Peningkatan kemampuan mengenal lambang bilangan 1-10 melalui permainan bongka (bowling angka) pada anak usia 4-5 tahun di TK IT Ulil Albab Kabupaten Malang / Nikyta Nadila Dika Kharisma Putri

Main Author: Putri, Nikyta Nadila Dika Kharisma
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2019
Online Access: http://repository.um.ac.id/102371/
Daftar Isi:
  • viRINGKASANPutriNikytaNadilaDikaKharisma.2019.PeningkatanKemampuanMengenalLambangBilangan1-10MelaluiPermainanBongka(BowlingAngka)PadaAnakUsia4-5TahundiTKITUlilAlbabKabupatenMalang.SkripsiProdiS18722PendidikanGuruAnakUsiaDiniJurusanKependidikanSekolahDasardanPrasekolahFakultasIlmuPendidikanUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.IWayanSutamaM.Pd(II)RosyidamayaniTwinsariManingtyasS.Pd.M.Pd.KataKunciKemampuanMengenalLambangBilanganPermainanBowlingAngkaKualitasPembelajaranKemampuanmengenallambangbilanganadalahbagiandariperkembangankognitifyangpentinguntukdikembangkanpadaanakusiadinikarenaakanmenjadidasarbagipenguasaankonsep-konsepmatematikaselanjutnya.Pemahamanlambangbilanganjugasangateratberhubungandengankehidupansehari-harianak.Hasilpengamatanyangdilakukanmulaitanggal6872227November2018dikelompokA3TKIslamTerpaduUlilAlbabdiperolehfaktabahwakemampuanmengenalkonsepbilangananakmasihrendah.Dari16anakdalamsatukelasterdapat62%(10anak)yangbelummampumengenallambangbilangandenganbaik.TujuandaripenelitianiniyaitumenerapkanpermainanbongkapadakegiatanpembelajaranuntukmeningkatkankemampuanmengenallambangbilanganpadaanakkelompokA3diTKITUlilAlbabKabupatenMalang.RancanganpenelitianyangdigunakanadalahPenelitianTindakanKelas(PTK)denganmodelKemmisMcTaggart.PenelitianinidilakukansebanyakduasiklusyaitusiklusIdansiklusII.Setiapsiklusterdiridaribeberapalangkahyaituperencanaanpelaksanaandanpengamatanrefleksidanperbaikanrencana.Teknikpengumpulandatayangdigunakanyaituobservasiwawancaradandokumentasi.Analisisdatayangdigunakanadalahanalisisdatakualitatifdankuantitatif.Adapuninstrumenpengumpulandatapenelitianinimeliputilembarobservasihasilketercapaiananakcatatanlapangandanpedomanwawancara.HasilpenelitianmenunjukkanbahwamelaluipermainanbongkadapatmeningkatkankemampuanmengenallambangbilanganpadaanakkelompokA3TKITUlilAlbab.Halinidibuktikanmelaluihasilpenilaianpadapra-tindakansebesar375%meningkatmenjadi562%padasiklusI.KemampuanmengenallambangbilangananakmeningkatsecarasignifikanpadasiklusIImencapai875%.Berdasarkanhasilpenelitiandapatdisimpulkanbahwamelaluipermainanbongkadapatmeningkatkankemampuanmengenallambangbilangananak.Penelitimemberikansaranbagiguruuntukmeningkatkankemampuanmengenallambangbilangan1-10padaanakmelaluiberbagaivariasikegiatanpembelajaranyangmenarikdanmenyenangkanbagianakdanterusmemberikanmotivasidalammengembangkankemampuanmengenallambangbilangananaksecaraoptimal.