Pengembangan panduan pendidikan pemustaka bagi mahasiswa perguruan tinggi di Perpustakaan STMIK dan STIE Asia Malang / Hesty Magfiroh
Main Author: | Magfiroh, Hesty |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/10208/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKMagfirohHesty.2015.PengembanganPanduanPendidikanPemustakaPerpustakaanBagiMahasiswaPerguruanTinggidiPerpustakaanSTMIKdanSTIEAsiaMalang.SkripsiProgramStudiS1IlmuPerpustakaanPerpustakaanJurusanSastraIndonesiaFakultasSastraUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.NurchasanahM.Pd(II)SokhibulAnsorS.SosM.Hum.KataKuncipendidikanpemustakaperpustakaanpemustakapanduanpemustakaperpustakaanSalahsatufungsiperpustakaanadalahmenyediakaninformasiuntukmembantupendidikandanpenelitian.Pendidikanpemustakamerupakansalahsatulayananperpustakaanyangpentingsebagaiupayauntukmemberikaninformasitentangsegalasesuatuyangdimilikiolehperpustakaantersebut.Pustakawanbertanggungjawabuntukmemberikanpendidikanpemustakaperpustakaankepadapemustakamelaluipendidikanpemustakayangdiajarkanolehpustakawansehinggamunculinovasisebagaisolusiuntukmeningkatkankemampuanpemustaka.SalahsatuinovasitersebutadalahmengembangkanpanduanpendidikanpemustakayangdapatdigunakansebagaiacuanpenjelasanseputarPerpustakaanSTMIK/STIEAsiaMalang.TujuanpenelitianpengembanganinimenghasilkanprototypepanduanpendidikanpemustakadiPerpustakaanSTMIK/STIEasiamalangdanmenghasilkanpanduanpendidikanpemustakayangsudahdiujidiperpustakaanSTMIK/STIEasiamalang.DesainpengembanganyangdigunakanadalahdesainmodelRDBorgandGallyangdikebangkanolehSugiyono(2011).Tahappenelitianiniyaitupotensidanmasalahmengumpulkaninformasimendesainmemvalidasirevisiujicobarevisidanproduksimasal.Prototipepanduanpendidikanpemustakadivalidasiolehahlimaterikemudianmengalamisedikitrevisi.ProdukyangtelahdivalidasiselanjutnyadiujicobakanpadapemustakadiPerpustakaanSTMIK/STIEAsiaMalangsebanyak20pemustaka.Hasilpenelitianmenunjukkanpenilaiandariahlimateripendidikanpemustakaperpustakaanmemberikankriteriasangatvalidpraktisi(pustakawan)memberikankriteriasangatvaliddanhasilujicobalapanganterhadappemustakaperpustakaanmemberikankriteriasangatbaik.Selainmemberikanpenilaianvalidatorjugamemberikansaranperbaikanprodukpanduanpendidikanpemustakaperpustakaan.BerdasarkanhasilpenelitiantersebutdapatdisimpulkanbahwapanduanpendidikanpemustakaperpustakaanyangdikembangkansetelahdirevisimenunjukkancriteriasangatvalidsehinggapanduanpendidikanpemustakaperpustakaandiPerpustakaanSTMIK/STIEAsiaMalanglayakuntukdigunakan.