Terapi menulis untuk mengurangi hiperaktivitas pada anak attention deficit hyperactivity disorder (ADHD) di Children Leadership Education (CLE) Malang / Yulina Firdausi

Main Author: Firdausi, Yulina
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2010
Online Access: http://repository.um.ac.id/100654/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKFirdausiYulina.2010.TerapiMenulisUntukMengurangiHiperaktivitasPadaAnakAttentionDeficitHyperactivityDisorder(ADHD)diChildrenLeadershipEducation(CLE)Malang.SkripsiJurusanBimbinganKonselingdanPsikologiFakultasIlmuPendidikanUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.AlwisolM.Pd(II)IkaAndriniFaridaS.PsiM.Psi.KataKunciTerapiMenulisHiperaktivitasADHDPenderitaADHDharusdilatihuntukmengurangisimptom-simptomADHD.HiperaktivitasmerupakansalahsatusimptomdarianakADHD.Perilakuhiperaktifadalahaktivitasberlebihanyangdilakukananaktanpaarahdantujuanyangtepat.Simptomhiperaktifdapatmunculsecarabersama-samadengansimptominatensiyangdapatmenghambatperkembangananak.TerobosanbarudalampenanganananakADHDhinggasaatinimasihterusdilakukan.Penangananyangsudahadayaitumenggunakanterapimedikdanterapipsikologis.SalahsatuterapiyangdapatdigunakanuntukmengurangihiperaktivitasanakADHDadalahterapimenulis.Terapimenulismerupakansuatubentukmodifikasiperilakuyangbertujuanuntukmemunculkantingkahlakubaruataumenghilangkantingkahlakuyangtidakdikehendaki.BentukperilakubaruadalahanakADHDmaududukdengantenangdanmaumenulisdenganposisidudukyangnyamandantepat.Terapimenulisjugadapatmeningkatkanketerampilanmenulispadaanak.PenurunanduasimptomADHDdapatmembantuperkembangananakmenjadilebihbaik.TujuanpenelitianiniadalahuntukmengetahuiapakahterapaimenulisdapatmengurangihiperaktivitaspadaanakADHDdandapatmeningkatkanketerampilanmenulispadaanakADHD.Jenispenelitianyangdipakaiadalahpenelitianstudikasus.PenelitiandilakukandilembagaChildrenLeadershipEducation(CLE)Malang.Subyekpenelitianyangdigunakansebanyak3anakpenderitaADHD.Instrumenyangdigunakanadalahtabelkomponenperilakuhiperaktifdantekstulisansebanyak7teksdenganbermacam-macamcerita.Pengukuranperilakuhiperaktifdilakukandenganmembandingkandatapretestdandataposttestmenggunakantabelkomponenperilakuhiperaktifdanevaluasitulisanmenggunakantigaindikatoryaitukecepatanketepatandankerapian.Hasilpenelitianterhadapperilakuhiperaktifmenunjukkanterapimenulisdapatmengurangihiperaktivitassatudariketigasubyekpenelitian.Halinimenandakanterdapatpenurunanperilakuhiperaktifpadasatusubyekpenelitian.HasilpenelitianinijugadiperkuatdenganbantuanUjiChiKuadratSPSS15forwindows.Hasilpenelitianterhadapketerampilanmenulispadaketigasubyekpenelitianmenunjukkanpeningkatanketerampilanmenulisyangtidakmaksimalseiringdenganpemberianterapimenulis.Pengujianketerampilanmenulisdilakukandenganmembandingkannilaimasing-masingketigaindikatordengannilairata-ratamasing-masingketigaindikatorpadamasing-masingsubyekpenelitian.BerdasarkanhasilpenelitiandisarankankepadalembagaCLEuntukmelakukanterapimenulissebagaiterapitambahanuntukmengurangisimptom-simptomADHD.Sedangkanuntukpenelitiselanjutnyadiharapkandapatmenambahsampelagardapatdilakukangeneralisasidanperbaikanpadainstrumenpenelitianyanglebihcermatsehinggahasilpenelitiandapatlebihbaiklagi.