Perbedaan konsep diri ditinjau dari urutan kelahiran anak sulung dan anak bungsu / Marcelyna Shitara
Main Author: | Shitara, Marcelyna |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2011
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/100765/ |
Daftar Isi:
- KataKuncikonsepdiriurutankelahirananaksulunganakbungsuKonsepdiriadalahpandangandansikapseseorangtentangseluruhaspekdalamdirinyasendiriyangmeliputidirifisikdiripribadidirikeluargadirisosialdandirimoralberdasarkanpersepsipikirandankeyakinanindividutersebut.Penelitianinibertujuanuntukmenggambarkankonsepdiriditinjaudariurutankelahirananaksulungdananakbungsu.PopulasipenelitianiniadalahmahasiswaUniversitasNegeriMalangmenggunakanpurposivesamplingmakasampelyangdigunakanadalah50mahasiswaUniversitasNegeriMalangpadaurutankelahirananaksulungdan50mahasiswaUniversitasNegeriMalangpadaurutankelahirananakbungsu.Instrumenpenelitianmenggunakanskalakonsepdiridengan64item.Analisisyangdigunakandalampenelitianiniadalahdeskriptifdankomparatif.BerdasarkananalisisdeskriptifdiperolehhasilbahwaskormeanpadamahasiswaUniversitasNegeriMalangpadaurutankelahirananaksulungsebesar19846denganrincian31mahasiswa(62%)memilikikonsepdiripositifdan19mahasiswa(38%)memilikikonsepdirinegatif.SkormeanpadamahasiswaUniversitasNegeriMalangpadaurutankelahirananakbungsusebesar18358dandenganrincian34mahasiswa(68%)memilikikonsepdirinegatif16mahasiswa(32%)memilikikonsepdirinegatif.Berdasarkananalisiskomparatifdiperolehhasilt-hitung4511signifikansi0000005makaterdapatperbedaankonsepdiriditinjaudariurutankelahirananaksulungdananakbungsudimanaanaksulungmemilikikonsepdiripositifdananakbungsumemilikikonsepdirinegatif.Denganmengetahuiperbedaankonsepditinjaudariurutankelahirananaksulungdananakbungsumakadisarankanbagiorangtuauntuktidakmembandingkankemampuanmasing-masinganakdanmemberikanporsiperhatiandanambisiyangsamapadasetiapanak.Mahasiswadiharapkandapataktifdalamorganisasiuntukmengasahinteraksisosialnyamelatihdiribelajardalampersaingansehatdalamsuatuorganisasidandapatbertukarpendapatsecarasportifdanmampumengembangkanperasaandihargaidanmenghargaioranglain.Bagipenelitiselanjutnyadiharapkantidakhanyamelakukanpenelitiandenganmetodekuantitatifnamunjugadenganmetodekualitatifagarhasilpenelitianyangdiperolehlebihmendalam.