Kemampuan literasi informasi pemustaka di Perpustakaan SMK Negeri 4 Malang menggunakan information literacy standards for student learning / Iga Dwi Rahmala

Main Author: Rahmala, Iga Dwi
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/10240/
Daftar Isi:
  • viRINGKASANRahmalaIgaDwi.2018.KemampuanLiterasiInformasiPemustakadiPerpustakaanSMKNegeri4MalangMenggunakanInformationLiteracyStandardsforStudentLearning.SkripsiProgramStudiIlmuPerpustakaanJurusanSastraIndonesiaFakultasSastraUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Prof.Dr.HeriSuwignyoM.Pd.(II)TaufiqKurniawanS.IPM.IPKataKunciliterasiinformasipemustakaperpustakaansekolahstandarliterasiinformasiuntuksiswadalampembelajaranPerpustakaansekolahadalahsalahsatusaranayangdapatmenunjangkegiatanpendidikan.Keberadaanperpustakaansekolahsebagaipusatsumberinformasidapatmembantukegiatanprosesbelajarmengajardisekolah.DieraperkembanganteknologiinformasiyangsemakinpesatpemustakadiperpustakaanSMKNegeri4Malangperluuntukdibekalikemampuanliterasiinformasisehinggapemustakadapatmencariinformasiyangrelevandanakurat.Olehkarenaituperpustakaanperlumengetahuisejauhmanakemampuanliterasiinformasipemustakasebelummenentukandanmerancangprogramyangdapatmeningkatkanliterasiinformasipemustaka.PenelitianiniberkaitandengankemampuanliterasiinformasipemustakadiperpustakaanSMKNegeri4Malang.Tujuanpenelitianiniuntukmengetahuikemampuanliterasiinformasipemustakadalammemanfaatkaninformasidiperpustakaanberdasarkanpendekatanstandarliterasiinformasiuntuksiswadalampembelajaran(informationliteracystandardsforstudentlearning).Penelitianinimenggunakanmetodekuantitatifdengandesainpenelitiandeskriptif.PenelitianinidilakukandiPerpustakaanSMKNegeri4Malang.Sumberdatapenelitianiniadalahdataprimeryangdidapatkandaripenyebarankuesionerdandatasekunderataudatapendukungyangdidapatkandariwawancarainformaldenganpustakawan.HasilpenelitianmenunjukanbahwapemustakadiperpustakaanSMKNegeri4Malangmemilikikemampuanliterasiinformasiyangbaikdalammemanfaaatkaninformasidiperpustakaandanperpustakaanjugatelahmenyediakansumberinformasisertamelakukanpelayanandenganbaikkepadapemustaka.Berdasarkanhasilpenelitiantersebutdiperolehtigasimpulanhasilpenelitiansebagaiberikut.Pertamakategoriliterasiinformasi.Berdasarkankategoriliterasiinformasipemustakakecenderunganmemilikinilairata-ratayangbaikkarenadaridelapansubindikatorhanyaduasubindikatoryangkecenderunganmemilikinilairata-ratacukup.Duasubindikatortersebutadalahkemampuanmenyusunpertanyaanberdasarkankebutuhaninformasi(333)kemampuanmenggunakansumberinformasiyangpotensialsertastrategiyangbaikuntukmencariinformasi(320).Keduakategoribelajarmandiri.Berdasarkankategoribelajarmandiripemustakakecenderunganmemilikinilairata-ratayangbaikkarenadariempatviisubindikatorduasubindikatorkecenderunganmemilikinilairata-ratabaiksatusubindikatordengankecenderungannilairata-ratasangatbaikdansatusubindikatordengankecenderungannilairata-ratacukup.Subindikatordengankecenderungannilairata-ratacukupadalahkemampuanuntukmencariinformasisecaraterusmenerusdanberkelanjutandalamberbagaibidang(332).Ketigakategoritanggungjawabsosial.Berdasarkankategoritanggungjawabsosialpemustakakecenderunganmemilikinilairata-ratayangcukupkarenadariempatsubindikatortigasubindikatorkecenderunganmemilikinilairata-ratacukupdansatusubindikatorkecenderungandengannilairata-ratabaik.Tigasubindikatorkecenderungandengannilairata-ratacukupadalahkemampuandalammencariinformasidalamberbagaisumber(335)kemampuandalammenghargaihakprodukintelektualdanmenggunakanteknologisecarabertanggungjawab(320)kemampuandalammemberikanataumembagipengetahuanyangdimilikikepadaoranglain(273).