Pengembangan panduan pendidikan pemustaka bagi mahasiswa perguruan tinggi di Perpustakaan STMIK dan STIE Asia Malang / Hesty Magfiroh

Main Author: Magfiroh, Hesty
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/10208/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKMagfirohHesty.2015.PengembanganPanduanPendidikanPemustakaPerpustakaanBagiMahasiswaPerguruanTinggidiPerpustakaanSTMIKdanSTIEAsiaMalang.SkripsiProgramStudiS1IlmuPerpustakaanPerpustakaanJurusanSastraIndonesiaFakultasSastraUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.NurchasanahM.Pd(II)SokhibulAnsorS.SosM.Hum.KataKuncipendidikanpemustakaperpustakaanpemustakapanduanpemustakaperpustakaanSalahsatufungsiperpustakaanadalahmenyediakaninformasiuntukmembantupendidikandanpenelitian.Pendidikanpemustakamerupakansalahsatulayananperpustakaanyangpentingsebagaiupayauntukmemberikaninformasitentangsegalasesuatuyangdimilikiolehperpustakaantersebut.Pustakawanbertanggungjawabuntukmemberikanpendidikanpemustakaperpustakaankepadapemustakamelaluipendidikanpemustakayangdiajarkanolehpustakawansehinggamunculinovasisebagaisolusiuntukmeningkatkankemampuanpemustaka.SalahsatuinovasitersebutadalahmengembangkanpanduanpendidikanpemustakayangdapatdigunakansebagaiacuanpenjelasanseputarPerpustakaanSTMIK/STIEAsiaMalang.TujuanpenelitianpengembanganinimenghasilkanprototypepanduanpendidikanpemustakadiPerpustakaanSTMIK/STIEasiamalangdanmenghasilkanpanduanpendidikanpemustakayangsudahdiujidiperpustakaanSTMIK/STIEasiamalang.DesainpengembanganyangdigunakanadalahdesainmodelRDBorgandGallyangdikebangkanolehSugiyono(2011).Tahappenelitianiniyaitupotensidanmasalahmengumpulkaninformasimendesainmemvalidasirevisiujicobarevisidanproduksimasal.Prototipepanduanpendidikanpemustakadivalidasiolehahlimaterikemudianmengalamisedikitrevisi.ProdukyangtelahdivalidasiselanjutnyadiujicobakanpadapemustakadiPerpustakaanSTMIK/STIEAsiaMalangsebanyak20pemustaka.Hasilpenelitianmenunjukkanpenilaiandariahlimateripendidikanpemustakaperpustakaanmemberikankriteriasangatvalidpraktisi(pustakawan)memberikankriteriasangatvaliddanhasilujicobalapanganterhadappemustakaperpustakaanmemberikankriteriasangatbaik.Selainmemberikanpenilaianvalidatorjugamemberikansaranperbaikanprodukpanduanpendidikanpemustakaperpustakaan.BerdasarkanhasilpenelitiantersebutdapatdisimpulkanbahwapanduanpendidikanpemustakaperpustakaanyangdikembangkansetelahdirevisimenunjukkancriteriasangatvalidsehinggapanduanpendidikanpemustakaperpustakaandiPerpustakaanSTMIK/STIEAsiaMalanglayakuntukdigunakan.