Hubungan antara penerimaan diri dan depresi pada remaja penyandang cacat fisik di Panti rehabilitasi Sosial Bina Daksa (PRSBD) Suryatama Bangil, Pasuruan / Ratih Aulia Anggarani

Main Author: Ratih Aulia Anggarani
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2009
Online Access: http://repository.um.ac.id/100431/
Daftar Isi:
  • Penerimaandiriialahkemampuanindividuuntukmenerimadirinyasendiriyangditandaidengankepercayaandiridankeberhargaandiri.Menerimadiriberartiindividumenerimasegalakelebihandankekuranganyangdimilikinya.Penerimaandiripentinggunamencapaikondisimentalyangsehat.Denganpenerimaandiriakanmemudahkanremajadalammelakukanpenyesuaiansosial.Penerimaandiriyangrendahberpotensimemunculkandepresipadaremajapenyandangcacatfisik.Tujuanpenelitianadalah1)untukmengetahuipenerimaandiriremajapenyandangcacatfisikdiPRSBDBangil2)untukmengetahuipotensidepresiremajapenyendangcacatfisikdiPRSBDBangil3)untukmengetahuihubunganantarapenerimaandiridandepresiremajapenyandangcacatfisikdiPRSBDBangil.Rancanganpenelitianadalahpenelitiankorelasionalyaitupenelitianuntukmengetahuihubunganantaraduavariabel.Penelitianinimerupakanpenelitianpopulasiyaitumenggunakanseluruhpopulasiyangada.Halinidisebabkankarenajumlahsubyekyangterbatasyaitu50orang.PengumpulandatadenganujiterpakaiberupaskalapenerimaandiridanskaladepresimodelLikertdisusunolehpeneliti.TeknikanalisisyangdigunakanadalahkorelasiproductmomentdariPearson.Hasilpenelitianmenunjukkan1)penerimaandiriremajapenyandangcacatfisiksebagianbesaradalahrendahyaitu54%2)depresiremajapenyandangcacatfisiksebagianbesaradalahrendahyaitu60%3)adahubungannegatifyangsignifikanantarapenerimaandiridandepresipadaremajapenyandangcacatfisikdiPRSBDSuryatamaBangilPasuruan(rxy-0509p005)berartisemakintinggipenerimaandiriremajapenyandangcacatfisikmakasemakinrendahkecenderunganmereka.Berdasarkanhasilpenelitianmakadisarankankepadabeberapapihakyaitu1)remajapenyandangcacatfisiksebaiknyabelajarmencintaidirisendiridenganmenerimasegalakelebihandankekurangandiri2)keluargasebagailingkunganpertamadanutamadarianaksebaiknyamenerimakekurangananaktanpaterlalubanyakmengkritik3)pembinaPRSBDsebaiknyameningkatkankegiatansosialisasiparapenyandangcacatfisikdiPRSBDdenganmasyarakat4)penelitiselanjutnyahendaknyamengubahmetodepenelitianmisalnyaeksperimenuntukmemberikanintervensipadaremajapenyandangcacatfisik.