauntukbelajaraktifsehinggasiswadapatmemperolehpemehamandanketerampilanIlmuPengetahuanAlamyangdipelajarinya.Salahsatumetodepembelajaranyangdiusulkanuntukdapatmembuatsiswaaktifbelajaradalahmetodepembelajarankooperatif.Metodepembelajarankooperatifadalahmetodepembelajaranyangmenggunakankelompok-kelompokkecilsehinggasiswadapatsalingbekerjasamauntukmenyelesaikantugasbelajar.Pembelajarankooperatifmengkondisikansiswauntukaktifsalingmembantudanbertanggungjawabdalammemahamimateriyangdipelajari.Solusiuntukmewujudkanusulantersebutadalahdilakukannyapelitiantindakankelas(PTK)gunamemperbaikikondisipembelajaranIPAyangkurangoptimal.Metodepenelitianyangdigunakanadalahpenelitiantindakankelasdenganmenggunakanpendekatankwalitatifdandirancangdalam2siklus.Setiapsiklusterdiridariempattahapyaituperencanaanpelaksanaantidakanpengamatandanrefleksi.SubjekpenelitianiniadalahsiswakelasIVSDNTulungrejo01.Instrumenpenelitianiniberupalembarobsevasikuisionerkuisdancatatanguru.Datayangdigunakandalampenelitianiniberupahasilbelajarsiswapoinpeningkatanhasilbelajarketerlaksanaanpembelajarandanketerampilankooperatif.Hasilpenelitianyangdiperolehsebagaiberikut.hasilbelajarsiswadarirata-rataperolehanpadapratindakan3198menjadi3728padasiklusIdanpadasiklusIImeningkatmenjadi6028.hasildaripeningkatanpoinpadapratindakandansiklusIsamayaitu2114kemudianpadasiklusIImeningkatmenjadi417.Keterlaksanaanpembelajarankooperatifpadapratindakanmemperolehskor2siklusImendapatskor9dansiklusIImendapatkanskor21.Untukketrampilankooperatifsiswapadapratindakanmemperolehskor1siklusImendapatskor5danuntuksiklusIImemperolehskor15.BerdasarkanpenelitiantersebutpembelajarankooperatiftipeSTADdapatmeningkatkanhasilbelajarIPApadasiswakelasIVSDNTulungrejo01KecamatanNglegokKabupatenBlitar.PemberianpenghargaankelompoksuperdiberikankepadakelompokyangmemperolehpointertinggiyaitukelompokJerukkelompokRambutandanSalakmemperolehpredikatsangatbaikuntukpredikatbaikdiperolehkelompokPisang.