Perbedaan kejenuhan belajar ditinjau dari sistem pembelajaran full day school dan half day school pada siswa SD / Bagus Adi Permana
Main Author: | Permana, Bagus Adi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2011
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/100751/ |
Daftar Isi:
- KatakuncikejenuhanbelajarfulldayschoolhalfdayschoolSetiapindividutentunyamengalamiprosesbelajaruntukdapatmenyesuaikanhidupdimasyarakatdandalameramoderntelahdibentuksistemsekolahdimanamanusiaakandiberikanilmupengetahuandalamtahapandanminattertentu.Dalamprosesbelajartersebutindividuakanmengalamiyangdisebutkejenuhanbelajardimanaindividumerasakanbahwapengetahuannyatidakbertambahmeskipuntelahmenjalanibelajar.Penelitianinibertujuanuntukmengetahui(1)kejenuhanbelajarsiswa-siswifulldayschool(2)kejenuhanbelajarsiswa-siswihalfdayschool(3)perbedaankejenuhanbelajarsiswa-siswisistempembelajaranfulldayschooldanhalfdayschoolSDdikotaMalang.Rancanganpenelitianyangdigunakanadalahdeskriptifdankomparatif.Populasidalampenelitianiniadalahsiswa-siswikelas5fulldayschool(SDIslamTerpaduInsanPermata)yangberjumlah43siswadansiswa-siswikelas5halfdayschool(SDNKarangBesuki1Malang)berjumlah38siswayangkeseluruandigunakansebagaisubjekpenelitian.Instrumenyangdigunakanadalahangketkejenuhanbelajaryangdiisiolehgurusebagaipanelpenilai.Teknikanalisisdatayangdigunakanadalahteknikanalisisdeskriptifdanteknikanalisiskomparatif(t-test).Hasilpenelitianmenunjukkanbahwakejenuhanbelajarsiswa-siswisistempembelajaranhalfdayschoollebihtinggidaripadafulldayschoolhalinidiketahuipadaAnalisisKomparatif(Uji-t)yangmenunjukkanbahwameanpadafulldayschool12107danmeanhalfdayschool15911dantHitung4993tTabel199denganp0000005.Terdapatperbedaankejenuhanbelajarsiswa-siswisistempembelajaranfulldayschooldansiswa-siswihalfdayschoolSDdikotaMalang.Kejenuhanbelajartinggilebihbanyakdialamiolehsiswadihalfdayschoolhalinidikarenakankegiatanbelajarmengajarhanyadilaksanakandiruangkelasyangtetappembelajaranyangterus-menerusdenganwaktuistirahatyangsebentartekananadanyastandarnilaikelulusandalamUASBNyangberdampakpadaditambahkannyajambelajarolehsekolahsebagaiupayaagarseluruhsiswanyadapatluluspadaUASBNkemudiangurumenjadisatu-satunyasumberinformasidalambelajar.Disarankanbagipengelolasekolahdengansistemhalfdayschoolpembelajarandikelasperludiimbangidengankegiatanyangrekreatif.Bagiorangtuadanguruuntuklebihmeningkatkankomunikasiefektifdengananakuntukmendeteksikejenuhanbelajaryangdialamianaknya.