Tingkat Kepuasan Pemustaka pada Layanan Sirkulasi Melalui Indeks Kepuasan Masyarakat di Dinas Perpustakaan Umum dan Arsip Kota Malang / Ferra Meladiana
Main Author: | Meladiana, Ferra |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/10251/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKMeladianaFerra.2018.TingkatKepuasanPemustakapadaLayananSirkulasiMelaluiIndeksKepuasanMasyarakatdiDinasPerpustakaanUmumdanArsipKotaMalang.SkripsiJurusanSastraIndonesiaFakultasSastraUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Prof.Dr.DjokoSaryonoM.Pd.(II)TaufiqKurniawanS.IP.M.IP.KataKunciTingkatkepuasanpemustakalayanansirkulasiIndeksKepuasanMasyarakatDinasPerpustakaanUmumdanArsipKotaMalangmerupakanlembagapublikyangbergerakdibidangpelayananinformasiyangberadadibawahnaunganPemerintahKotaMalang.TugasutamadariperpustakaantersebutyaitumemberikanlayananuntukmemenuhikebutuhaninformasikhususnyamasyarakatdisekitarkotaMalang.SalahsatucontohjenislayananyangdiberikanolehDinasPerpustakaanUmumdanArsipKotaMalangyaitulayanansirkulasi.Perpustakaandalammemberikanlayananperlumemegangprinsiplayananprimasupayadapatmemberikankepuasankepadapemustaka.Kepuasanpemustakamerupakanfaktorpentingdalamkeberhasilanpenyelenggaraanperpustakaan.KepuasanpemustakatersebutdapatdiketahuidenganmenggunakanalatukuryaituIndeksKepuasanMasyarakat.Penelitianinibertujuanuntukmengetahui(1)penerapansistemlayanansirkulasidiDinasPerpustakaanUmumdanArsipKotaMalang(2)tingkatkepuasanpemustakapadalayanansirkulasidiDinasPerpustakaanUmumdanArsipKotaMalangdan(3)faktor-faktoryangmempengaruhitingkatkepuasanpemustakapadalayanansirkulasidiDinasPerpustakaanUmumdanArsipKotaMalangJenispenelitianyangdigunakandalampenelitianiniadalahdeskriptifdenganpendekatankuantitatif.Dalampenelitianiniteknikpengambilansampeldilakukandengancaraprobabilitysamplingdenganmetodesimplerandomsampling.Jumlahsampeldalampenelitianinisebanyak150respondenyangdihitungberdasarkanperhitunganjumlahsampelpadaKeptusanMenteriPendayagunaanAparaturNegaranomor25tahun2004.PerhitungandatadalampenelitianinimenggunakanperhitunganIndeksKepuasanMasyarakat(IKM)yangterdapatpadaKeputusanMenteriPendayagunaanAparaturNegara(PAN)nomor25tahun2004.Berdasarkanhasilanalisisdatadiperolehtigasimpulansebagaiberikut.PertamaDinasPerpustakaanUmumdanArsipKotaMalangmenerapkansistemlayananterbukadalammemberikanlayanan.SelainituDinasPerpustakaanUmumdanArsipKotaMalangmenggunakanprogramSLA(SystemLibraryAutomation)yangbertujuanuntukmempermudahpetugasdalammemberikanlayanan.ProgramtersebutjugadigunakansebagaiOPACyangdapatmembantupemustakadalammencaribahanpustakayangdiinginkan.PetugaslayanansirkulasidalammemberikanlayananberpedomanpadaStandarOperasionalProsedur(SOP)yangsudahditetapkanolehDinasPerpustakaanUmumdanArsipKotaMalang.KeduapemustakamerasapuasdenganlayanansirkulasidiDinasPerpustakaanUmumdanvArsipKotaMalang.Haltersebutdapatterlihatdariskorintervalyangmenunjukkannilai318dengannilaikonversisebesar7950.NilaitersebutberdasarkantabelpersepsiintervalIndeksKepuasanMasyarakatmutupelayanandankinerjapelayananberadadalamkategoribaik.Ketigafaktor-faktoryangmempengaruhikepuasanpemustakaterhadaplayanansirkulasidiDinasPerpustakaanUmumdanArsipKotaMalangmeliputiperpustakaankurangterbukadalammemberikaninformasiterkaitprosedurdankepastianjadwallayanansirkulasiperpustakaankurangmemberikanpenyuluhanterkaitdenganpersyaratanpendaftaransecaraolinepetugaslayanansirkulasiyangbersikapkurangramahkurangdisiplinkurangtanggungjawabkurangcepatdankurangsiapdalammemberikanlayanansertakurangnyakenyamanandankurangterjaminnyakeamananlayanansirkulasi.Penelitianinimemilikisaransebagaiberikut.PertamaDinasPerpustakaanUmumdanArsipKotaMalangperlumenginformasikansecaraterbukaterkaitdenganprosedurdanperubahanjadwallayanan.Perpustakaandapatmenginformasikanprosedurlayanantersebutdengancaramembuatkanstandbanner.Sedangkanuntukperubahanjadwallayananperpustakaandapatmenginformasikankepadapemustakabaikdengancaramenempelkanpadapapanpengumumanmaupunmenginformasikanmelaluiwebsiteperpustakaan.KeduaDinasPerpustakaanUmumdanArsipKotaMalangperlumengadakansosialisasiterkaitdenganpersyaratanpendaftaransecaraonline.KetigaDinasPerpustakaanUmumdanArsipKotaMalangperlumemberikanteguranbaiklisanmaupuntulisankepadapetugasyangtidakmematuhiketentuanyangtelahditetapkansebelumnyadanmemberikanpenghargaanatauhadiahbagipetugaslayanansirkulasiyangteladan.KeempatDinasPerpustakaanUmumdanArsipKotaMalangperlumemperhatikankelayakandanmeningkatkansaranadanprasaranayangdigunakandalammemberikanlayanan.KelimaDinasPerpustakaanUmumdanArsipKotaMalangperlumemperhatikankeamananpemustakadalammemanfaatkanlayanan.Keenamkompetensipetugaspadalayanansirkulasiperluditingkatkandengancaramengikutiseminar-seminarataupelatihanyangberkaitandenganlayananperpustakaan.