Perbedaan konsep diri ditinjau dari urutan kelahiran anak sulung dan anak bungsu / Marcelyna Shitara

Main Author: Shitara, Marcelyna
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2011
Online Access: http://repository.um.ac.id/100765/
Daftar Isi:
  • KataKuncikonsepdiriurutankelahirananaksulunganakbungsuKonsepdiriadalahpandangandansikapseseorangtentangseluruhaspekdalamdirinyasendiriyangmeliputidirifisikdiripribadidirikeluargadirisosialdandirimoralberdasarkanpersepsipikirandankeyakinanindividutersebut.Penelitianinibertujuanuntukmenggambarkankonsepdiriditinjaudariurutankelahirananaksulungdananakbungsu.PopulasipenelitianiniadalahmahasiswaUniversitasNegeriMalangmenggunakanpurposivesamplingmakasampelyangdigunakanadalah50mahasiswaUniversitasNegeriMalangpadaurutankelahirananaksulungdan50mahasiswaUniversitasNegeriMalangpadaurutankelahirananakbungsu.Instrumenpenelitianmenggunakanskalakonsepdiridengan64item.Analisisyangdigunakandalampenelitianiniadalahdeskriptifdankomparatif.BerdasarkananalisisdeskriptifdiperolehhasilbahwaskormeanpadamahasiswaUniversitasNegeriMalangpadaurutankelahirananaksulungsebesar19846denganrincian31mahasiswa(62%)memilikikonsepdiripositifdan19mahasiswa(38%)memilikikonsepdirinegatif.SkormeanpadamahasiswaUniversitasNegeriMalangpadaurutankelahirananakbungsusebesar18358dandenganrincian34mahasiswa(68%)memilikikonsepdirinegatif16mahasiswa(32%)memilikikonsepdirinegatif.Berdasarkananalisiskomparatifdiperolehhasilt-hitung4511signifikansi0000005makaterdapatperbedaankonsepdiriditinjaudariurutankelahirananaksulungdananakbungsudimanaanaksulungmemilikikonsepdiripositifdananakbungsumemilikikonsepdirinegatif.Denganmengetahuiperbedaankonsepditinjaudariurutankelahirananaksulungdananakbungsumakadisarankanbagiorangtuauntuktidakmembandingkankemampuanmasing-masinganakdanmemberikanporsiperhatiandanambisiyangsamapadasetiapanak.Mahasiswadiharapkandapataktifdalamorganisasiuntukmengasahinteraksisosialnyamelatihdiribelajardalampersaingansehatdalamsuatuorganisasidandapatbertukarpendapatsecarasportifdanmampumengembangkanperasaandihargaidanmenghargaioranglain.Bagipenelitiselanjutnyadiharapkantidakhanyamelakukanpenelitiandenganmetodekuantitatifnamunjugadenganmetodekualitatifagarhasilpenelitianyangdiperolehlebihmendalam.