Perbedaan persepsi guru dan siswa tentang kinerja konselor terhadap pelaksanaan program bimbingan dan konseling di SMA Negeri 2 Bangkalan / S. Subaidah SM
Main Author: | Subaidah SM., S. |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2009
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/100504/ |
Daftar Isi:
- Persepsimerupakansuatuprosesyangmembuatseseorangmenjadisadarakankeadaanatauperistiwadilingkungansekitarsebagaiakibatterjadinyapersentuhaninderamanusiadenganobyeksekelilingnya.Persepsigurudansiswaadalahtanggapandanpenilaianyangdiberikangurudansiswatentangkinerjakonselorterhadappelaksanaanprogrambimbingandankonseling.Persepsijugadipengaruhiolehberbagaifaktorantaralainsuasanahatipengalamanmasalaludoronganyangadapadadiriindividusepertiingatanmotivasidayatangkapkecerdasandanharapan-harapan.Tujuanpenelitianadalahuntukmengetahui(1)PersepsigurutentangkinerjakonselorterhadappelaksanaanprogrambimbingandankonselingdiSMANegeri2Bangkalan(2)PersepsisiswatentangkinerjakonselorterhadappelaksanaanprogrambimbingandankonselingdiSMANegeri2Bangkalan(3)PerbedaanpersepsigurudansiswatentangkinerjakonselorterhadappelaksanaanprogrambimbingandankonselingdiSMANegeri2Bangkalan.Jenispenelitianiniadalahdeskriptifkomparatif.PopulasipenelitianiniadalahsiswakelasXISMANegeri2Bangkalan.SampelpenelitianiniadalahgurudansiswakelasXItahun2008/2009.TeknikpengambilansampelgurudansiswamenggunakanProporsionalRandomSampling.Teknikanalisisdatayangdigunakanadalahanalisispersentasedananalisisuji-t.Intrumenyangdigunakanadalahangketterstruktur.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwasedikit(400%)guruyangmempunyaipersepsitentangkinerjakonselorcukupbanyak(543%)termasukdalamkriteriatepatdalampersepsitentangkinerjakonselorsangatsedikit(57%)yangkurangtepatdansangatsedikit(0%)yangmempunyaipersepsitentangkinerjakonselortidaktepat.Adapunpersepsisiswatentangkinerjakonselormenunjukkanbahwasangatsedikit(31%)siswayangmempunyaipersepsitentangkinerjakonselorsangattepatsangatbanyaksiswa(877%)tepatdalampersepsitentangkinerjakonselorsangatsedikitsiswa(92%)yangtermasukdalamkriteriakurangtepatdalampersepsitentangkinerjakonseloryangsangatsedikit(0%)siswayangmempunyaipersepsitentangkinerjakonselortidaktepat.Hasilanalisismenunjukkanbahwagurumemilikipersepsiyanglebihtepat/lebihunggu/lebihbaikmengenaikinerjakonselorbiladibandingkansiswasehinggadapatdisimpulkanbahwaadaperbedaanpersepsigurudansiswatentangkinerjakonselorterhadappelaksanaanprogrambimbingandankonselingdiSMANegeri2Bangkalan.Konselordiharapkanmempertahankandanmeningkatkankinerjanyayangberhubungandengantugas-tugasdantanggungjawabdalampelaksanaanprogrambimbingandankonseling.Selanjutnyakonselorhendaknyamengembangkanbimbingandankonselingterutamadalamkaitannyabekerjasamadenganpersonilsekolah(guru)dansiswa.Halitudemikelancaranprogramyangtelahdirencanakankonselorsehinggadengankerjasamayangbaikmakatugasperkembanganakantercapaidenganoptimal.Bagipenelitilanjutanperludilakukandenganmelibatkanvariabel-variabelyanglebihbanyakdanwilayahpenelitianyanglebihluas.