Kemampuan literasi informasi pemustaka di Perpustakaan SMK Negeri 4 Malang menggunakan information literacy standards for student learning / Iga Dwi Rahmala
Main Author: | Rahmala, Iga Dwi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/10240/ |
Daftar Isi:
- viRINGKASANRahmalaIgaDwi.2018.KemampuanLiterasiInformasiPemustakadiPerpustakaanSMKNegeri4MalangMenggunakanInformationLiteracyStandardsforStudentLearning.SkripsiProgramStudiIlmuPerpustakaanJurusanSastraIndonesiaFakultasSastraUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Prof.Dr.HeriSuwignyoM.Pd.(II)TaufiqKurniawanS.IPM.IPKataKunciliterasiinformasipemustakaperpustakaansekolahstandarliterasiinformasiuntuksiswadalampembelajaranPerpustakaansekolahadalahsalahsatusaranayangdapatmenunjangkegiatanpendidikan.Keberadaanperpustakaansekolahsebagaipusatsumberinformasidapatmembantukegiatanprosesbelajarmengajardisekolah.DieraperkembanganteknologiinformasiyangsemakinpesatpemustakadiperpustakaanSMKNegeri4Malangperluuntukdibekalikemampuanliterasiinformasisehinggapemustakadapatmencariinformasiyangrelevandanakurat.Olehkarenaituperpustakaanperlumengetahuisejauhmanakemampuanliterasiinformasipemustakasebelummenentukandanmerancangprogramyangdapatmeningkatkanliterasiinformasipemustaka.PenelitianiniberkaitandengankemampuanliterasiinformasipemustakadiperpustakaanSMKNegeri4Malang.Tujuanpenelitianiniuntukmengetahuikemampuanliterasiinformasipemustakadalammemanfaatkaninformasidiperpustakaanberdasarkanpendekatanstandarliterasiinformasiuntuksiswadalampembelajaran(informationliteracystandardsforstudentlearning).Penelitianinimenggunakanmetodekuantitatifdengandesainpenelitiandeskriptif.PenelitianinidilakukandiPerpustakaanSMKNegeri4Malang.Sumberdatapenelitianiniadalahdataprimeryangdidapatkandaripenyebarankuesionerdandatasekunderataudatapendukungyangdidapatkandariwawancarainformaldenganpustakawan.HasilpenelitianmenunjukanbahwapemustakadiperpustakaanSMKNegeri4Malangmemilikikemampuanliterasiinformasiyangbaikdalammemanfaaatkaninformasidiperpustakaandanperpustakaanjugatelahmenyediakansumberinformasisertamelakukanpelayanandenganbaikkepadapemustaka.Berdasarkanhasilpenelitiantersebutdiperolehtigasimpulanhasilpenelitiansebagaiberikut.Pertamakategoriliterasiinformasi.Berdasarkankategoriliterasiinformasipemustakakecenderunganmemilikinilairata-ratayangbaikkarenadaridelapansubindikatorhanyaduasubindikatoryangkecenderunganmemilikinilairata-ratacukup.Duasubindikatortersebutadalahkemampuanmenyusunpertanyaanberdasarkankebutuhaninformasi(333)kemampuanmenggunakansumberinformasiyangpotensialsertastrategiyangbaikuntukmencariinformasi(320).Keduakategoribelajarmandiri.Berdasarkankategoribelajarmandiripemustakakecenderunganmemilikinilairata-ratayangbaikkarenadariempatviisubindikatorduasubindikatorkecenderunganmemilikinilairata-ratabaiksatusubindikatordengankecenderungannilairata-ratasangatbaikdansatusubindikatordengankecenderungannilairata-ratacukup.Subindikatordengankecenderungannilairata-ratacukupadalahkemampuanuntukmencariinformasisecaraterusmenerusdanberkelanjutandalamberbagaibidang(332).Ketigakategoritanggungjawabsosial.Berdasarkankategoritanggungjawabsosialpemustakakecenderunganmemilikinilairata-ratayangcukupkarenadariempatsubindikatortigasubindikatorkecenderunganmemilikinilairata-ratacukupdansatusubindikatorkecenderungandengannilairata-ratabaik.Tigasubindikatorkecenderungandengannilairata-ratacukupadalahkemampuandalammencariinformasidalamberbagaisumber(335)kemampuandalammenghargaihakprodukintelektualdanmenggunakanteknologisecarabertanggungjawab(320)kemampuandalammemberikanataumembagipengetahuanyangdimilikikepadaoranglain(273).