Hubungan antara self-regulated learning dan dukungan sosial teman sebaya dengan prokrastinasi akademik pada mahasiswa skripsi angkatan 2011 dan 2012 Universitas Negeri Malang / Salma Nisa Ulhaq
Main Author: | Ulhaq, Salma Nisa |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2018
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/101176/ |
Daftar Isi:
- AbstrakUlhaqSalmaNisa.2017.HubunganantaraSelfRegulatedLearningdanDukunganSosialTemanSebayadenganProkrastinasiAkademikpadaMahasiswaSkripsiAngkatan2011Dan2012UniversitasNegeriMalang.SkripsiJurusanPsikologiFakultasPendidikanPsikologiUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.HettiRahmawatiS.PsiM.Si.(II)IndahYasminumSuhantiS.PsiM.PsiKatakunciselfregulatedlearningdukungansosialtemansebayaprokrastinasiakademikMahasiswadalammenyusunskripsiseringkalimelakukanprokrastinasiakademiksehinggamenyebabkandampaknegatifsecarapsikologisdanmundurnyawaktukelulusan..Dibutuhkanusahaaktifdanmandiriolehmahasiswayangmembantumengarahkanprosesbelajarnyadanlingkunganyangmendukungdanmemberikanpengawasansehinggadapatmenghindariprokrastinasiakademik.Tujuandaripenelitianiniadalahuntukmendeskripsikangambaranselfregulatedlearningdukungansosialtemansebayadanprokrastinasiakademiksertamencaritahuhubunganantaraselfregulatedlearningdandukungansosialtemansebayadenganprokrastinasiakademik.Penelitianinimelibatkan168respondenyangdipilihmenggunakanmetodepurpsivesamplingdanmerupakanmahasiswayangterdaftaraktifangkatan2011-2012diUniversitasNegeriMalang.Pengumpulandatamenggunakaninstrumenselfregulatedlearningdenganreliabilitas0885instrumendukungansosialtemansebayadenganreliabilitassebesar0756daninstrumenprokrastinasiakademik0810.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwa684%mahasiswaangkatan2011-2012diUMmemilikitingkatprokrastinasiakademikyangsedang69%mahasiswamemilikiself-regulatedlearningyangsedangdansebanayak702%menerimadukungansosialdaritemansebayadalamtingkatyangsedang.Hasilkorelasiselfregulatedlearningdenganprokrastinasiakademikmenunjukkannilaikoefisienkorelasi(rxy)sebesar-0694denganp0000(p