Pengembangan model perangkat pembelajaran membaca cerita anak terjemahan untuk mengembangkan kecerdasan intrapersonal siswa SMP kelas VII / Yusetisa

Main Author: Yusetisa
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2009
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/10029/
Daftar Isi:
  • PenemuanteorikecerdasangandaolehHowardGardnermembukapeluangmunculnyaberbagaiinovasidibidangpendidikan.PandangankecerdasanmultifasetinimenawarkansuatugambaranyanglebihkayatentangkemampuandanpotensikeberhasilanseoranganakdaripadaInteliigenceQuotient(IQ)yangbaku.Gardner(dalamArmstrong20021923)mendaftarsedikitnyadelapanmacamkecerdasanyangdimilikiolehsetiapindividudengankombinasiyangberbeda.Kecerdasanemosisebagaibagiandarikecerdasangandamempunyaiperanyangpentingbagikehidupan.Dalamkehidupansehari-harikecerdasanemosimemeganglebihbanyakperanan.SalahsatujeniskecerdasanemosiyangdikemukakanolehGolemanadalahkecerdasanintrapersonal.Kecerdasanintrapersonaladalahkemampuanyangkorelatiftetapiterarahpadadirisendiri(Goleman200552).Beberapasekolahsudahmencobamenggabungkankegiatanpembelajarandenganpengembangankecerdasanganda.Denganpenggabunganinikegiatanpembelajarantidakhanyamenjadilebihmenariktetapisiswajugabisamendapatkanmanfaatpraktisyangbisaditerapkandalamkehidupansehari-hari.Kehidupanpembelajarandisekolahsangatdekatdenganbukuajarataubahanajar.Bukuajarmemilikiperanpentingyaitusebagaimediayangdigunakanolehsiswauntukmenyerapilmu.Hernowo(2006)menyatakansebuahbukuakanmembantumenyalakanotakseorangsiswaapabilabukutersebutbenar-benardapatmembuatnyasenangdannyaman.Selainbukurencanapelaksanaanpembelajaran(RPP)jugamenjadisalahsatuasetpentingterciptanyakegiatanpembelajaranyangmenarik.RPPdanbukuajaryangmenarikmemungkinkansiswalebihmudahmenyerapilmu.Sayangnyaselamainibaikdaripihakpenyusunbukumaupunpengajarmasihkurangmampumenciptakankegiatanpembelajaranyangmenarik.Halinilahyangmenjadilandasanbagipenelitiuntukmelakukanpenelitianini.MasalahdalampenelitianiniadalahBagaimanakahmodelperangkatpembelajaranmembacaceritaanakterjemahanuntukmengembangkankecerdasanintrapersonalsiswaSMPkelasVIIMasalahtersebutdapatdirincidalamduamasalahkhususberikutini.(1)BagaimanakahmodelrencanapembelajaranmembacaceritaanakterjemahanuntukmengembangkankecerdasanintrapersonalsiswaSMPkelasVII(2)BagaimanakahmodelbahanajarmembacaceritaanakterjemahanuntukmengembangkankecerdasanintrapersonalsiswaSMPkelasVIITujuanumumpenelitianiniadalahuntukmengembangkanperngkatpembelajaranmembacaceritaanakterjemahanuntukmengembangkankecerdasanintrapersonalsiswaSMPkelasVII.Tujuankhususpenelitaniniadalah(1)mengembangkanmodelrencanapelaksanaanpembelajaranmembacaceritaanakterjemahanuntukmengembangkankecerdasanintrapersonalsiswaSMPkelasVIIdan(2)mengembangkanmodelbahanajarmembacaceritaanakterjemahanuntukmengembangkankecerdasanintrapersonalsiswaSMPkelasVII.PenelitianpengembanganinimenggunakanmodelrancangansistempembelajaranyangdiadaptasidariDickandCarrey.ModelpengembanganinstruksionalyangdikemukakanDickandCarreyberorientasipadatujuanpembelajaran(Munandir19873).Modelpengembanganyangdigunakanpadapenelitianiniditujukanuntukpengembanganprodukberupaperangkatpembelajaran.Prosedurpengembanganprodukmeliputiempattahapyaitutahappersiapantahappengembanganproduktahapujicobaprodukdantahaprevisi.Setiapprodukyangdihasilkanmengalamitigakaliprosesperubahanyaitupraprodukproduksemijadidanprodukjadi.HasildariRPPyangdikembangkanmemilikikomponen-komponensebagaiberikut(1)identitasRPP(2)ranahkompetensi(paparankompetensidasaraspekstandarkompetensikompetensidasardanindikator)(3)materi(4)skenariopembelajaran(5)mediadansumberbelajardan(6)penilaian.KekhasandariRPPyangdikembangkanadalahpenggunaansumberbahanberupateksceritaanakterjemahanyangdapatmengembangkankecerdasanintrapersonal.Selainituskenariopembelajaranyangdigunakanjugamemungkinkansiswauntukmendapatkanpengalamanbelajaryangmenarikmenantangdanmenyenangkan.Skenariopembelajarandiwujudkandenganseperangkatpermainanpetualanganuntukmenemukankuncikotakhartakarun.Dalamprosepembelajaranbahanajardicapaimelaluiaktivitaspembelajaranyangdisusundalamskenariopembelajaran.Bahanajaryangdikembangkanberupaseperangkatpermainanpetualanganuntukmenggalikemampuanmembacaceritaanakterjemahansekaligusmengembangkankecerdasanintrapersonal.Komponen-komponendaribahanajaryangdikembangkanyaitupendahuluanisidanpenutup.Pendahuluanberisisampulgambaranisibahanajarpaparanindikatoralat-alatpetualangdaftarisidanpetapetualangan.Isiberisiceritapengantarteksceritaanakterjemahanlatihanevaluasirefleksidanceritapenutup.Penutupberisigambarkuncikotakhartalembarkuncijawabanhartakarundantugaslanjutan.Saran-saranyangdapatdikemukakanpenulissetelahmelaksanakanpenelitianiniditujukanuntukgurupenyusunkurikulumdanpenyusunbukuajar.GurumatapelajaranBahasadanSastraIndonesiaagarmenciptakankegiatanpembelajaranyangmenarikdenganmemperhatikankeberagamansiswauntukmencapaihasilyangmaksimal.Penyusunkurikulummempertimbangkanpengembanganmultipleintelligencekhususnyakecerdasanintrapersonaldalampenyusunankurikulum.Penyusunbukuajarlebihmemperhatikanaspekpengembanganmultipleintelligencedalampenyusunanbukuajar.Pengembanganmultipleintelligenceyangterintegrasidengankegiatanpembelajaranmembuatsiswadapatmemetikmanfaatyangdapatditerapkanlangsungdalamkehidupansehari-hari.