Pengembangan bahan ajar menulis cerpen dengan foto peristiwa untuk siswa kelas VII SMP / Yuntarti Sovita Sari
Main Author: | Sari, Yuntarti Sovita |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/10076/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKSariYuntartiSovita.2015.PengembanganBahanAjarMenulisCerpendenganFotoPeristiwauntukSiswaKelasVIISMP.SkripsiJurusanSastraIndonesiaFakultasSastraUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Prof.Dr.WahyudiSiswantoM.Pd(II)InderaSuherjantoS.Pd.M.Sn.KataKuncipembelajaransastrabahanajarmenuliscerpenPenelitianpengembanganinidilatarbelakangiolehhasilstudipendahuluanbahwapembelajaranmenuliscerpenmengalamibeberapakendala.Hambatanpembelajaranterjadipadasiswa.Siswacenderungmengganggapbahwamenuliscerpenadalahkegiatanmembosankandanhanyabisadilakukanolehmerekayangmemilikibakatmenulis.Gurumenyampaikanpembelajaranmenuliscerpendidalamkelasbersifatteoritisdengansumberbelajaryangterbatas.Gurudansiswaterutamasiswamemerlukanbahanajaryangdapatmengatasihambatandanmendukungkelancaranmenuliscerpen.Bahanajarmemegangperananpentingterhadappembelajarankarenabahanajardapatmempermudahprosespembelajaransehinggatujuanpembelajaranyangtelahditentukandapattercapaisecaraoptimal.Tujuanpembelajaranmenuliscerpenatausastraantaralain(1)membantumeningkatkanketerampilanberbahasa(2)meningkatkanpengetahuanbudaya(3)mengembangkanciptadanrasadan(4)menunjangpembentukanwatakataukarakter.Beberapahaltersebutmemberipertimbanganbahanajarmenuliscerpenuntukpembelajaranmenyusunataumenuliscerpenperludikembangkanagartujuanpembelajaranmenuliscerpendapatdicapai.Penelitianinimenghasilkanprodukbahanajarpembelajaranuntukmenuliscerpen.BahanajartersebutdiberinamaFotokuCeritaku.Bahanajarmemergunakanfotountukmempermudahtahapan-tahapanmenuliscerpenuntuksiswa.BahanajarFotokuCeritakudikembangkanberdasarpendekatansaintifikyangdianjurkanolehkurikulum2013.BahanajarFotokuCeritakumemberikankesempatanbagisiswadalammengonstruksipengetahuanmerekasendiriuntukmenghasilkantulisanatauproduknyatayaknikaryasastrasiswaberupacerpendidalamkelas.Tujuanpenelitianiniadalah(1)mengembangkanprodukyanglayakdarisegiisi(2)mengembangkanprodukyanglayakdarisegisistematikanpenyajian(3)mengembangkanprodukyanglayakdarisegitampilandan(4)mengembangkanprodukyanglayakdarisegibahasa.Penelitianinimenggunakanmetodepenelitianpengembangan.RancanganpenelitianinidiadaptasidariprosedurpenelitianpengembanganBorgdanGall.Berdasarkanprosedurtersebutterdapattujuhtahapprosedurpenelitianyakni(1)studipendahuluan(2)perencanaan(3)pengembangandrafproduk(4)ujiahlidanujipraktisi(5)revisihasilujiahlidanujipraktisi(6)ujilapangandan(7)penyempurnaanprodukakhir.Ujiprodukdilakukandenganmelibatkan(1)ahlisastra(cerpen)(2)ahlipembelajaranBahasadanSastraIndonesia(3)praktisiyakniguruBahasadanSastraIndonesiadan(4)lapanganyaknisiswakelasVIICSMPNegeri9Malang.Jenisdatapenelitianiniadalahdatakuantitatifataunumericdandatakualitatifatauverbal.Datanumerikberupadataskoryangdiperolehdarihasilangketpenilaianahlipraktisidansiswaterhadapproduk.Dataverbaldibedakanmenjadidatatertulisdandatalisan.Datatertulisberupacatatankomentarkritikmaupunsaran-saranyangdituliskansubjekujipadaangketpenilaiansedangkandataverballisanberupainformasiyangdisampaikansecaralisanketikawawancaradenganketigakelompokuji.Hasilwawancaraselanjutnyaditranskripsiagardapatdianalisis.Padapenelitianinipenelitibertindaksebagaihumaninstrument.Angketpenilaiandanpedomanwawancarabebasdigunakansebagaiinstrumentpengumpulandata.Analisisdatadilakukandengancara(1)mengumpulkandataverbaltertulisyangdiperolehdariangketpenilaian(2)mentranskripdataverballisandan(3)menganalisisdatadanmerumuskansimpulananalisissebagaidasaruntukmelakukantindaklanjutterhadapprodukyangdikembangkan.Ujiprodukmelibatkanahlisastra(cerpen)menghasilkanrata-ratakelayakanproduk7777%ahlipembelajaranBahasadanSastraIndonesia8467%praktisi8875%dansiswa8274%.Berdasarkanhasilujimelibatkanahlisastra(cerpen)danahlipembelajaranproduktergolonglayakdansiapuntukdiimplementasikan.Berdasarkanhasilujimelibatkanpraktisiproduktergolongsangatlayakdansiapuntukdiimplementasikan.Namunadabeberapaaspekyangperludirevisidanditambahkanberdasarkankomentardansaranperbaikandariahlisastra(cerpen)ahlipembelajaranBahasadanSastraIndonesia.UjilapangandenganmelibatkansiswakelasVIISMPNegeri9MalangujicobalapanganhanyadilakukanpadasatukelasyaitukelasVIIC.ujilapangandimaksudkanuntukmengetahuiresponsiswaterhadapbahanajarFotokuCeritakuyangditerapkandalampembelajaranmenyusunataumenuliscerpen.SimpulanpenelitianpengembanganiniadalahbahanajarFotokuCeritakuyangdikembangkanberdasarkantahapanmenulisceritapendekdenganmenunjukkanbahwaproduktergolonglayakdansiapdiimplementasikandalampembelajaranmenuliscerpen.SebagailangkahpemanfaatanprodukhasilpengembangangurudisarankanuntukmenggunakanbahanajarFotokuCeritakusebagaisalahsatualternatifbahanajaruntukmengajarkankompetensimenyusunataumenuliscerpen.Siswadisarankanuntukmengikutisetiaptahapan-tahapanmenuliscerpenyangdisajikandidalambahanajaragarsiswamemperolehpengetahuanyangutuhtentangtahapanmenuliscerpen.Prosedurpenelitianpengembanganstrategipembelajaraninidapatmenjadipedomanbagipenelitilainuntukmelakukanpenelitianserupa.Pengembanglaindisarankanmengikutilangkah-langkahyangditempuhdalampenelitianiniuntukmengembangkanprodukbahanajarlainyangdapatditerapkanpadakompetensipembelajaranlain.SelanjutnyapenyebarluasanprodukdapatdiunggahmelaluimediainternetataupadaMGMPguruBahasadanSastraIndonesia.