HUBUNGAN LAYANAN ASUHAN KEPERAWATAN OLEH PERAWAT PELAKSANA DENGAN KEPUASAN PASIEN DI RUANG RAWAT INAP SAKURA RUMAH SAKIT UMUM IMELDA PEKERJA INDONESIA MEDAN

Main Authors: Ritonga, Imelda Liana, David, Muhammad
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: Program Studi S1/DIII-Keperawatan STIKes Imelda-Medan , 2020
Subjects:
Online Access: http://jurnal.uimedan.ac.id/index.php/JURNALKEPERAWATAN/article/view/439
http://jurnal.uimedan.ac.id/index.php/JURNALKEPERAWATAN/article/view/439/421
Daftar Isi:
  • ABSTRACT Measuring customer satisfaction is an important element in providing better, more efficient and more effective service. If a customer is dissatisfied with a service provided, then the service can be ascertained that it is ineffective and inefficient. This is especially important for public services. The implementation of services to the community, as carried out by the Imelda Indonesian Worker Hospital in Medan, needs to get attention, especially in the quality of service to suit the needs and expectations of the community. This study focuses on the quality of nursing services and patient satisfaction in the Sakura Room Hospital Imelda Hospital Medan inpatient. This study aims to determine the Nursing Care Services by Implementing Nurses with Patient Satisfaction in the Sakura Inpatient Room Imelda General Hospital Indonesian Workers Medan. This research uses descriptive correlation research with a cross sectional approach, while the data analysis used is the Spearman Spirit correlation statistical test. The population in this study were patients who were treated in the Sakura Room inpatient installation of RSU IPI Medan, namely 31 patients who were hospitalized. The number of samples of 31 respondents by means of purposive sampling. The results showed that the quality of nursing services at Inpatient Intalasi IPI Hospital was 20 respondents (64.5%), 6 respondents (19.4%) sufficient category and 5 people (16.1%) in poor category. The conclusion is that there is a relationship (r = 0.615) between closing nursing services and patient satisfaction, where the higher the quality of nursing service, the higher the patient satisfaction.
  • Pengukuran kepuasan pelanggan merupakan elemen penting dalam menyediakan pelayanan yang lebih baik, lebih efisien dan lebih efektif.Apabila pelanggan merasa tidak puas terhadap suatu pelayanan yang disediakan, makapelayanan tersebut dapat dipastikan tidak efektif dan tidak efisien.Hal ini terutama sangat penting bagi pelayananpublik. Penyelenggaraan pelayanan kepada masyarakat sebagai mana yang dilakukan Rumah Sakit Imelda Pekerja Indonesia Medan,perlu mendapatkan perhatian, khususnya dalam kualitas pelayanan agar sesuai dengan kebutuhan dan harapanmasyarakat. Penelitian ini memfokuskan pada mutu pelayanan keperawatan dan kepuasan pasien di Instlasi RawatInap Ruang Sakura Rumah Sakit Imelda Pekerja Indonesia Medan. Penelitian ini bertujuan untuk  mengetahui  Layanan Asuhan Keperawatan Oleh Perawat Pelaksana Dengan Kepuasan Pasien Di Ruang Rawat Inap Sakura Rumah Sakit Umum Imelda Pekerja Indonesia Medan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriftip korelasi dengan pendekatan cross sectional, sedangkananalisis data yang digunakan adalah uji statistik korelasi Roh Spearman.Populasi dalam penelitian ini adalah pasienyang dirawat di Instalasi Rawat Inap  ruang sakura RSU IPI Medan yaitu 31 pasien yang dirawat inap. Adapun jumlah sampel 31 responden dengan cara pengambilan sampel Purposive Sampling. Hasil penelitian didapatkan bahwa mutu pelayanan keperawatan di Intalasi rawat Inap RSU IPI kategori Baik adalah 20 responden (64,5 %), kategori cukup 6 responden (19,4 %) dan kategori kurang sebanyak 5 orang (16,1 %). Kesimpulanya adalah Ada hubungan ( r = 0,615 )   antara mutupelayanan keperawatan dengan kepuasan pasien, dimana semakin tinggi mutu pelayanan keperawatan maka semakintinggi pula kepuasan pasien.