Kendala penerapan teknologi informasi di Perpustakaan SMA Negeri 8 Malang / Henny Surya Akbar Purna Putra
Main Author: | Putra, Henny Surya Akbar Purna |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/10195/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKPutraHennySuryaAkbarPurna.2015.KendalaPenerapanTeknologiInformasidiPerpustakaanSMANegeri8Malang.SkripsiProgramStudiS1IlmuPerpustakaanJurusanSastraIndonesiaFakultasSastraUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Prof.Dr.WahyudiSiswantoM.Pd(II)SokhibulAnsorS.SosM.Hum.KatakunciKendalaPerpustakaanKendalaTeknologiInformasiPerpustakaanPerpustakaanSMA8Malang.PerpustakaanSMANegeri8Malangmempunyaiperanpentingdalammenunjangbahanreferensisiswa.Olehkarenaitupenerapanteknologiinformasipadaperpustakaantidakdapatterlepaskanpenerapanteknologiinformasidapatmempermudahpenggunaperpustakaandalammenemukanmeminjamdanmengembalikanbahanpustaka.AkantetapidalampenerapanteknologiinformasidiperpustakaanSMANegeri8Malangmengalamisuatukendala-kendalayangdapatmempengaruhikinerjaperpustakaan.PenelitianinidilaksanakandengantujuanuntukmendeskripsikankendalapenerapanteknologiinformasidiperpustakaanSMANegeri8Malang.Penelitianinimenggunakanrancanganpenelitiandeskriptifkualitatif.Datapenelitianiniberuparekamandaripararespondendanfoto-fotodokumentasi.Pengumpulandatadilakukandenganmenggunakanteknikwawancaradanobservasi.Instrumenyangdigunakanuntukmengumpulkandataberupainstrumenmanusiayaitupenelitisendiri.Untukmenjagakeabsahandatadilakukankegiatantriangulasidata.Kegiatananalisisdatadimulaidaritahapreduksidatapenyajiandatadanpenarikankesimpulan.Berdasarkanhasilanalisisdatatersebutdiperolehlimasimpulanhasilsebagaiberikut.Pertamakendalayangdisebabkanolehkebijakansekolah.Keduakendalayangdisebabkanolehperangkatkeras(hardware).Ketigakendalayangdisebabkanolehperangkatlunak(software).Keempatkendalayangdisebabkanolehsumberdayamanusia(brainware).Kelimakendalayangdisebabkanolehpenggunaperpustakaan(user).Saranuntukmengatasikendalapenerapanteknologiinformasidiperpustakaan1)Mengurungkankebijakansekolahtentangperpindahantempatyangsementaraagarteknologiinformasipadaperpustakaantetapberjalan2)Penggunaanteknologiinformasiseharusnyadilengkapisepertipenggunaanwifikhususperpustakaanperangkatkomputeryangtelahmemadaidenganspesifikasikomputeruntukperpustakaan3)adanyapengembanganaplikasiperpustakaanagarpenerapanteknologiinformasidiperpustakaanlebihefektif4)Penyeleksiansumberdayamanusiasebagaipengeloladanpegawaiperpustakaan5)Diadakannyapengenalanteknologiinformasikhususperpustakaanterhadappenggunaperpustakaanagarpenggunaperpustakaantidakawamdalammenggunakanteknologiinformasiyangadadiperpustakaan.