Terapi menulis untuk mengurangi hiperaktivitas pada anak attention deficit hyperactivity disorder (ADHD) di Children Leadership Education (CLE) Malang / Yulina Firdausi
Main Author: | Firdausi, Yulina |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2010
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/100654/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKFirdausiYulina.2010.TerapiMenulisUntukMengurangiHiperaktivitasPadaAnakAttentionDeficitHyperactivityDisorder(ADHD)diChildrenLeadershipEducation(CLE)Malang.SkripsiJurusanBimbinganKonselingdanPsikologiFakultasIlmuPendidikanUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.AlwisolM.Pd(II)IkaAndriniFaridaS.PsiM.Psi.KataKunciTerapiMenulisHiperaktivitasADHDPenderitaADHDharusdilatihuntukmengurangisimptom-simptomADHD.HiperaktivitasmerupakansalahsatusimptomdarianakADHD.Perilakuhiperaktifadalahaktivitasberlebihanyangdilakukananaktanpaarahdantujuanyangtepat.Simptomhiperaktifdapatmunculsecarabersama-samadengansimptominatensiyangdapatmenghambatperkembangananak.TerobosanbarudalampenanganananakADHDhinggasaatinimasihterusdilakukan.Penangananyangsudahadayaitumenggunakanterapimedikdanterapipsikologis.SalahsatuterapiyangdapatdigunakanuntukmengurangihiperaktivitasanakADHDadalahterapimenulis.Terapimenulismerupakansuatubentukmodifikasiperilakuyangbertujuanuntukmemunculkantingkahlakubaruataumenghilangkantingkahlakuyangtidakdikehendaki.BentukperilakubaruadalahanakADHDmaududukdengantenangdanmaumenulisdenganposisidudukyangnyamandantepat.Terapimenulisjugadapatmeningkatkanketerampilanmenulispadaanak.PenurunanduasimptomADHDdapatmembantuperkembangananakmenjadilebihbaik.TujuanpenelitianiniadalahuntukmengetahuiapakahterapaimenulisdapatmengurangihiperaktivitaspadaanakADHDdandapatmeningkatkanketerampilanmenulispadaanakADHD.Jenispenelitianyangdipakaiadalahpenelitianstudikasus.PenelitiandilakukandilembagaChildrenLeadershipEducation(CLE)Malang.Subyekpenelitianyangdigunakansebanyak3anakpenderitaADHD.Instrumenyangdigunakanadalahtabelkomponenperilakuhiperaktifdantekstulisansebanyak7teksdenganbermacam-macamcerita.Pengukuranperilakuhiperaktifdilakukandenganmembandingkandatapretestdandataposttestmenggunakantabelkomponenperilakuhiperaktifdanevaluasitulisanmenggunakantigaindikatoryaitukecepatanketepatandankerapian.Hasilpenelitianterhadapperilakuhiperaktifmenunjukkanterapimenulisdapatmengurangihiperaktivitassatudariketigasubyekpenelitian.Halinimenandakanterdapatpenurunanperilakuhiperaktifpadasatusubyekpenelitian.HasilpenelitianinijugadiperkuatdenganbantuanUjiChiKuadratSPSS15forwindows.Hasilpenelitianterhadapketerampilanmenulispadaketigasubyekpenelitianmenunjukkanpeningkatanketerampilanmenulisyangtidakmaksimalseiringdenganpemberianterapimenulis.Pengujianketerampilanmenulisdilakukandenganmembandingkannilaimasing-masingketigaindikatordengannilairata-ratamasing-masingketigaindikatorpadamasing-masingsubyekpenelitian.BerdasarkanhasilpenelitiandisarankankepadalembagaCLEuntukmelakukanterapimenulissebagaiterapitambahanuntukmengurangisimptom-simptomADHD.Sedangkanuntukpenelitiselanjutnyadiharapkandapatmenambahsampelagardapatdilakukangeneralisasidanperbaikanpadainstrumenpenelitianyanglebihcermatsehinggahasilpenelitiandapatlebihbaiklagi.