Pengaruh model pembelajaran berbasis proyek terhadap kemampuan berpikir analisis siswa SMA Negeri 1 Turen / Sa'adatul Munawaroh
Main Author: | Munawaroh, Sa'adatul |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2018
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/100049/ |
Daftar Isi:
- iiRINGKASANMunawarohSaadatul.2018.pengaruhmodelpembelajaranberbasisproyekterhadapkemampuanberpikiranalisissiswaSMANegeri1Turen.Skripsi.JurusanGeografiFakultasIlmuSosial.UniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.BudiHandoyoM.Si.(II)PurwantoS.PdM.Si.KataKuncimodelpembelajaranberbasisproyekberpikiranalisisModelpembelajaranberbasisproyekadalahmodelpembelajaranyangmenggunakanproyekataukegiatansebagaimedia.Gurumenugaskansiswauntukmelakukaneksplorasipenilaianinterpretasisintesisdaninformasiuntukmenghasilkanberbagaibentukhasilbelajar.Modelpembelajaraninimenggunakanmasalahsebagailangkahawaldalammengumpulkandanmengintegrasikanpengetahuanbaruberdasarkanpengalamannyadalamberaktivitassecaranyata.Modelpembelajaranberbasisproyekdaatmendorongsiswaberpikiranalisis.Tujuandaripenelitianiniadalahuntukmengetahuipengaruhmodelpembelajaranberbasisproyekterhadapkemampuananalisispadamaterijenis-jenisbencanadanpenanggulangannnyadiSMANegeri1Turen.Berpikiranalisismerupakankemampuansiswauntukmenguraikanmemperincidanmenganalisissuatuinformasi.Informasiyangdigunakanuntukmemenuhisuatupengetahuandenganmenggunakanakaldanpikiran.Saatberpikirakaldanpikiranharusmendapatkanalternatifsolusiyangterbaikbukanberdasarkanperasaanatautebakan.Kemampuanberpikiranalisisdapatdiperolehsiswamelaluipenerapanpembelajaranyanginovatifkontruktivistikkreatifdanmampumengajaksiswamembangunpemahamanterhadapkonsepyangdipelajari.Salahsatumodelpembelajaraninovatifberorientasikontrutivistikadalahmodelpembelajaranberbasisproyek.Pengaruhmodelpembelajaranberbasisproyekditelitimenggunaanrancanganpenelitianquasieksperimenpolanonequivalencontrolgrupdesign.Sebelummelaksanakanpenelitianbeberapatahapdilakukanyaknipembuataninstrumenpenelitian(RPPbutirsoalteknikpengumpulandata)validasiinstrumen(validitasdanrealibilitasbutirsoal)menggunakanSPSSforwindowsHasilpenelitianeksperimenmenujukkanbahwamodelpembelajaranberbasisproyekberpengaruhterhadapkemampuanberpikiranalisissiswa.dibuktikandenganrata-ratanilaiteskemampuanberpikiranalisisyangtinngibagikelaseksperimenyaitu6667%baiksedangkankelaskontrol3030%baik.Dengandemikiansebagianbesarsiswakelaseksperimensudahmemnuhistantarminimalkelulusan(75).