Penerapan model pembelajaran numbered head together (NHT) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada kompetensi mendiskripsikan pola kegiatan ekonomi, penggunaan lahan, dan pola permukiman berdasarkan kondisi fisik permukaan bumi kelas VII SMP Negeri 1 Sumobito Kabupat

Main Author: Iza, Ni'matul
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2010
Online Access: http://repository.um.ac.id/100175/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKIzaNimatul.2009.PenerapanModelPembelajaranNumberedHeadTogether(NHT)untukMeningkatkanHasilBelajarSiswapadaKompetensiMendiskripsikanPolaKegiatanEkonomiPenggunaanLahandanPolaPermukimanBerdasarkanKondisiFisikPermukaanBumiKelasVIISMPNegeri1SumobitoKabupatenJombang.SkripsiJurusanPendidikanGeografiFMIPAUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.BudiHandoyoM.Si(II)Drs.SudarnoHerlambangM.Si.KatakunciNumberedHeadsTogether(NHT)hasilbelajar.HasilobservasiawalmenunjukkanbahwametodepembelajaranIPSGeografiyangdilakukanolehgurukelasVIIFdiSMPNegeri1Sumobitoberupaceramahpenugasandandiskusikelompok.Metodetersebutdirasakanmasihkurangmelibatkansiswadalamprosespembelajarankerjakelompokdankemampuansiswadalammenguraikanmateripembelajaransehinggahasilbelajarsiswakurangoptimaldalammencapaikompetensiyangditetapkan.Halituterlihatdariketuntasanklasikalsebesar47%.Ketuntasanbelajarsiswatersebutkurangdaristandarketuntasanminimal(SKM)sebesar65danketuntasanbelajarklasikalnyasebesar85%.PenelitianinibertujuanmeningkatkanhasilbelajarsiswaagarmencapaikompetensipembelajarandenganmenerapkanmodelpembelajaranNumberedHeadTogether(NHT)denganrancannganpenelitiantindakankelas.Teknikpengumpulandatamenggunakantesdandianalisissecaradeskriptif.PenelitiandilaksanakandalamduasiklusdengansubjeksiswakelasVIIFyangberjumlah34siswapadabulanMeiJuni2009.HasilpenelitianmenunjukkanbahwahasilbelajarsiswamengalamipeningkatanmulaidaripratindakankesiklusIdansiklusIkesiklusII.Peningkatanhasilbelajardilihatdaripeningkatanketuntasanbelajarsiswa.Ketuntasanbelajarsiswapadapratindakansebesar47%padasiklusImeningkatmenjadi65%dansiklusIImeningkatmenjadi91%.BerdasarkanhasiltersebutdisarankanagarmodelpembelajaranNumberedHeadTogether(NHT)diterapkanuntukmeningkatkanhasilbelajaryangberupapengembangankompetensidasarmendiskripsikanataukompetensisejenisyangperludilakukanpenelitian.BagigurubidangstudiIPSGeografidiSMPNegeri1SumobitodisarankanuntukmenjadikanmodelNumberedHeadTogethersebagaisalahsatupembelajaranalternatifagardapatmeningkatkanhasilbelajar.Untukpenelitianlanjutanmodeliniperludikembangkanpadakompetensidasaranalisisdenganaspekhasilbelajardanaktivitassiswa.