Pengaruh Budaya Organisasi dan Knowledge Management terhadap Kinerja Pegawai dengan Kepuasan Kerja Pegawai sebagai Variabel Intervening pada Pegawai Kantor Pusat PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) Surabaya
Main Author: | Arif, Amrizal |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/1022/ |
Daftar Isi:
- Arif, Amrizal. 2019. PengaruhBudayaOrganisasidan Knowledge ManagementterhadapKinerjaPegawaidenganKepuasanKerjaPegawaisebagaiVariabel Intervening padaPegawai Kantor Pusat PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) Surabaya. Skripsi. JurusanManajemen, FakultasEkonomi, UniversitasNegeri Malang. Pembimbing: Dr. Syihabudhin, S.E.,M.Si. Kata Kunci: budayaorganisasi, knowledge management, kepuasankerja, kinerjapegawai Ketatnyapersainganusahasaatini, menuntutseluruhperusahaanuntukmampumengelolabisnisnyadengantepat. Salah satu asset yang pentingdalambisnisadalahSumberDayaManusia (SDM). Untukmenjaga asset ini, salahsatunyadenganmengembangkanbudayaorganisasidanknowledge management di dalamperusahaan. PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) merupakansalahsatu BUMN yang terusmemperhatikanhaltersebut, denganmemilikitiganilai inti budayaorganisasiyaitucostumer focus, care,danintegritysertaselalumeningkatkanpengetahuanpegawainya, diharapkandapatmeningkatkankinerjapegawaisertakepuasanpegawainya. Tujuanpenelitianiniuntukmengetahui1) Bagaimanakondisikinerjapegawai, kepuasankerja, budayaorganisasi, danknowledge management di kantorpusatPelindo III; (2) Apakahbudayaorganisasiberpengaruhpositifdansignifikanterhadapkepuasankerjapegawai di kantorpusatPelindo III?; (3) Apakahknowledge managementberpengaruhpositifdansignifikanterhadapkepuasankerjapegawai di lingkungankerjakantorpusatPelindo III; (4) Apakahbudayaorganisasiberpengaruhpositifdansignifikanterhadapkinerjapegawai di kantorpusatPelindo III; (5) Apakahknowledge managementberpengaruhpositifdansignifikanterhadapkinerjapegawai di kantorpusatPelindo III; (6) Apakahkepuasankerjaberpengaruhpositifdansignifikanterhadapkinerjapegawai di kantorpusatPelindo III; (7) Apakahkepuasankerjadapatmenjadivariabel intervening yang signifikanpadapengaruhbudayaorganisasiterhadapkinerjapegawai di kantorpusatPelindo III; (8) Apakahkepuasankerjadapatmenjadivariabel intervening yang signifikanpadapengaruhknowledge managementterhadapkinerjapegawai di kantorpusatPelindo III. Penelitianinimenggunakanpendekatanpenelitiankuantitatifdenganmenggunakanteknikanalisisdeskriptifdananalisisjalur. Adapunpopulasi yang digunakanpegawaipadabagianHuman Capital and General Affair Directorate danCommercial and Operation Directoratedenganjumlahpegawai 109 orang. Teknik sampling yang digunakanadalahProportion Random Sampling, denganhasil 86 sampeldarikeduabagiantersebut. Hasil yang diperolehdaripenelitian, menunjukanbahwa: (1) Budayaorganisasidanknowledge managementkantorpusatPelindo III dikategorikansangatbaik, sedangkankepuasankerjadankinerjapegawaikantorpusatPelindo III dikatgorikanbaik; (2) Budayaorganisasiberpengaruhpositifdansignifikanterhadapkepuasankerja; (3) Knowledge managementberpengaruhpositifdansignifikanterhadapkepuasankerja; (4) Budayaorganisasiberpengaruhpositifdansignifikanterhadapkinerjapegawai; (5) Knowledge Managementberpengaruhpositifdansignifikanterhadapkinerjapegawai; (6) Kepuasankerjaberpengaruhpositifdansignifikanterhadapkinerjapegawai; (7) Kepuasankerjadapatmenjadivariabelinterveningpadapengaruhbudayaorganisasiterhadapkinerjapegawai; (8) Kepuasankerjadapatmenjadivariabelinterveningpadapengaruhknowledge managementterhadapkinerjapegawai. Saran yang dapatdiberikanpadapihakmanajemenyaitudapatmeningkatkankepekaanterhadapsituasi yang terjadi di sekitarlingkungankerjaPelindo III, mendalamikembalikesesuaianjob proceduredengan model bisnis yang sekarangdijalankan, melakukanevaluasiterhadapprosedurepromosijabatan, danmengevaluasi target kerjapadamasing-masingpegawaiPelindo III.