Hubungan antara self regulated learning dengan prestasi belajar siswa akselerasi di Kota Malang / Oktaviani Dwi Rahayu
Main Author: | Rahayu, Oktaviani Dwi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2014
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/100931/ |
Daftar Isi:
- RahayuO.D.2014.HubunganantaraSelfRegulatedLearningdenganPrestasiBelajarSiswaAkselerasi.SkripsiJurusanPsikologiFakultasPendidikanPsikologiUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dra.Hj.SriWeniUtamiM.Si.Psikolog.(II)IkaAndriniFaridaS.Psi.M.Psi.KatakunciselfregulatedlearningprestasibelajarBelakanganinibanyakdiselenggarakankelasakselerasidisekolahunggulan.Programinimerupakanprogrampercepatanyangdiselenggarakankhususuntukanakberbakatyangtelahmelewatiprosesseleksidanmemenuhisejumlahsyaratproseduralyangtelahditetapkan.Padaprograminimasabelajarsiswalebihsingkatdarisiswalaindikelasregulersesuaidengankurikulumyangtelahditetapkan.Halinitentunyamemaksaparasiswatersebutuntukbelajarlebihekstradibandingkandengansiswalaindikelasreguler.Untukmemenuhituntutantersebutselainkemampuanakademisparasiswajugaharusmemilikiselfregulatedlearningyangbaik.12288122881228812288Penelitianinibertujuanuntukmengetahuiprestasibelajarsiswaakselerasimengetahuiselfregulatedlearningsiswaakselerasidanmengetahuihubunganantaraselfregulatedlearningdenganprestasibelajarsiswaakselerasi.Penelitianinimenggunakanrancangandeskriptifkorelasionaldengansubjeksebanyak69siswaakselerasiyangtergabungdariduasekolahyakniSMPN1danSMPN5diKotaMalang.Datapenelitianyangberupaangkadalampenelitianinidiperolehmelaluiskalaselfregulatedlearningdandokumentasiprestasibelajarpenelitimenggunakanraporsemestergasaltahunajaran2013/2014.Datadalampenelitianinidianalisisdenganmenggunakananalisisdeskriptifdananalisiskorelasionaldenganmenggunakanproductmoment.12288122881228812288Hasilpenelitianiniadalah(1)Prestasibelajarsiswaakselerasiumumnyaberadadalamklasifikasitinggisebesar5797%.(2)Selfregulatedlearningsiswaakselerasiumumnyaberadadalamklasifikasitinggisebesar5942%.(3)Adahubunganpositifantaraselfregulatedlearningdenganprestasibelajarsiswaakselerasisebesar0690.12288122881228812288Saranyangdapatdiberikandaripenelitianiniadalah(1)Bagisiswaakselerasidiharapkandapatmengembangkanselfregulatedlearningsehinggaprestasibelajarnyameningkat.(2)Bagipihaksekolahdiharapkandapatmengarahkansiswaakselerasiuntuklebihmeningkatkanprestasibelajarmerekadenganmenekankanpentingnyamengarahkandanmemberikanpemahamantentangselfregulatedlearning.(3)Bagipenelitiselanjutnyadiharapkanuntuklebihmemperluaskajianselfregulatedlearningdanprestasibelajar.