Pengaruh pemanfaatan media CD pembelajaran macromedia flash mx pada topik sejarah pembentukan bumi terhadap hasil belajar geografi siswa kelas X SMA negeri 8 Malang / Dimas Ardianto

Main Author: Ardianto, Dimas
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2010
Online Access: http://repository.um.ac.id/100182/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKArdiantoDimas.2010.PengaruhPemanfaatanMediaCDPembelajaranMacromediaFlashMXpadaTopikSejarahPembentukanBumiterhadapHasilBelajarGeografiSiswaKelasXSMANegeri8Malang.SkripsiJurusanGeografiFISUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.DjokoSoelistijoM.Si.(II)Drs.YusufSuharto.KatakunciMediaCDpembelajaranMacromediaFlashMXhasilbelajar.Kondisisaatiniterkadangsulituntukmengelolakelasdenganbaikapalagidengankarakteristiksiswadanmateriyangterusberkembang.Carainovatifuntukmengatasikeadaantersebutsalahsatunyaadalahdenganmenggunakanmediapembelajaran.MediapembelajaranyangdapatdigunakansalahsatunyaadalahmediaCDpembelajaranMacromediaFlashMX.Mediainidigunakankarenamemilikibeberapakelebihansepertimampumenampilkananimasibergerakdilengkapidenganaudiodangambar-gambaryangtampilannyamenarik.Mediainijugadapatmembuatcaraberpikirsiswalebihkonkritdannantinyadengansendirinyaakanlebihmeningkatkanpemahamanmateridaripadaapabiladidalamkegiatanpembelajarannyamenggunakanceramahtanpaadanyakehadiranmedia.PenelitianinidilaksanakandengantujuanuntukmengetahuipengaruhpemanfaatanmediaCDpembelajaranMacromediaFlashMXpadatopiksejarahpembentukanbumiterhadaphasilbelajargeografisiswakelasXSMANegeri8Malang.Penelitianinitermasukpenelitianeksperimensemu(QuasiEksperiment)denganmengambilsubjekpenelitianduakelasyaitukelasX8sebagaikelaseksperimendankelasX4sebagaikelaskontrol.Instrumenpenelitianberupatesuntukpratesdanpascates.TeknikanalisisyangdigunakanadalahujittidakberpasanganyangdiselesaikandenganbantuankomputerprogramSPSS16.0forWindows.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwaterdapatperbedaanyangsignifikanantaranilairata-ratakelaseksperimendankelaskontrol.Hasilanalisisdatadiketahuibahwarata-ratahasilbelajarsiswapadakelaseksperimensebesar4725sedangkanpadakelaskontrolsebesar3763dengannilaiprobabilitas(sig)padathitungadalah0001.BerdasarkananalisisdatadiambilkesimpulanbahwahasilbelajargeografipadakelasyangmenggunakanmediaCDpembelajaranMacromediaFlashMXlebihbaikdaripadakelasyangtidakmenggunakanmediaCDpembelajaranMacromediaFlashMX.MerujuknhasilanalisisdatamakadapatdisimpulkanpemanfaatanmediaCDpembelajaranMacromediaFlashMXpadatopiksejarahpembentukanbumiberpengaruhterhadaphasilbelajarsiswakelasXSMANegeri8Malang.SaranyangdiajukanuntukgurubidangstudiGeografiadalahmenjadikanmediaCDpembelajaranmacromediaFlashMXsebagaimediapembelajaranagarhasilbelajarsiswalebihbaik.BagipenelitilaindisarankanuntukmengembangkanpenelitiandenganmediaCDpembelajaranmacromediaFlashMXpadamateriselainsejarahpembentukanbumiataumenggunakanmetodedanmediayangberbedasertaaspekyangdiukuradalahaspekyanglainnya.