Penggunaan rujukan tesis dengan topik membaca Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia di Perpustakaan Universitas Negeri Malang tahun 2012-2014 / Defi Yuniati
Main Author: | Yuniati, Defi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/10187/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKYuniatiDefi.2015.PenggunaanRujukanTesisdenganTopikMembacaProgamStudiPendidikanBahasaIndonesiadiPerpustakaanUniversitasNegeriMalangTahun2012-2014.SkripsiJurusanSastraIndonesiaFakultasSastraUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Dra.NurchasanahM.Pd(II)Drs.Moch.AsrukinM.S.iKataKunciRujukanPerpustakaanTesisRujukanmerupakansalahsatuteknikbibliografiyangdapatmengungkappenggunaanliteraturdalamsuatupenelitianataupununtukmengetahuipolapenggunaanliteraturolehparapenggunaperpustakaan.Bedahalnyamenurutkamusbesarbahasaindonesiarujukanadalahmenulisataumenyebutkankembalikata-katayangtelahditulisorangsehinggadapatdikatakanbahwarujukanadalahkutipansuatuteksataubagiandariteksyangmenunjukkandimanateksitudigunakan.PenelitianinidilakukandengantujuanuntukmengetahuijumlahketersediaanbahanpustakarujukanpadajudulbukuutamarujukanpadajurnalutamarujukanpadapengarangutamadanrujukansumberlaindalamtesisProgamStudiPendidikanBahasaIndonesiadiPerpustakaanUniversitasNegeriMalangTahun2012-2014.Penelitianinimenggunakanpenelitiankuantitatif.Datapenelitianiniberupapaparanrujukanpadatesisyangberupafrekuensidariketersediaanfrekuensirujukanjudulbukufrekuensirujukanjuduljurnalfrekuensirujukanpengarangdanfrekuensirujukansumberlain.Pengumpulandatadilakukandengancaraobservasidandokumentasisehinggadatadiperolehdenganhasilyangsesuaipermasalahantersebut.AnalisisdatadisiniyaituanalisisdatastatistiksederhanayangdimulaidenganmenentukantopikrujukanmenelusurtopikyangadadiperpustakaanmendokumentasisemuajudultesisProgamStudiPendidikanBahasaIndonesiatahun2012-2014mencarijudul-judultesisyangsesuaidirakkoleksiperpustakaanmemfotocopyjuduldandaftarrujukantesissetelahitumenganalisisketersediaanbahanpustakarujukanjudulbukurujukanjuduljurnalrujukanpengarangdanrujukansumberlainyangadapadatesisprogamstudipendidikanbahasaindonesiatahun2012-2014selanjutnyamengecekulangdanmenafsirkanhasilpenelitiantersebuthinggahasiltersebutakurat.Berdasarkanhasilanalisisdatatersebutdiperolehlimakesimpulanpenelitiansebagaiberikut.pertamadiPerpustakaanUniversitasNegeriMalangTahun2012-2014terdapat50judulbukulokaldandenganpersentasesebesar4761%artinyabukulokaltersebutkurangdariseparotersediadiPerpustakaanUniversitasNegeriMalangsehinggabuku-bukudengantopikmembacainimasihkurangtersediadiperpustakaansehinggaperlulahadanyapengembangankoleksi.KeduarujukanjudulbukutercetakutamadalamtesisProgamStudiPendidikanBahasaIndonesiadiUniversitasNegeriMalangtahun2012-2014yaitubukuyangberjudulMembacaSebagaiSuatuKeterampilanBerbahasaIndonesiayangpersentasesebesar3449%.KetigarujukanjurnalutamayaituJurnalPendidikandanPembelajarandanCriticalReadingandCriticalThingking.JournalyOfUniversidadeFederalDeSantaCatarinarujukanutamapadajurnaliniterdapat2judulhalinidikarenakanjurnaltersebutmemilikifrekuensiyangsama.KeempatdariberbagairujukanpengarangmakarujukanpengarangutamadalamtesisProgamStudiPendidikanBahasaIndonesiayangpalingseringdigunakanadalahNurhadidenganfrekuensi37denganpersentase4568%.KelimabahwarujukansumberlaindalamtesisProgamStudiPendidikanBahasaIndonesiadiUniversitasNegeriMalangadalahberupaArtikelOnlineyangmemperolehfrekuensisebesar22denganfrekuensisebesar55%.DariberbagaihasiltersebutmakadisimpulkanbahwaketersedianbahanpustakadiperpustakaanUniversitasNegeriMalangkhususnyauntukbahanpustakatentangProgamStudiBahasaIndonesiakurangdariseparoterpenuhisehinggadisarankanpenambahankoleksibahanpustakasedangkanuntukrujukanjudulbukurujukanjurnalrujukanpengarangdanrujukansumberlaintersebutkurangsehinggaperlunyapenambahankoleksikhususnyabagitopikmembaca.