Hubungan antara self-regulated learning dan dukungan sosial teman sebaya dengan prokrastinasi akademik pada mahasiswa skripsi angkatan 2011 dan 2012 Universitas Negeri Malang / Salma Nisa Ulhaq

Main Author: Ulhaq, Salma Nisa
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2018
Online Access: http://repository.um.ac.id/101176/
Daftar Isi:
  • AbstrakUlhaqSalmaNisa.2017.HubunganantaraSelfRegulatedLearningdanDukunganSosialTemanSebayadenganProkrastinasiAkademikpadaMahasiswaSkripsiAngkatan2011Dan2012UniversitasNegeriMalang.SkripsiJurusanPsikologiFakultasPendidikanPsikologiUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.HettiRahmawatiS.PsiM.Si.(II)IndahYasminumSuhantiS.PsiM.PsiKatakunciselfregulatedlearningdukungansosialtemansebayaprokrastinasiakademikMahasiswadalammenyusunskripsiseringkalimelakukanprokrastinasiakademiksehinggamenyebabkandampaknegatifsecarapsikologisdanmundurnyawaktukelulusan..Dibutuhkanusahaaktifdanmandiriolehmahasiswayangmembantumengarahkanprosesbelajarnyadanlingkunganyangmendukungdanmemberikanpengawasansehinggadapatmenghindariprokrastinasiakademik.Tujuandaripenelitianiniadalahuntukmendeskripsikangambaranselfregulatedlearningdukungansosialtemansebayadanprokrastinasiakademiksertamencaritahuhubunganantaraselfregulatedlearningdandukungansosialtemansebayadenganprokrastinasiakademik.Penelitianinimelibatkan168respondenyangdipilihmenggunakanmetodepurpsivesamplingdanmerupakanmahasiswayangterdaftaraktifangkatan2011-2012diUniversitasNegeriMalang.Pengumpulandatamenggunakaninstrumenselfregulatedlearningdenganreliabilitas0885instrumendukungansosialtemansebayadenganreliabilitassebesar0756daninstrumenprokrastinasiakademik0810.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwa684%mahasiswaangkatan2011-2012diUMmemilikitingkatprokrastinasiakademikyangsedang69%mahasiswamemilikiself-regulatedlearningyangsedangdansebanayak702%menerimadukungansosialdaritemansebayadalamtingkatyangsedang.Hasilkorelasiselfregulatedlearningdenganprokrastinasiakademikmenunjukkannilaikoefisienkorelasi(rxy)sebesar-0694denganp0000(p