Aspek-aspek kebermaknaan hidup pengasuh anak berkebutuhan khusus di Yayasan Pembinaan anak Cacat (YPAC) Malang / Andhika Prasetya Wijaya
Main Author: | Wijaya, Andhika Prasetya |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2014
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/100921/ |
Daftar Isi:
- Aspek-AspekKebermaknaanHidupPengasuhAnakBerkebutuhanKhususdiYayasanPembinaanAnakCacat(YPAC)Malang.SkripsiJurusanPsikologiFakultasPendidikanPsikologiUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.FattahHidayatS.PsiM.Si(II)DiantiniIdaViatrieS.PsiM.Psi.12288122881228812288Katakuncimaknahidupaspek-aspekkebermaknaanhiduppengasuhanakberkebutuhankhususOrangtuamemilikikemampuanyangberagamdalammelakukanpengasuhanbahkanbeberapamenundakehamilankarenaalasanketidaksiapanmengasuhanak.Terlebihjikaanakterlahirdengankebutuhankhususakanmenimbulkanpenghayatanhiduptanpamaknaterhadaporangtuayangbelumsiapsecaramental.Menitipkananakdisebuahyayasananakberkebutuhankhususdijadikanjalankeluarbeberapaorangtuayangmemilikianakberkebutuhankhususdenganberbagaialasan.Parapengasuhanakberkebutuhankhususdisuatuyayasanbahkandapatmembangunkedekatanemosionalyanglebihbaikdibandingkanorangtuaanaktersebut.Nilai-nilaidankondisilingkunganakanberpengaruhterhadapkondisipsikologisdariparapengasuhanakberkebutuhankhususdiyayasan.Meningkatnyastressakanberakibatmenurunnyakebermaknaanhidupparapengasuhanakberkebutuhankhusus.Berdasarkanuraiantersebutpenelititertarikuntukmelakukanpenelitianmengenaiaspek-aspekkebermaknaanhidupyangdimilikiseorangpengasuhanakberkebutuhankhususdalammenjalankantugaspengasuhan.12288122881228812288Penelitianinimenggunakanpendekatankualitatifdenganjenispenelitianfenomenologi.PenentuansubjekpenelitianinimenggunakanteknikpurposivesamplingdenganmenggunakanempatpengasuhanakberkebutuhankhususyangberadadiYayasanPembinaanAnakCacat(YPAC)Malang.Metodepengumpuldatamenggunakanwawancarasemiterstrukturdengankarakteristikmendalamdanobservasinonpartisipan.12288122881228812288Hasilpenelitianadalahbahwasubjekpenelitianmemilikikebermaknaanhidupyangtidakberorientasiterhadapanakberkebutuhankhusus.Parapengasuhanakberkebutuhankhususmerupakanjenispengasuhformal.Parapengasuhtersebutmenjadikantugaspengasuhansebagaisuatupekerjaanyangmenghasilkanpendapatansehinggagajimerupakanbentukrewardyangdiharapkan.ParapengasuhdiYPACtidakmemilikikemampuankhususdalammelakukanpengasuhandanperawatanterhadapanakberkebutuhankhusussemuadipelajarisecaraotodidakdaripengasuhterdahulu.12288122881228812288Aspek-aspekkebermaknaanhidupyangdimilikipengasuhanakberkebutuhankhususdiYPACMalangadalahsebagaiberikut(1)tujuanhidupyangbersifatpencapaiansecarapribadidanberhubungandengankeluarga(2)Kecukupanfinansialmenjadisumberkepuasanutamadisampingitumengurusanakberkebutuhankhususjugamenjadisumberkepuasanhidup(3)Kebebasanbagipengasuhadalahketikamendapatkanwaktuistirahatdanwaktuluanguntukkepentinganpribaditermasukdidalamnyaadalahwaktuuntukbertemudengankeluargadanmelakukankegiatanyangdiinginkan(4)Keputusasaanyangdihadapitidakberhubungandengantugasdalampengasuhananakberkebutuhankhususmelainkanfaktorlingkunganyangmemberikantekananyangmenyebabkanstres(5)Pengasuhmemilikikepantasanhidupkarenastatusmerekadisamakandenganpegawaidiyayasanserta(6)Harapanmenjadisalahsatuaspekyangcukupberpengaruhdalammemberikankeyakinandanoptimismedalammenjalanitugaspengasuhansehari-harisebagaipengasuhanakberkebutuhankhusus.Secaraumumparapengasuhmemilikiharapanuntukmendapatkankehidupanyanglebihbaiksetelahtidaklagimenjadipengasuhanakberkebutuhankhusus.Parapengasuhmenabunguntukkebutuhanekonomiyangtidakterdugasertasebagaisimpanandiharitua.12288122881228812288Saranyangdapatdiberikandaripenelitianini(1)BagipengasuhanakberkebutuhankhususagarmampumembangunhubunganinterpersonalsertamampuberadaptasidenganlingkunganasramaYPACMalang.Selainitudiperlukanpengetahuanmengenaianakberkebutuhankhususdalammenunjangtugaspengasuhan(2)DiharapkanYayasanPembinaanAnakCacat(YPAC)Malangmampumemberikanarahandanpelatihanmengenaianakberkebutuhankhususkepadaparapengasuhuntukmengenalilingkungansertapolakerjadiasrama.Selainitupenyusunankriteriakhususuntukpengasuhanakberkebutuhankhususagarmendapatkanpengasuhyangberkompetendalammelakukantugaspengasuhanterhadapanakberkebutuhankhusus.122881228812288122881228812288122881228812288122881228812288