Faktor-faktor yang melatarbelakangi pengambilan keputusan membeli pakaian ditinjau dari need of exhibition pada mahasiswi Universitas Negeri malang / Rahayu Aprilina
Main Author: | Aprilina, Rahayu |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2012
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/100806/ |
Daftar Isi:
- KataKuncifaktor-faktorpengambilankeputusanpembelianpakaianneedofexhibition.Pakaianmerupakansalahsatukebutuhanpokokyangdipenuhiolehmahasiswi.Faktor-faktoryangmelatarbelakangipengambilankeputusanpembelianpakaianadalahfaktormerekkualitashargawarnamodelgambarukurandiskonmotifaksesoriessopandanpraktiskepribadianmotivasistatussosialpopularitashobitemansebayakeluargatemanistimewa(kekasih)tokohidola.Penelitianinimenggunakanmetodekorelasional(faktorial)danujibedauntukmengetahuiperbedaanpengambilankeputusanpembelianpakaianditinjaudarineedofexhibition.Populasiyangdigunakandalampenelitianiniadalahmahasiswayangmempunyaikarakteristik(1)berjeniskelaminperempuan(2)berusiaantara18-22tahun(3)mahasiswaangkatan2008-2011.SampelyangdigunakanadalahmahasiswaUniversitasNegeriMalangsebanyak100responden.Teknikyangdigunakandalampengambilansampeladalahaccidentalsampling.100respondendiberikuisionerfaktor-faktoryangmelatarbelakangipengambilankeputusanpembelianpakaiandanskalaneedofexhibition.Darihasilpenelitianterdapathubunganantara20faktordenganpengambilankeputusanmembelipakaianyangditunjukkandengannilaiKMOsebesar0753(KMO0.5)danhasilnilaitesBartlettdenganpendekatanChiSquaresebesar715707signifikansi5%yangmenyimpulkanbahwasemuasubvariabelsalingberkorelasi.20faktor-faktoryangmelatarbelakangipengambilankeputusanpembelianinidapatdireduksimenjadi5faktordengantotalmuatanvariansebesar61006%.Kelimafaktortersebutadalah(1)faktorobjekyangmenyumbang25572%varian.(2)faktorpsikologisyangmenyumbang13549%varian.(3)faktorkelompokacuanyangmenyumbang8698%varian.(4)faktorsosialyangmenyumbang6862%varian.(5)faktorpengetahuanprodukyangmenyumbang6325%varian.Hasilpenelitiantentangfaktor-faktoryangmelatarbelakangipengambilankeputusanpembelianpakaianditinjaudarineedofexhibitionmenunjukkanbahwatidakadaperbedaanantaramahasiswayangmempunyaineedofexhibitiontinggidenganmahasiswayangmempunyaineedofexhibitionrendah.MeanDifferenceneedofexhibitiontinggivsneedofexhibitionrendah-4.962siginifikanpada0074005(H0diterima).Berdasarkanpenelitianinidisarankankepadamahasiswibaikdenganneedofexhibitiontinggimaupunrendahdapatmempertimbangkanhasilreduksi20faktorpengambilankeputusanmembelipakaiansebagaiacuanmerekaketikaberbelanja