Penggunaan teknik mozaik untuk meningkatkan motorik halus anak kelompok A di TK Permata Bunda Kota Malang / Zahrok Noviana Wahyuningtyas

Main Author: Wahyuningtyas, Zahrok Noviana
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2019
Online Access: http://repository.um.ac.id/102352/
Daftar Isi:
  • iRINGKASANWahyuningtyasZahrokNoviana.2019.PenggunaanTeknikMozaikuntukMeningkatkanMotorikHalusAnakKelompokAdiTKPermataBundaKotaMalang.SkripsiProdiS1PendidikanGuruPendidikanAnakUsiaDiniJurusanKependidikanSekolahDasardanPrasekolahFakultasIlmuPendidikanUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.UsepKustiawanM.Sn.(II)RosyidamayaniTwinsariManingtyasS.Psi.M.Pd.KataKunciTeknikMozaikMotorikHalusAnakKelompokAHasilobservasipadapratindakandiTKPermataBundaKotaMalangmenunjukkanbahwakemampuanmotorikhalusanakkelompokAbelumberkembangdenganoptimal.12dari17anakmasihmengalamikesulitankhususnyadalamaspekmenjumputmenempeldanmenyusun.Kesulitanyangdialamiolehanakdisebabkanoleh(1)anakkesulitandalammengontrolpenggunaanjari-jemarinya(2)anakbelumtelatendanterburu-burusaatmelakukankegiatanmotorikhalussehinggahasilyangdiperolehbelummaksimal(3)anakbelummampumengkoordinasipenggunaanmatadantangannyadenganbaik.Tujuandaripenelitianiniadalah(1)untukmendeskripsikanpenerapanteknikmozaikuntukmeningkatkankemampuanmotorikhaluspadaanakkelompokAdiTKPermataBundaKotaMalang(2)untukmendeskripsikanhasilpenerapanteknikmozaikdalammeningkatkanmotorikhaluspadaanakkelompokAdiTKPermataBundaKotaMalang.PenelitianinimenggunakanrancanganpenelitiantindakankelasdenganmodelpenelitianmilikKemmisMcTaggart.Modelpenelitianinimerupakanmodelpenelitianbersiklusyangterdiridaritahapplanning(perencanaan)actingobserving(pelaksanaanpengamatan)reflecting(refleksi)danreviceplan(perbaikanrencana).Penelitiandilaksanakanduasiklusdansetiapsiklusnyaterdiridariduakalipertemuan.SubjekpenelitianterdiridarianakkelompokAdenganjumlah17anak.HasilpenelitianmenunjukkanbahwapenerapanteknikmozaikdapatmeningkatkanmotorikhalusanakkelompokAdiTKPermataBundaKotaMalang.Haltersebutdibuktikandenganadanyapeningkatancapaianperkembanganmotorikhalusanakdaripratindakan2941%meningkatpadasiklus1menjadi4423%.Padasiklus2capaianperkembanganmotorikhalusmengalamipeningkatansebesar4135%menjadi8558%dengankategoriberkembangsangatbaik.PenelitimenyimpulkanbahwapenerapanteknikmozaikdapatmeningkatkanmotorikhalusanakkelompokA.Penelitimemberikansaranbagiguruuntukmenerapkanteknikmozaiksecaraberulang-ulang.Saranbagipenelitilaindiharapkandapatmengembangkanteknikmozaikdalammeningkatkanaspekperkembangananakyanglainnya.