Peningkatan kemampuan mengenal lambang bilangan 1-10 melalui permainan bongka (bowling angka) pada anak usia 4-5 tahun di TK IT Ulil Albab Kabupaten Malang / Nikyta Nadila Dika Kharisma Putri
Main Author: | Putri, Nikyta Nadila Dika Kharisma |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2019
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/102371/ |
Daftar Isi:
- viRINGKASANPutriNikytaNadilaDikaKharisma.2019.PeningkatanKemampuanMengenalLambangBilangan1-10MelaluiPermainanBongka(BowlingAngka)PadaAnakUsia4-5TahundiTKITUlilAlbabKabupatenMalang.SkripsiProdiS18722PendidikanGuruAnakUsiaDiniJurusanKependidikanSekolahDasardanPrasekolahFakultasIlmuPendidikanUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.IWayanSutamaM.Pd(II)RosyidamayaniTwinsariManingtyasS.Pd.M.Pd.KataKunciKemampuanMengenalLambangBilanganPermainanBowlingAngkaKualitasPembelajaranKemampuanmengenallambangbilanganadalahbagiandariperkembangankognitifyangpentinguntukdikembangkanpadaanakusiadinikarenaakanmenjadidasarbagipenguasaankonsep-konsepmatematikaselanjutnya.Pemahamanlambangbilanganjugasangateratberhubungandengankehidupansehari-harianak.Hasilpengamatanyangdilakukanmulaitanggal6872227November2018dikelompokA3TKIslamTerpaduUlilAlbabdiperolehfaktabahwakemampuanmengenalkonsepbilangananakmasihrendah.Dari16anakdalamsatukelasterdapat62%(10anak)yangbelummampumengenallambangbilangandenganbaik.TujuandaripenelitianiniyaitumenerapkanpermainanbongkapadakegiatanpembelajaranuntukmeningkatkankemampuanmengenallambangbilanganpadaanakkelompokA3diTKITUlilAlbabKabupatenMalang.RancanganpenelitianyangdigunakanadalahPenelitianTindakanKelas(PTK)denganmodelKemmisMcTaggart.PenelitianinidilakukansebanyakduasiklusyaitusiklusIdansiklusII.Setiapsiklusterdiridaribeberapalangkahyaituperencanaanpelaksanaandanpengamatanrefleksidanperbaikanrencana.Teknikpengumpulandatayangdigunakanyaituobservasiwawancaradandokumentasi.Analisisdatayangdigunakanadalahanalisisdatakualitatifdankuantitatif.Adapuninstrumenpengumpulandatapenelitianinimeliputilembarobservasihasilketercapaiananakcatatanlapangandanpedomanwawancara.HasilpenelitianmenunjukkanbahwamelaluipermainanbongkadapatmeningkatkankemampuanmengenallambangbilanganpadaanakkelompokA3TKITUlilAlbab.Halinidibuktikanmelaluihasilpenilaianpadapra-tindakansebesar375%meningkatmenjadi562%padasiklusI.KemampuanmengenallambangbilangananakmeningkatsecarasignifikanpadasiklusIImencapai875%.Berdasarkanhasilpenelitiandapatdisimpulkanbahwamelaluipermainanbongkadapatmeningkatkankemampuanmengenallambangbilangananak.Penelitimemberikansaranbagiguruuntukmeningkatkankemampuanmengenallambangbilangan1-10padaanakmelaluiberbagaivariasikegiatanpembelajaranyangmenarikdanmenyenangkanbagianakdanterusmemberikanmotivasidalammengembangkankemampuanmengenallambangbilangananaksecaraoptimal.