Mutu kinerja pustakawan dalam pelayanan jasa di Perpustakaan Umum dan Arsip Kota Malang / Ahmad Rijal Pahlevy

Main Author: Pahlevy, Ahmad Rijal
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/10243/
Daftar Isi:
  • ivABSTRAKPahlevyAhmadRijal.2018.MutuKinerjaPustakawandalamPelayananJasadiPerpustakaanUmumdanArsipKotaMalang.Skripsi.ProgramStudiS1IlmuPerpustakaanJurusanSastraIndonesiaFakultasSastraUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.TitikHarsiatiM.Pd.(II)SetiawanS.Sos.M.IP.KataKunciperpustakaanpelayananjasamutukinerjapustakawanPerpustakaanadalahinstitusiyangmengelolakoleksinasional.Kegiatanpengelolaanperpustakaanberkaitandenganadministrasipengembanganpengawasanpelayananteknisdanjasa.Segalapenyediaanlayananbersifatjasamengandalkansebuahprodukyangberorientasipadakebutuhanpengguna.Sebagaitolakukurkualitaslayananperpustakaanterdiridarikualitasaksesinformasisaranaprasaranadankinerjapustakawandalampelayanan.Pustakawanmemilikiperanpentingdalampelayananjasa.Pustakawanharusmemilikikompetensidasaretikasikapkepedulianketanggapankepastiandankeandalansehinggapengunjungmerasanyamandanpuasdenganlayananperpustakaan.Olehkarenaituperluadanyapengukuranmutukinerjapustakawandiperpustakaan.PengukurankinerjatersebutdikajiberdasarkanduateoriyaituteoripelayananpublikdanLibQual.Penelitianinibertujuanuntukmengetahuiempatdeskripsimutukinerjapustakawandalampelayananjasayaituberdasarkan(1)dimensiempati(2)dimensiketanggapan(3)dimensikepastiandan(4)dimensikeandalan.Penelitianinimenggunakanpendekatankuantitatifyaitumelaluisurveidengankuesioner.SkalayangdigunakandalamkuesionerpenelitianmenggunakanpendekatanGuttman.Analisisdatamenggunakandistribusifrekuensidandeskriptifkategorisasidarijawabanterbukaresponden.ObjekpenelitianiniadalahPustakawanPerpustakaanUmumdanArsipKotaMalangsedangkanpopulasinyaadalahpengunjungperpustakaan.Padapenelitianinipopulasinyaberjumlah18.839diKotaMalangdansampelyangdigunakan100orangdenganteknikprobabilitysamplingatausecaraacak.Hasilpenelitianmutukinerjapustakawandalampelayananjasadiperolehpersentasetinggipadaempatdimensi.Berdasarkananalisisdatahasilpenelitiandapatdisajikansebagaiberikut.Pertamadimensiempatidiperoleh586%dengankategorisedangataucukupbaik.Hasilanalisisjawabanterbukapadakuesionerdimensiempatidisimpulkanmenjaditigadiantaranya(1)petugasmemberikaninformasiapabilaadapertanyaandaripemustaka(2)petugastidakadainisiatifmencaritahuataumemantaukesulitanyangdialamipemustakadan(3)adakemungkinanpetugasmerasapemustakamampudantidakmengalamikesulitansaatmenggunakanlayanandiperpustakaan.Keduadimensiketanggapandiperoleh703%dengankategoritinggiatausangatbaik.Hasilanalisisjawabanterbukadimensiketanggapanpadakuesionerpertamadisimpulkanmenjadienamhalyaitu(1)petugastanggapprofesionaldancukupbaikdalammemberikanpelayanan(2)pemustakatidakpernahmengalamikesulitanAnalisisjawabanpemustakaberdasarkankuesionerkeduatentangpetugasmembimbingpencariandanpenelusuranonlinekatalogdisimpulkanmenjadienamhalvyaitu(1)tidakpernahmemakaikatalog(2)belumpernahkesulitan(3)tidakmembimbing(4)pemustakamelakukansendiri(5)petugasmenungguuntukdimintaibantuandan(6)pernahdibantu.Ketigadimensikepastiandiperoleh851%dengankategoritinggiatausangatbaik.Hasilanalisisjawabanterbukapadakuesionerdimensikepastiandisimpulkanmenjaditigadiantaranya(1)layananpenitipanbarangmenjaminkeamanandankenyamananbarangpemustaka(2)layananpenitipanbarangmemilikifasilitaslokerdengankunciyangdibawasendiriolehpemustakasehinggamerasanyamanberadadiperpustakaandan(3)adabukuyangtidaksesuaipenempatandirakdanpetugasberusahamencarikanbukuapabilapemustakamerasakesulitan.Keempatdimensikeandalandiperoleh592%dengankategorisedangataucukupbaik.Hasilanalisisjawabanterbukadimensikeandalandapatdisimpulkanmenjaditigadiantaranya(1)petugasmampumenanggapipertanyaanpemustaka(2)apabilapemustakaaktifmenanyakantentangfasilitasperpustakaanmakapetugasmenjelaskanapayangditanyakandan(3)apabilapemustakamerupakankriteriaorangyangpendiammakaakanmencaritahusendiridanmungkinmerasakebingungan.