Perbedaan penyesuaian sosial antara urutan kelahiran anak sulung dan anak bungsu pada siswa kelas X SMAN 1 di Kota Malang / Lelia Herdiana

Main Author: Herdiana, Lelia
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2009
Online Access: http://repository.um.ac.id/100565/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKLeliaHerdiana.2009.PerbedaanPenyesuaianSosialAntaraUrutanKelahiranAnakSulungdanAnakBungsuPadaSiswaKelasXSMAN1diKotaMalang.SkripsiProgramStudiPsikologiJurusanBimbinganKonselingdanPsikologiFakultasIlmuPendidikanUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Dr.FattahHanurawan.M.Si.M.Ed(2)Drs.Moh.Bisri.M.Si.Katakuncipenyesuaiansosialurutankelahiransulungdanbungsu.Penyesuaiansosialadalahkemampuanuntukbereaksisecaraefektifdansehatterhadaprealitassosialsituasisosialdanhubungansosialbaikdenganrumahdankeluargasekolahmaupunmasayarakat.Penyesuaiansosialyangbaikadalahmampumelakukanpenyesuaianbaikdirumahdankeluargadisekolahmaupundimasyarakat.Penyesuaiansosialsiswadapatdiukurdenganmenggunakanskalapenyesuaiansosial.UrutankelahirannomorurutankelahiranmenurutdiagramkeluargaAnaksulungyaituanaktunggalyangberalihposisisetelahmunculnyaanakkedua.Anakbungsuyaituanakkeduaanakketigadanseterusnyayangtidakpunyaadiklagi.TujuanpenelitianiniuntukmengungkappenyesuaiansosialanaksulungdanpenyesuaiansosialanakbungsusertauntukmengetahuiperbedaanantarapenyesuaiansosialanaksulungdengananakbungsukelasXdiSMAN1Malang.Penelitiandenganrancangandeskriptifdankomparatifmenggunakansubyekpenelitian38anaksulungdan38anakbungsusiswakelasXSMAN1Malang.InstrumenskalapenyesuaiansosialdenganmetoderatingyangdijumlahkanataumetodeLikertmenggunakan72item.Dariujivaliditasdiperoleh68aitemvaliddengannilairxy0226denganp005danreliabilitassebesar0931.Hasilanalisisdeskriptifdapatdisimpulkanbahwasebagianbesaranaksulungdananakbungsumemilikipenyesuaiansosialyangcukupbaikyaituuntukanaksulungsebesar68%dananakbungsusebesar61%.Hasilanalisisuji-tdiperolehkoefisient-hitungyaitu2142dankoefisienprobabilitasnyasebesar0035padatarafsignifikansi5%.Nilaip-value(0035005)makadapatdisimpulkanadaperbedaanpenyesuaiansosialyangsignifikanantaraanaksulungdananakbungsupadasiswakelasXSMAN1diKotaMalang.Saranyangdikemukakanbagisiswaagarmengikutikegiatan-kegiatanyangdapatmembantuprosessosialisasiyaituaktifdisegalabidangyangbersifatsosiallebihterbukapadalingkunganpedulidengankondisilingkunganberpikiranpositifdanmemilikikepercayaantinggidalamberinteraksi.Bagiorangtuayaitudiharapkanagarorangtuatidakmembeda-bedakanstatusanaksertadapatmengetahuipentingnyapenyesuaiansosialbagianakagardapatmengantisipasiperilakumaladjustment.Bagikebijakansekolahyaitumenciptakansuasanasekolahyangdapatmenimbulkanrasanyamanbagiparasiswanyaagardapatmenyesuaikandiridenganbaik.Danbagipenelitiselanjutnyadiharapkanpenelitiselanjutnyauntuklebihmemperhatikanhubungansaudarasekandungsecaraterpisahyaitujumlahsaudarasekandungusiasaudarasekandungjarakantarasaudaradanjeniskelaminnya.