Hubungan tipe kepribadian dengan kepercayaan konsumen terhadap e-commerce pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang / Ratna Alvionitta Zuhri
Main Author: | Zuhri, Ratna Alvionitta |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2017
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/101076/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKZuhriRatnaAlvionitta.2016.HubunganTipeKepribadiandenganKepercayaanKonsumenterhadapE-commercepadaMahasiswaFakultasEkonomiUniversitasNegeriMalang.Skripsi.JurusanPsikologiFakultasPendidikanPsikologiUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.TututChusniyahS.Psi.M.Si.(II)IkeDwiastutiS.Psi.M.Psi..Katakuncitipekepribadiankepercayaankonsumene-commerceTujuandaripenelitianiniadalah(1)mengetahuihubungantipekepribadiandengankepercayaankonsumenterhadape-commercepadamahasiswa(2)mengetahuihubungantipekepribadianextraversiondengankepercayaankonsumenterhadape-commercepadamahasiswa(3)mengetahuihubungantipekepribadianagreeblenessdengankepercayaankonsumenterhadape-commercepadamahasiswa(4)mengetahuihubungantipekepribadianconscientiosnessdengankepercayaankonsumenterhadape-commercepadamahasiswa(5)mengetahuihubungantipekepribadianneuroticismdengankepercayaankonsumenterhadape-commercepadamahasiswa(6)mengetahuihubungantipekepribadianopennesdengankepercayaankonsumenterhadape-commercepadamahasiswa.Kepercayaankonsumenterhadape-commerceyaknikesediaankonsumenuntukmenerimasegalakemungkinanrugiyangdialamiselamapembelianmenggunakaninternet.Kepribadianbigfiveadalahsuatupendekatanyangdigunakanuntukmenggambarkankepribadianseseorangkedalamlimatraitkepribadianlimatraittersebutterdiridariextraversionagreeblenessconscientiousnessneuroticismdanopennes.Penelitianinimerupakanpenelitiankuantitatifdenganmetodedeskriptifdankorelasional.Populasidalampenelitianinisejumlah4.349mahasiswaFakultasEkonomiUniversitasNegeriMalangdenganjumlahsampelujicoba30mahasiswadanjumlahsampel100mahasiswa.Sampeldalampenelitianinidipilihdenganmenggunakanteknikclustersampling.AlatukuryangdigunakanuntukmengukurtipekepribadianadalahskalatipekepribadianBigFiveInventory(BFI)(r0956).Sedangkankepercayaankonsumenterhadape-commercemenggunakanteorikepercayaanolehMcKnightdkk.(r0928).Ujihipotesispenelitianmenggunakananalisisregresilinearbergandamenunjukkanbahwatipekepribadianberhubungandengankepercayaankonsumenterhadape-commerce(R0332)danjugatipekepribadianmemberikansumbangsih11%padakepercayaankonsumenterhadape-commerce.Sedangkanhanyatipekepribadianopennesyangberhubungansecarasignifikan.Tipekepribadianopennesmerupakanindividuyangterbukakreatifdansukaterhadaphalyangbaru.Berdasarkanhasilpenelitianmakadapatdisarankankepadakonsumenlebihterbukaterhadappenjualdandiharapkanpemilikbisnise-commercelebihmeningkatkankomunikasi.Sehinggaakanmunculkepercayaanbaikdarikonsumenmaupune-commerce.