Pengaruh model pembelajaran berbasis proyek terhadap kemampuan berpikir analisis siswa SMA Negeri 1 Turen / Sa'adatul Munawaroh

Main Author: Munawaroh, Sa'adatul
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2018
Online Access: http://repository.um.ac.id/100049/
Daftar Isi:
  • iiRINGKASANMunawarohSaadatul.2018.pengaruhmodelpembelajaranberbasisproyekterhadapkemampuanberpikiranalisissiswaSMANegeri1Turen.Skripsi.JurusanGeografiFakultasIlmuSosial.UniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.BudiHandoyoM.Si.(II)PurwantoS.PdM.Si.KataKuncimodelpembelajaranberbasisproyekberpikiranalisisModelpembelajaranberbasisproyekadalahmodelpembelajaranyangmenggunakanproyekataukegiatansebagaimedia.Gurumenugaskansiswauntukmelakukaneksplorasipenilaianinterpretasisintesisdaninformasiuntukmenghasilkanberbagaibentukhasilbelajar.Modelpembelajaraninimenggunakanmasalahsebagailangkahawaldalammengumpulkandanmengintegrasikanpengetahuanbaruberdasarkanpengalamannyadalamberaktivitassecaranyata.Modelpembelajaranberbasisproyekdaatmendorongsiswaberpikiranalisis.Tujuandaripenelitianiniadalahuntukmengetahuipengaruhmodelpembelajaranberbasisproyekterhadapkemampuananalisispadamaterijenis-jenisbencanadanpenanggulangannnyadiSMANegeri1Turen.Berpikiranalisismerupakankemampuansiswauntukmenguraikanmemperincidanmenganalisissuatuinformasi.Informasiyangdigunakanuntukmemenuhisuatupengetahuandenganmenggunakanakaldanpikiran.Saatberpikirakaldanpikiranharusmendapatkanalternatifsolusiyangterbaikbukanberdasarkanperasaanatautebakan.Kemampuanberpikiranalisisdapatdiperolehsiswamelaluipenerapanpembelajaranyanginovatifkontruktivistikkreatifdanmampumengajaksiswamembangunpemahamanterhadapkonsepyangdipelajari.Salahsatumodelpembelajaraninovatifberorientasikontrutivistikadalahmodelpembelajaranberbasisproyek.Pengaruhmodelpembelajaranberbasisproyekditelitimenggunaanrancanganpenelitianquasieksperimenpolanonequivalencontrolgrupdesign.Sebelummelaksanakanpenelitianbeberapatahapdilakukanyaknipembuataninstrumenpenelitian(RPPbutirsoalteknikpengumpulandata)validasiinstrumen(validitasdanrealibilitasbutirsoal)menggunakanSPSSforwindowsHasilpenelitianeksperimenmenujukkanbahwamodelpembelajaranberbasisproyekberpengaruhterhadapkemampuanberpikiranalisissiswa.dibuktikandenganrata-ratanilaiteskemampuanberpikiranalisisyangtinngibagikelaseksperimenyaitu6667%baiksedangkankelaskontrol3030%baik.Dengandemikiansebagianbesarsiswakelaseksperimensudahmemnuhistantarminimalkelulusan(75).