Pencegahan Penularan HIV/AIDS: Efektivitas Metode KIE “Aku Bangga Aku Tahu (ABAT)”

Main Authors: Iskandar, Shelly; Departemen Psikiatri, Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran, Hamdi, Achmad Chairul, Wijaya, Merry; Departemen Ilmu Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran
Format: application/pdf eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan , 2016
Subjects:
Online Access: http://ejournal.litbang.depkes.go.id/index.php/BPK/article/view/5357
Daftar Isi:
  • Abstract The epidemic of HIV/AIDS in Indonesia is one of fastest growing among Asian countries. One of the efforts of the government to reduce HIV/AIDS cases is by implementing Information Education and Communication (IEC) which is so-called “Aku Bangga Aku Tahu (ABAT)”. However, the effectiveness of ABAT and its methods have not been evaluated. The aim of this study is to analyze the effectiveness of IEC of ABAT on knowledge, perception, stigma and HIV/AIDS behavioral prevention among selected high school students. This is a quantitative research, using pre-test, post-test, and control group of Quasi Experimental Design. A number of 221 students were chosen using multistage random sampling, divided into groups of single, multiple and control. The results of this study showed that the IEC of ABAT effectively increased knowledge, perception and preventive behavior, but it had not been able to reduce stigma. IEC of ABAT multiple sessions provided higher impact thanthat of the single session (p < 0.05). It is necessary to improve methods of IEC to encourage the improvement of knowledge, perception, and reduced stigma and HIV/AIDS risk behavior. Keywords: behavior, HIV/AIDS, knowledge, perception, stigma AbstrakLaju peningkatan HIV/AIDS di Indonesia merupakan salah satu yang tercepat di Asia. Sebagai upaya pengendalian HIV/AIDS, pemerintah meluncurkan modul komunikasi informasi dan edukasi Aku Bangga Aku Tahu (KIE ABAT). Efektivitas metode dan KIE ABAT sampai saat ini belum pernah dilakukan evaluasi. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis efektivitas KIE ABAT terhadap pengetahuan, persepsi, stigma dan perilaku pencegahan HIV/AIDS pada siswa/siswi SMA. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan rancangan penelitian Quasi Experiment Design dengan Pre-test Post-test Control Group Design. Sebanyak 221 siswa berpartisipasi dalam penelitian yang dipilih menggunakan multistage random sampling, kemudian dibagi kedalam kelompok single, multiple dan kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa KIE ABAT efektif meningkatkan pengetahuan, persepsi dan perilaku pencegahan, akan tetapi belum mampu menurunkan stigma. Simpulan berikutnya adalah KIE ABAT multiple session memberikan pengaruh yang lebih tinggi dibandingkan dengan single session. Untuk itu perlu penyempurnaan metode KIE agar dapat mendorong terjadinya peningkatan pengetahuan, persepsi, penurunan stigma dan peningkatan perilaku pencegahan HIV/AIDS. Kata kunci: HIV/AIDS, pengetahuan, perilaku, persepsi, stigma.