Penggunaan metode eksperimen untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA pokok bahasan sifat-sifat cahaya kela V SDN Tekung 02 Lumajang / Dhia Suprianti
Main Author: | Suprianti, Dhia |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2009
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/102449/ |
Daftar Isi:
- PembelajaranIPAdianjurkanmenggunakanpendekatanketerampilanprosesmelaluipendekatanketerampilanprosessiswadipandangsebagaisubyekyangharusaktifkarenaitudiperlukanpemilihanmetodeyangtepat.Salahsatumetodeyangmenunjangketerampilanprosesadalahmetodeeksperimen.Penelitianinibertujuanuntukmendeskripsikanhasilbelajardanaktifitassiswaselamapembelajaranberlangsung.TujuanpenelitianiniadalahuntukmelaksanaanpembelajaranIPAdenganmetodeeksperimendalamprosesbelajarmengajarIPAkelasVpokokbahasansifat-sifatcahayaPeningkatanketerampilanprosespadasiswasaatpembelajaranIPApokokbahasansifat-sifatcahayaMendeskripsikanhasilbelajarsiswakelasVterhadappembelajranIPAdenganmetodeeksperimendalamprosesbelajarmengajarpokokbahasansifat-sifatcahaya.Jenispenelitianyangdigunakanadalahpenelitiantindakankelas(ClassroomActionResearch)gurusebagaipeneliti.Guruterlibatsecarapenuhdalamprosesperencanaanaksi(tindakan)danrefleksi.Keterlibatanpihaklaindalampenelitianinitidakdominan.Penelitiantindakankelasmerupakanpenelitianyangdilaksanakandengantujuanuntukmemperbaikiataumeningkatkanmutupraktikpembelajarandikelasdengancaramencobakansuatugagasanperbaikandalampraktikpembelajarandanmelihatpengaruhnyadariupayatersebut.PenelitianinidilakukandiSDNTekung02LumajangmulaibulanMaretsampaiAgustus.Rancanganpenelitianyangdigunakanadalahpenelitiantindakankelasdengan2sikluspembelajaran.Analisishasilpenelitiandilakukansecarabersamaan.PenggunaanmetodeeksperimenterbuktidapatmeningkatkanprestasibelajarsiswamatapelajaranIPAkelasVSDNTekung02Lumajangyaitunilaiprestasimeningkatdarinilaipre-tesyangrata-ratahanyamencapai595meningkatpadasiklusImenjadi7475danpadasiklusIImencapai8150.DariprestasibelajaryangdicapaisiswapadasiklusIyangmemenuhiketuntasanindividuterdapat9siswa(45%)yangtuntasdanmemenuhiketuntasanindividu11siswa(55%)belummemenuhikriterianketuntasanindividu.PadasiklusIIada4siswa(20%)yangbelummencapaiketuntasanindividudanyangtelahmencapaiketuntasanindividu16siswa(80%)menurutketuntasankelassudahdinyatakantuntas.HasilpenelitianinimenunjukanbahwapembelajaranIPAdenganmetodeeksperimendapatmeningkatkanhasildanaktifitassiswaselamapembelajaranberlangsung.BerdasarkanhasilpenelitianinidisarankanagarparagurumembiasakanmenggunakanmetodeeksperimendalampembelajaranIPA.Menciptakankondisibelajaryangterpusatpadasiswa.Meningkatkanpelatihanpemanfaatanalatpelajaranataualatpercobaan.Dalamkegiatanbelajarmengajarguruperlumemperhatikanhal-halyangmendukungpeningkatanhasilbelajardanaktifitassiswa.