Penerapan model pembelajaran numbered head together (NHT) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada kompetensi mendiskripsikan pola kegiatan ekonomi, penggunaan lahan, dan pola permukiman berdasarkan kondisi fisik permukaan bumi kelas VII SMP Negeri 1 Sumobito Kabupat
Main Author: | Iza, Ni'matul |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2010
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/100175/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKIzaNimatul.2009.PenerapanModelPembelajaranNumberedHeadTogether(NHT)untukMeningkatkanHasilBelajarSiswapadaKompetensiMendiskripsikanPolaKegiatanEkonomiPenggunaanLahandanPolaPermukimanBerdasarkanKondisiFisikPermukaanBumiKelasVIISMPNegeri1SumobitoKabupatenJombang.SkripsiJurusanPendidikanGeografiFMIPAUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.BudiHandoyoM.Si(II)Drs.SudarnoHerlambangM.Si.KatakunciNumberedHeadsTogether(NHT)hasilbelajar.HasilobservasiawalmenunjukkanbahwametodepembelajaranIPSGeografiyangdilakukanolehgurukelasVIIFdiSMPNegeri1Sumobitoberupaceramahpenugasandandiskusikelompok.Metodetersebutdirasakanmasihkurangmelibatkansiswadalamprosespembelajarankerjakelompokdankemampuansiswadalammenguraikanmateripembelajaransehinggahasilbelajarsiswakurangoptimaldalammencapaikompetensiyangditetapkan.Halituterlihatdariketuntasanklasikalsebesar47%.Ketuntasanbelajarsiswatersebutkurangdaristandarketuntasanminimal(SKM)sebesar65danketuntasanbelajarklasikalnyasebesar85%.PenelitianinibertujuanmeningkatkanhasilbelajarsiswaagarmencapaikompetensipembelajarandenganmenerapkanmodelpembelajaranNumberedHeadTogether(NHT)denganrancannganpenelitiantindakankelas.Teknikpengumpulandatamenggunakantesdandianalisissecaradeskriptif.PenelitiandilaksanakandalamduasiklusdengansubjeksiswakelasVIIFyangberjumlah34siswapadabulanMeiJuni2009.HasilpenelitianmenunjukkanbahwahasilbelajarsiswamengalamipeningkatanmulaidaripratindakankesiklusIdansiklusIkesiklusII.Peningkatanhasilbelajardilihatdaripeningkatanketuntasanbelajarsiswa.Ketuntasanbelajarsiswapadapratindakansebesar47%padasiklusImeningkatmenjadi65%dansiklusIImeningkatmenjadi91%.BerdasarkanhasiltersebutdisarankanagarmodelpembelajaranNumberedHeadTogether(NHT)diterapkanuntukmeningkatkanhasilbelajaryangberupapengembangankompetensidasarmendiskripsikanataukompetensisejenisyangperludilakukanpenelitian.BagigurubidangstudiIPSGeografidiSMPNegeri1SumobitodisarankanuntukmenjadikanmodelNumberedHeadTogethersebagaisalahsatupembelajaranalternatifagardapatmeningkatkanhasilbelajar.Untukpenelitianlanjutanmodeliniperludikembangkanpadakompetensidasaranalisisdenganaspekhasilbelajardanaktivitassiswa.