Penerapan model Problem Based Learning (PBL) berbantuan LKS untuk meningkatkan kemampuan memecahkan masalah siswa pada mata pelajaran geografi kelas XI IIS 4 MAN 3 Kediri / Nila Lailatun Ni'mah
Main Author: | Ni'mah, Nila Lailatun |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2018
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/100043/ |
Daftar Isi:
- iRINGKASANNimahNilaLailatun.2018.PenerapanModelProblemBasedLearning(PBL)BerbantuanLKSuntukMeningkatkanKemampuanMemecahkanMasalahSiswaKelasXIIIS4MAN3Kediri.Skripsi.JurusanGeografiFakultasIlmuSosialUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Dr.BudiHandoyoM.Si(2)Drs.DjokoSoelistijoM.Si.KatakunciModelProblemBasedLearningLKSKemampuanmemecahkanmasalah.Kemampuanmemecahkanmasalahmerupakanhalkrusialdalampembelajarandiabadake21.Pentingnyakemampuanmemecahkanmasalahdidorongolehsemakinkompleksnyapermasalahandalamdinamikageosferyangmenuntutsiswauntukmemikirkansolusidalampemecahannya.KenyataannyakemampuanmemecahkanmasalahgeografisiswakelasXIkhususnyadiIIS4diMAN3Kedirimasihrendah.Halinidiketahuidarihasilwawancaradengangurudanobservasiawalyangdilakukanolehpeneliti.Berdasarkanhasilobservasaidiketahuikemampuansiswadalammemecahkanmasalahmasihrendahhalituterlihatdariinstrumenpenilaian(evaluasi)khususnyasoaldantugasyangdiberikanguruumumnyasebatasaspekkonseptualkurangtepatnyagurumenerapkanstrategidanmetodepembelajaranyangdigunakansertaLKSyangkurangmemberilatihanuntukmemecahkanmasalah.Akibatnyaketikasiswadihadapkandenganmasalahsiswamengalamikesulitanuntukmemecahkannya.PenelitianinidilaksanakandengantujuanuntukmengetahuipeningkatankemampuanmemecahkanmasalahsiswakelasXIIIS4MAN3KediridenganmenerapkanmodelProblemBasedLearning(PBL)berbantuanLKS.RancanganpenelitianiniadalahPenelitianTindakanKelas(PTK).Penelitianiniterdapatduasiklusyangterdiridariempattahappadasetiapsiklusnyayaituperencanaanpelaksanaantindakanpengamatandanrefleksi.SubjekdalampenelitianiniadalahsiswakelasXIIIS4MAN3Kediriyangberjumlah40siswa.Datayangdigunakandalampenelitianiniyaitudataprimeryanglangsungdiperolehdarisubjekpenelitian.Teknikanalisisdatayangdigunakandalampenelitianiniadalahanalisisdeskriptifkualitatifdankuantitatif.Datayangdigunakandalampenelitianiniadalahdatakemampuanmemecahkanmasalah.Datatersebutdiperolehdarihasilteskemampuanmemecahkanmasalahyangdiberikanpadasetiapakhirsiklus.HasilpenelitianmenunjukkanbahwapenerapanmodelPBLberbantuanLKSmengalamipeningkatan.Haltersebutdapatdibuktikandenganadanyapeningkatannilairata-ratakemampuanmemecahkanmasalahsiswasetelahdilakukantindakanpadasiklusIdansiklusII.KesimpulandalampenelitianinimodelProblemBasedLearning(PBL)berbantuanLKSdapatmeningkatkankemampuanmemecahkanmasalahsiswakelasXIIIS4MAN3Kediri.