Hubungan antara penerimaan diri dan depresi pada remaja penyandang cacat fisik di Panti rehabilitasi Sosial Bina Daksa (PRSBD) Suryatama Bangil, Pasuruan / Ratih Aulia Anggarani
Main Author: | Ratih Aulia Anggarani |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2009
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/100431/ |
Daftar Isi:
- Penerimaandiriialahkemampuanindividuuntukmenerimadirinyasendiriyangditandaidengankepercayaandiridankeberhargaandiri.Menerimadiriberartiindividumenerimasegalakelebihandankekuranganyangdimilikinya.Penerimaandiripentinggunamencapaikondisimentalyangsehat.Denganpenerimaandiriakanmemudahkanremajadalammelakukanpenyesuaiansosial.Penerimaandiriyangrendahberpotensimemunculkandepresipadaremajapenyandangcacatfisik.Tujuanpenelitianadalah1)untukmengetahuipenerimaandiriremajapenyandangcacatfisikdiPRSBDBangil2)untukmengetahuipotensidepresiremajapenyendangcacatfisikdiPRSBDBangil3)untukmengetahuihubunganantarapenerimaandiridandepresiremajapenyandangcacatfisikdiPRSBDBangil.Rancanganpenelitianadalahpenelitiankorelasionalyaitupenelitianuntukmengetahuihubunganantaraduavariabel.Penelitianinimerupakanpenelitianpopulasiyaitumenggunakanseluruhpopulasiyangada.Halinidisebabkankarenajumlahsubyekyangterbatasyaitu50orang.PengumpulandatadenganujiterpakaiberupaskalapenerimaandiridanskaladepresimodelLikertdisusunolehpeneliti.TeknikanalisisyangdigunakanadalahkorelasiproductmomentdariPearson.Hasilpenelitianmenunjukkan1)penerimaandiriremajapenyandangcacatfisiksebagianbesaradalahrendahyaitu54%2)depresiremajapenyandangcacatfisiksebagianbesaradalahrendahyaitu60%3)adahubungannegatifyangsignifikanantarapenerimaandiridandepresipadaremajapenyandangcacatfisikdiPRSBDSuryatamaBangilPasuruan(rxy-0509p005)berartisemakintinggipenerimaandiriremajapenyandangcacatfisikmakasemakinrendahkecenderunganmereka.Berdasarkanhasilpenelitianmakadisarankankepadabeberapapihakyaitu1)remajapenyandangcacatfisiksebaiknyabelajarmencintaidirisendiridenganmenerimasegalakelebihandankekurangandiri2)keluargasebagailingkunganpertamadanutamadarianaksebaiknyamenerimakekurangananaktanpaterlalubanyakmengkritik3)pembinaPRSBDsebaiknyameningkatkankegiatansosialisasiparapenyandangcacatfisikdiPRSBDdenganmasyarakat4)penelitiselanjutnyahendaknyamengubahmetodepenelitianmisalnyaeksperimenuntukmemberikanintervensipadaremajapenyandangcacatfisik.