Pemanfaatan media boneka tangan untuk meningkatkan keterampilan berbicara anak kelompok A3 TK ABA 26 Kota Malang / Jujum Jumaenah
Main Author: | Jumaenah, Jujum |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2019
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/102349/ |
Daftar Isi:
- RINGKASANJumaenahJujum.2019.PemanfaatanMediaBonekaTanganUntukMeningkatkanKeterampilanBebicaraAnakKelompokA3TKABA26Malang.SkripsiProdiS1-PendidikanGuruPendidikanAnakUsiaDiniJurusanKependidikanSekolahDasardanPrasekolahFakultasIlmuPendidikanUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.UsepKustiawanM.Sn(II)LeniGonadiS.PdM.Pd.KataKunciBerbicaraBerceritaBonekaTangan.Berbicaraadalahkemampuananakuntukmengeluarkanidegagasanataupunpikirannyakepadaoranglainmelaluimediabahasalisan.KemampuanberbicarapadakelompokA3TKABA26KotaMalangbelumberkembangsecaraoptimalhaltersebutdisebabkanolehbeberapafaktoryaitusaatgurumenjelaskandidepankelasanakbermainsendirianakkurangberperanaktifdalampembelajarandanfasilitasmediapembelajaranyangkurangdioptimalkan.Solusiuntukmengatasimasalahtersebutyaitudenganmemanfatkaanmediabonekatangan.Tujuanpenelitian1)untukmendeskripsikanpemanfaatanmediabonekatangandalammeningkatkankemampuanbicaradan2)untukmendeskripsikanpeningkatankemampuanberbicaraanakkelompokA3TKABA26KotaMalang.JenispenelitianyangdigunakanyaituPenelitianTindakanKelas.SubjekpenelitianadalahanakkelompokA3TKABA26KotaMalangdenganjumlah31anak.Objekpenelitianyaituketerampilanberbicaraanak.Teknikpengumpulandatadilakukanmelaluiobservasiwawancaradandokumentasi.Instrumenpenelitianyangdigunakanberupalembarobservasiketercapaiankemampuanberbicaraanaklembarobservasiaktivitasgurudanlembarpedomanwawancara.Teknikanalisisdatayangdigunakanyaituanalisisdatakualitatifdankuantitatif.Pemanfaatanmediabonekatanganditerapkandengankegiatanberceritayangdilakukandidalamkelas.Hasilpenelitianyaitu1)KeriteriaBSBpadaaspekbertanyadengankalimatyangbenarpadasikusIsebesar48%dansiklusIIsebesar76%.2)KeriteriaBSBpadaaspekmenjawabpertanyaansiklusImencapaiperkembangandenganpersentasesebesar60%dansiklusIIsebesar84%.3)KeriteriaBSBpadaaspekmengungkapkanperasaansiklusImencapaiperkembangandenganpersentase72%dansiklusIIsebesar92%.4)KeriteriaBSBpadaaspekmenceritakankembalipadasiklusImencapaiperkembangandenganpersentase56%dansiklusIIsebesar84%.BerdasarkanhasiltersebutdapatdisimpulkanbahwapemanfaatanmediabonekatangansetelahditerapkanpadasiklusIdanSiklusIIyaitudapatmeningkatkankemampuanberbicaraanakkelompokA3TKABA26KotaMalang.Saranpenelitianiniyaitu1)sebaiknyagurumenggunakanmediabonekatangansebagisalahsatualatuntukmeningkatkankemampuanberbicaraanak2)diharapkansekolahdapatmenyediakanmediayangdapatmendukungperkembangananakdan3)bagipenelitilaindisaranakanuntukmencobamengembangkanaspekperkembanganlaindenganmediabonekatangan.