Penggunaan teknik mozaik untuk meningkatkan motorik halus anak kelompok A di TK Permata Bunda Kota Malang / Zahrok Noviana Wahyuningtyas
Main Author: | Wahyuningtyas, Zahrok Noviana |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2019
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/102352/ |
Daftar Isi:
- iRINGKASANWahyuningtyasZahrokNoviana.2019.PenggunaanTeknikMozaikuntukMeningkatkanMotorikHalusAnakKelompokAdiTKPermataBundaKotaMalang.SkripsiProdiS1PendidikanGuruPendidikanAnakUsiaDiniJurusanKependidikanSekolahDasardanPrasekolahFakultasIlmuPendidikanUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.UsepKustiawanM.Sn.(II)RosyidamayaniTwinsariManingtyasS.Psi.M.Pd.KataKunciTeknikMozaikMotorikHalusAnakKelompokAHasilobservasipadapratindakandiTKPermataBundaKotaMalangmenunjukkanbahwakemampuanmotorikhalusanakkelompokAbelumberkembangdenganoptimal.12dari17anakmasihmengalamikesulitankhususnyadalamaspekmenjumputmenempeldanmenyusun.Kesulitanyangdialamiolehanakdisebabkanoleh(1)anakkesulitandalammengontrolpenggunaanjari-jemarinya(2)anakbelumtelatendanterburu-burusaatmelakukankegiatanmotorikhalussehinggahasilyangdiperolehbelummaksimal(3)anakbelummampumengkoordinasipenggunaanmatadantangannyadenganbaik.Tujuandaripenelitianiniadalah(1)untukmendeskripsikanpenerapanteknikmozaikuntukmeningkatkankemampuanmotorikhaluspadaanakkelompokAdiTKPermataBundaKotaMalang(2)untukmendeskripsikanhasilpenerapanteknikmozaikdalammeningkatkanmotorikhaluspadaanakkelompokAdiTKPermataBundaKotaMalang.PenelitianinimenggunakanrancanganpenelitiantindakankelasdenganmodelpenelitianmilikKemmisMcTaggart.Modelpenelitianinimerupakanmodelpenelitianbersiklusyangterdiridaritahapplanning(perencanaan)actingobserving(pelaksanaanpengamatan)reflecting(refleksi)danreviceplan(perbaikanrencana).Penelitiandilaksanakanduasiklusdansetiapsiklusnyaterdiridariduakalipertemuan.SubjekpenelitianterdiridarianakkelompokAdenganjumlah17anak.HasilpenelitianmenunjukkanbahwapenerapanteknikmozaikdapatmeningkatkanmotorikhalusanakkelompokAdiTKPermataBundaKotaMalang.Haltersebutdibuktikandenganadanyapeningkatancapaianperkembanganmotorikhalusanakdaripratindakan2941%meningkatpadasiklus1menjadi4423%.Padasiklus2capaianperkembanganmotorikhalusmengalamipeningkatansebesar4135%menjadi8558%dengankategoriberkembangsangatbaik.PenelitimenyimpulkanbahwapenerapanteknikmozaikdapatmeningkatkanmotorikhalusanakkelompokA.Penelitimemberikansaranbagiguruuntukmenerapkanteknikmozaiksecaraberulang-ulang.Saranbagipenelitilaindiharapkandapatmengembangkanteknikmozaikdalammeningkatkanaspekperkembangananakyanglainnya.