Hubungan antara motivasi berprestasi dan adversity quotient dengan prestasi akademik siswa SMAN 1 Malang / Heridha Yuninda
| Main Author: | Yuninda, Heridha |
|---|---|
| Format: | Thesis NonPeerReviewed |
| Terbitan: |
, 2011
|
| Online Access: |
http://repository.um.ac.id/100779/ |
Daftar Isi:
- KataKuncimotivasiberprestasiadversityquotientprestasiakademiksiswaAdversityQuotientadalahsuatucarayangdigunakanuntukmengetahuiseberapajauhseseorangmampumenghadapikesulitandanbagaimanakemampuanseseorangdalammengatasinya.Motivasiberprestasiadalahusahaseseorangdalammenguasaitugasnyamencapaikesuksesanmengatasirintanganmenjadilebihbaikdarioranglaindansesuatuyangdilakukanuntukmendapatkanpenghargaanataspekerjaannya.Prestasiakademikadalahhasildariprosesbelajarsecaraformaldisekolahberupapenguasaanpengetahuanatauketerampilanyangdikembangkanolehmatapelajaranlazimnyaditunjukkandengannilaitesatauangkanilaiyangdiberikanolehgurudalamrapor.PenelitianinibertujuanuntukmengetahuihubunganantaramotivasiberprestasidenganprestasiakademikmengetahuihubunganantaraAdversityQuotientdenganprestasiakademiksiswamengetahuihubunganantaraAdversityQuotientdenganmotivasiberprestasidanmengetahuihubunganantaramotivasiberprestasidanAdversityQuotientdenganprestasiakademikpadasiswaSMAN1Malang.Penelitianiniadalahpenelitiandeskriptifdankorelasional.Pengambilansampelditentukandenganteknikstratifiedproportionalrandomsampling.AdatigaalatpengumpuldatadalampenelitianiniyaituskalamotivasiberprestasiskalaAdversityQuotientdandokumentasilaporanhasilraporsiswa.SubyekpenelitianadalahsiswaSMAN1Malangberjumlah321anak.SampelpenelitianadalahsiswaSMAN1MalangkelasXIberjumlah79anak.BerdasarkanhasilanalisisdeskriptifdapatdiketahuibahwasebagianbesarsiswakelasXISMAN1Malangyaitusebesar493%memilikimotivasiberprestasiyangrendahsebagianbesarsiswakelasXISMAN1Malangyaitusebesar367%memilikiAdversityQuotientrendahdansebagianbesarsiswakelasXISMAN1Malangyaitusebanyak468%siswamemilikiprestasiakademikyangsedang.Hasilanalisiskorelasiproductmomentmenghasilkankoefisienkorelasiantaramotivasiberprestasidenganprestasiakademiksebesarrx1y0352dengannilaip
