Pengaruh metode sosiodrama untuk meningkatkan perilaku prososial pada anak usia 7-8 tahun / Mimin Fitriah Nur

Main Author: Nur, Mimin Fitriah
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2017
Online Access: http://repository.um.ac.id/101145/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKNurMiminFitriah.2017.PengaruhMetodeSosiodramauntukMeningkatkanPerilakuPrososialAnakUsia7-8Tahun.Skripsi.JurusanPsikologiFakultasPendidikanPsikologiUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Dra.SriWeniUtamiM.Si.(2)Drs.MohammadBisriM.Si.KataKuncianakusia7-8tahunperilakuprososialmetodesosiodramaAnak-anakpadausia7-8tahunmulaimenyesuaikandiridenganlingkungansekitartanpadampingandariorangtuadanmulaibelajarbagaimanaharusberperilakudalamlingkungansosial.Keterampilanyangharusdimilikianakagarmencapaitugas-tugasperkembangannyaadalahdenganmengembangkanperilakuprososial.Perilakuprososialadalahperilakupositifberupatindakanmembantuataumemberikanpertolongankepadaoranglainyangdilakukansecarasukarelatanpamengharapkansuatuimbalanapapunmeliputiperilakuberbagimenolongdanbekerjasama.Carauntukmemberikanpengalamandancontohperilakuprososialyangbaikbagianak-anakadalahdenganpemberianmetodesosiodrama.Penelitianinidilaksanakandengantujuanuntukmengetahuipengaruharimetodesosiodramaterhadappeningkatanperilakuprososial.Penelitianinimenggunakandesainpenelitianeksperimenone-gruppretest-posttestdesign.Subjekdalampenelitianiniadalahanakusia7-8tahunyangsedangmenempuhpendidikanpadatingkatkelasIdanIIdiMISunanAmpelKab.Malangdenganjumlah10subjekyangmemilikitingkatperilakuprososialsangatrendah.Instrumenyangdigunakanadalahinstrumenpengumpulandatadaninstrumenperlakuanyangdikembangkansendiriolehpeneliti.Instrumenpengumpulandataberupaangketperilakuprososialsejumlah20aitemdenganindeksvaliditasantara0.000-0.038danindeksreliabilitassebesar0.811.sedangkaninstrumenperlakuannyaadalahberupapanduanmetodesosiodrama.Teknikanalisisdatayangdigunakandalampenelitianiniadalahmenggunakanteknikanalisisdeskriptifdanujihipotesismenggunakananalisisstatistikwilcoxonsignedrankstest.BerdasarkanhasilperhitunganujihipotesisdiperolehkoefisiennilaiZsebesar-2809adengannilaisignifikansip(0.005)0.05yangartinyaH1diterimadanH0ditolak.Sehinggadisimpulkanbahwaadapengaruhmetodesosiodramaterhadappeningkatanperilakuprososialpadaanakusia7-8tahun.ABSTRACTNurMiminFitriah.2017.TheEffectofSociodramaMethodtoIncreaseProsocialBehaviourinChildrenAge7-8YearsOld.Thesis.DepartmentofPsychologyFacultyofPsychologyEducationStateUniversityofMalang.Advisors(1)Dra.SriWeniUtamiM.Si.(2)Drs.MohammadBisriM.Si.Keywordschild7-8yearsoldprosocialbehaviorsociodramamethodChildrenage7-8yearsoldbegintoadjusttheenvironmentwithouttheassistanceofparentsandbegantolearnhowtobehaveinasocialenvironment.Skillschildrenmusthaveinordertoachievetheirdevelopmentaltasksistodevelopprosocialbehavior.Prosocialbehaviorisapositivebehaviorofhelpingorgivinghelptoothersvoluntarilywithoutexpectinganyrewardincludingsharinghelpingandcooperation.Thewaytogiveexperiencesandexamplesofgoodprosocialbehaviorforchildrenisbyprovidingsociodramamethods.Thisresearchwasconductedwiththeaimtoknowtheinfluenceofthemethodofsociodramatotheincreaseofprosocialbehavior.Thisresearchusesaone-groupexperimentaldesignpretest-posttestdesign.Subjectsinthisstudywerechildrenaged7-8yearswhoarestudyingatthelevelofclassIandIIinMISunanAmpelKab.Malangwith10subjectshavingverylowprosocialbehaviorlevel.Theinstrumentsusedaredatacollectioninstrumentsandtreatmentinstrumentsdevelopedbytheresearchersthemselves.Instrumentdatacollectionintheformofquestionnaireofprosocialbehavioramount20aitemwithindexvaliditybetween0.000-0.038andreliabilityindexequalto0811.Whilethetreatmentinstrumentisaguidedofsociodramamethod.Dataanalysistechniqueusedinthisresearchisusingdescriptiveanalysistechniqueandhypothesistestusingstatisticalanalysisofwilcoxonsignedrankstest.BasedontheresultsofhypothesistestresultsobtainedbythecoefficientofZvalueof-2.809awithsignificancevaluep(0.005)0.05whichmeansH1acceptedandH0rejected.Soitisconcludedthatthereisinfluenceofsociodramamethodtoincreaseprosocialbehaviorinchildrenaged7-8years.