Tingkat Kepuasan Pemustaka pada Layanan Sirkulasi Melalui Indeks Kepuasan Masyarakat di Dinas Perpustakaan Umum dan Arsip Kota Malang / Ferra Meladiana

Main Author: Meladiana, Ferra
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/10251/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKMeladianaFerra.2018.TingkatKepuasanPemustakapadaLayananSirkulasiMelaluiIndeksKepuasanMasyarakatdiDinasPerpustakaanUmumdanArsipKotaMalang.SkripsiJurusanSastraIndonesiaFakultasSastraUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Prof.Dr.DjokoSaryonoM.Pd.(II)TaufiqKurniawanS.IP.M.IP.KataKunciTingkatkepuasanpemustakalayanansirkulasiIndeksKepuasanMasyarakatDinasPerpustakaanUmumdanArsipKotaMalangmerupakanlembagapublikyangbergerakdibidangpelayananinformasiyangberadadibawahnaunganPemerintahKotaMalang.TugasutamadariperpustakaantersebutyaitumemberikanlayananuntukmemenuhikebutuhaninformasikhususnyamasyarakatdisekitarkotaMalang.SalahsatucontohjenislayananyangdiberikanolehDinasPerpustakaanUmumdanArsipKotaMalangyaitulayanansirkulasi.Perpustakaandalammemberikanlayananperlumemegangprinsiplayananprimasupayadapatmemberikankepuasankepadapemustaka.Kepuasanpemustakamerupakanfaktorpentingdalamkeberhasilanpenyelenggaraanperpustakaan.KepuasanpemustakatersebutdapatdiketahuidenganmenggunakanalatukuryaituIndeksKepuasanMasyarakat.Penelitianinibertujuanuntukmengetahui(1)penerapansistemlayanansirkulasidiDinasPerpustakaanUmumdanArsipKotaMalang(2)tingkatkepuasanpemustakapadalayanansirkulasidiDinasPerpustakaanUmumdanArsipKotaMalangdan(3)faktor-faktoryangmempengaruhitingkatkepuasanpemustakapadalayanansirkulasidiDinasPerpustakaanUmumdanArsipKotaMalangJenispenelitianyangdigunakandalampenelitianiniadalahdeskriptifdenganpendekatankuantitatif.Dalampenelitianiniteknikpengambilansampeldilakukandengancaraprobabilitysamplingdenganmetodesimplerandomsampling.Jumlahsampeldalampenelitianinisebanyak150respondenyangdihitungberdasarkanperhitunganjumlahsampelpadaKeptusanMenteriPendayagunaanAparaturNegaranomor25tahun2004.PerhitungandatadalampenelitianinimenggunakanperhitunganIndeksKepuasanMasyarakat(IKM)yangterdapatpadaKeputusanMenteriPendayagunaanAparaturNegara(PAN)nomor25tahun2004.Berdasarkanhasilanalisisdatadiperolehtigasimpulansebagaiberikut.PertamaDinasPerpustakaanUmumdanArsipKotaMalangmenerapkansistemlayananterbukadalammemberikanlayanan.SelainituDinasPerpustakaanUmumdanArsipKotaMalangmenggunakanprogramSLA(SystemLibraryAutomation)yangbertujuanuntukmempermudahpetugasdalammemberikanlayanan.ProgramtersebutjugadigunakansebagaiOPACyangdapatmembantupemustakadalammencaribahanpustakayangdiinginkan.PetugaslayanansirkulasidalammemberikanlayananberpedomanpadaStandarOperasionalProsedur(SOP)yangsudahditetapkanolehDinasPerpustakaanUmumdanArsipKotaMalang.KeduapemustakamerasapuasdenganlayanansirkulasidiDinasPerpustakaanUmumdanvArsipKotaMalang.Haltersebutdapatterlihatdariskorintervalyangmenunjukkannilai318dengannilaikonversisebesar7950.NilaitersebutberdasarkantabelpersepsiintervalIndeksKepuasanMasyarakatmutupelayanandankinerjapelayananberadadalamkategoribaik.Ketigafaktor-faktoryangmempengaruhikepuasanpemustakaterhadaplayanansirkulasidiDinasPerpustakaanUmumdanArsipKotaMalangmeliputiperpustakaankurangterbukadalammemberikaninformasiterkaitprosedurdankepastianjadwallayanansirkulasiperpustakaankurangmemberikanpenyuluhanterkaitdenganpersyaratanpendaftaransecaraolinepetugaslayanansirkulasiyangbersikapkurangramahkurangdisiplinkurangtanggungjawabkurangcepatdankurangsiapdalammemberikanlayanansertakurangnyakenyamanandankurangterjaminnyakeamananlayanansirkulasi.Penelitianinimemilikisaransebagaiberikut.PertamaDinasPerpustakaanUmumdanArsipKotaMalangperlumenginformasikansecaraterbukaterkaitdenganprosedurdanperubahanjadwallayanan.Perpustakaandapatmenginformasikanprosedurlayanantersebutdengancaramembuatkanstandbanner.Sedangkanuntukperubahanjadwallayananperpustakaandapatmenginformasikankepadapemustakabaikdengancaramenempelkanpadapapanpengumumanmaupunmenginformasikanmelaluiwebsiteperpustakaan.KeduaDinasPerpustakaanUmumdanArsipKotaMalangperlumengadakansosialisasiterkaitdenganpersyaratanpendaftaransecaraonline.KetigaDinasPerpustakaanUmumdanArsipKotaMalangperlumemberikanteguranbaiklisanmaupuntulisankepadapetugasyangtidakmematuhiketentuanyangtelahditetapkansebelumnyadanmemberikanpenghargaanatauhadiahbagipetugaslayanansirkulasiyangteladan.KeempatDinasPerpustakaanUmumdanArsipKotaMalangperlumemperhatikankelayakandanmeningkatkansaranadanprasaranayangdigunakandalammemberikanlayanan.KelimaDinasPerpustakaanUmumdanArsipKotaMalangperlumemperhatikankeamananpemustakadalammemanfaatkanlayanan.Keenamkompetensipetugaspadalayanansirkulasiperluditingkatkandengancaramengikutiseminar-seminarataupelatihanyangberkaitandenganlayananperpustakaan.