Pengembangan model perangkat pembelajaran membaca cerita anak terjemahan untuk mengembangkan kecerdasan intrapersonal siswa SMP kelas VII / Yusetisa
Main Author: | Yusetisa |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2009
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/10029/ |
Daftar Isi:
- PenemuanteorikecerdasangandaolehHowardGardnermembukapeluangmunculnyaberbagaiinovasidibidangpendidikan.PandangankecerdasanmultifasetinimenawarkansuatugambaranyanglebihkayatentangkemampuandanpotensikeberhasilanseoranganakdaripadaInteliigenceQuotient(IQ)yangbaku.Gardner(dalamArmstrong20021923)mendaftarsedikitnyadelapanmacamkecerdasanyangdimilikiolehsetiapindividudengankombinasiyangberbeda.Kecerdasanemosisebagaibagiandarikecerdasangandamempunyaiperanyangpentingbagikehidupan.Dalamkehidupansehari-harikecerdasanemosimemeganglebihbanyakperanan.SalahsatujeniskecerdasanemosiyangdikemukakanolehGolemanadalahkecerdasanintrapersonal.Kecerdasanintrapersonaladalahkemampuanyangkorelatiftetapiterarahpadadirisendiri(Goleman200552).Beberapasekolahsudahmencobamenggabungkankegiatanpembelajarandenganpengembangankecerdasanganda.Denganpenggabunganinikegiatanpembelajarantidakhanyamenjadilebihmenariktetapisiswajugabisamendapatkanmanfaatpraktisyangbisaditerapkandalamkehidupansehari-hari.Kehidupanpembelajarandisekolahsangatdekatdenganbukuajarataubahanajar.Bukuajarmemilikiperanpentingyaitusebagaimediayangdigunakanolehsiswauntukmenyerapilmu.Hernowo(2006)menyatakansebuahbukuakanmembantumenyalakanotakseorangsiswaapabilabukutersebutbenar-benardapatmembuatnyasenangdannyaman.Selainbukurencanapelaksanaanpembelajaran(RPP)jugamenjadisalahsatuasetpentingterciptanyakegiatanpembelajaranyangmenarik.RPPdanbukuajaryangmenarikmemungkinkansiswalebihmudahmenyerapilmu.Sayangnyaselamainibaikdaripihakpenyusunbukumaupunpengajarmasihkurangmampumenciptakankegiatanpembelajaranyangmenarik.Halinilahyangmenjadilandasanbagipenelitiuntukmelakukanpenelitianini.MasalahdalampenelitianiniadalahBagaimanakahmodelperangkatpembelajaranmembacaceritaanakterjemahanuntukmengembangkankecerdasanintrapersonalsiswaSMPkelasVIIMasalahtersebutdapatdirincidalamduamasalahkhususberikutini.(1)BagaimanakahmodelrencanapembelajaranmembacaceritaanakterjemahanuntukmengembangkankecerdasanintrapersonalsiswaSMPkelasVII(2)BagaimanakahmodelbahanajarmembacaceritaanakterjemahanuntukmengembangkankecerdasanintrapersonalsiswaSMPkelasVIITujuanumumpenelitianiniadalahuntukmengembangkanperngkatpembelajaranmembacaceritaanakterjemahanuntukmengembangkankecerdasanintrapersonalsiswaSMPkelasVII.Tujuankhususpenelitaniniadalah(1)mengembangkanmodelrencanapelaksanaanpembelajaranmembacaceritaanakterjemahanuntukmengembangkankecerdasanintrapersonalsiswaSMPkelasVIIdan(2)mengembangkanmodelbahanajarmembacaceritaanakterjemahanuntukmengembangkankecerdasanintrapersonalsiswaSMPkelasVII.PenelitianpengembanganinimenggunakanmodelrancangansistempembelajaranyangdiadaptasidariDickandCarrey.ModelpengembanganinstruksionalyangdikemukakanDickandCarreyberorientasipadatujuanpembelajaran(Munandir19873).Modelpengembanganyangdigunakanpadapenelitianiniditujukanuntukpengembanganprodukberupaperangkatpembelajaran.Prosedurpengembanganprodukmeliputiempattahapyaitutahappersiapantahappengembanganproduktahapujicobaprodukdantahaprevisi.Setiapprodukyangdihasilkanmengalamitigakaliprosesperubahanyaitupraprodukproduksemijadidanprodukjadi.HasildariRPPyangdikembangkanmemilikikomponen-komponensebagaiberikut(1)identitasRPP(2)ranahkompetensi(paparankompetensidasaraspekstandarkompetensikompetensidasardanindikator)(3)materi(4)skenariopembelajaran(5)mediadansumberbelajardan(6)penilaian.KekhasandariRPPyangdikembangkanadalahpenggunaansumberbahanberupateksceritaanakterjemahanyangdapatmengembangkankecerdasanintrapersonal.Selainituskenariopembelajaranyangdigunakanjugamemungkinkansiswauntukmendapatkanpengalamanbelajaryangmenarikmenantangdanmenyenangkan.Skenariopembelajarandiwujudkandenganseperangkatpermainanpetualanganuntukmenemukankuncikotakhartakarun.Dalamprosepembelajaranbahanajardicapaimelaluiaktivitaspembelajaranyangdisusundalamskenariopembelajaran.Bahanajaryangdikembangkanberupaseperangkatpermainanpetualanganuntukmenggalikemampuanmembacaceritaanakterjemahansekaligusmengembangkankecerdasanintrapersonal.Komponen-komponendaribahanajaryangdikembangkanyaitupendahuluanisidanpenutup.Pendahuluanberisisampulgambaranisibahanajarpaparanindikatoralat-alatpetualangdaftarisidanpetapetualangan.Isiberisiceritapengantarteksceritaanakterjemahanlatihanevaluasirefleksidanceritapenutup.Penutupberisigambarkuncikotakhartalembarkuncijawabanhartakarundantugaslanjutan.Saran-saranyangdapatdikemukakanpenulissetelahmelaksanakanpenelitianiniditujukanuntukgurupenyusunkurikulumdanpenyusunbukuajar.GurumatapelajaranBahasadanSastraIndonesiaagarmenciptakankegiatanpembelajaranyangmenarikdenganmemperhatikankeberagamansiswauntukmencapaihasilyangmaksimal.Penyusunkurikulummempertimbangkanpengembanganmultipleintelligencekhususnyakecerdasanintrapersonaldalampenyusunankurikulum.Penyusunbukuajarlebihmemperhatikanaspekpengembanganmultipleintelligencedalampenyusunanbukuajar.Pengembanganmultipleintelligenceyangterintegrasidengankegiatanpembelajaranmembuatsiswadapatmemetikmanfaatyangdapatditerapkanlangsungdalamkehidupansehari-hari.