Peran Promosi dan Pengembangan Objek Wisata Air Terjun Sipiso Piso dalam Meningkatkan Jumlah Wisatawan di Kecamatan Merek Kabupaten Karo

Main Author: Tondang, Bahagia
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: ind
Terbitan: Politeknik Pariwisata Medan , 2020
Online Access: http://ejurnal.poltekparmedan.ac.id/index.php/jiapm/article/view/99
http://ejurnal.poltekparmedan.ac.id/index.php/jiapm/article/view/99/62
Daftar Isi:
  • This research is conducted to know what kind of business conducted by the manager in developing, promoting and marketing and any constraints faced by the local tourism object manager in promoting and marketing Sipiso piso Waterfall object. Attraction Sipiso piso Waterfall has the concept as a family tourist destination, so that everyone of all ages can enjoy the comfort and entertainment offered by the object. Facilities are also fully equipped for children, adolescents, and parents. In addition there are several attempts made by the managers in developing attractions Sipso Piso Waterfall among others bring memberbaiki facilities in the tourist attraction, memberbaiki accessibility and methods 4A and Sapta Pesona also be used as a guide in developing and introducing the object to the public.   REFERENCES Lexy J Moelong. Lexy.(1997). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung:PT Remaja Rosdakarya. Moh. Pabundu Tika.(1997). Metode Penelitian Geografi. Jakarta: PT Gramedia Pusataka Utama. Moh. Reza Tirtawinata, Lisdiana Fachruddin” Daya Tarik Dan Pengelolaan”. Jakarta: PT Penebar Swadaya, Anggota Ikapi. Nyoman S Pendit.(1986). Ilmu  pariwisata, Sebuah Pengantar Perdana. Jakarta : PT. Pradaya paramita. Nyoman S Pendit.(2002). Ilmu  pariwisata, Sebuah Pengantar Perdana. Jakarta : PT. Pradaya paramita. Oka A. Yoeti Oka.(1983). Pemasaran Pariwisata. Bandung  :  Angkasa Offet. Salah Wahab.(1988). Manajemen Kepariwisataan. Jakarta:  Pradnya Paramita. Salah Wahab.(1989). Pemasaran Pariwisata. Jakarta: Pradnya Paramita. Suharsimi Arikunto.(1997). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Yogyakarta: Rineka Cipta. www.jawatengah.go.id/.  Tanggal  akses  1 Februari 2009. www.Karo.go.id, pariwisataKaro . Tanggal akses 1 Februari 2009.
  • Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui usaha apa saja yang dilakukan oleh pengelola dalam mengembangkan, mempromosikan dan memasarkan serta kendala apa saja yang dihadapi pihak pengelola objek wisata setempat dalam mempromosikan dan memasarkan objek wisata Air Terjun Sipiso piso. Objek wisata Air Terjun Sipiso piso memiliki konsep sebagai daerah tujuan wisata keluarga, sehingga semua orang dari berbagai usia dapat menikmati kenyamanan dan hiburan yang ditawarkan oleh objek tersebut. Fasilitas-fasilitasnya pun tersedia lengkap baik bagi anak-anak, remaja, maupun orang tua. Selain itu ada beberapa usaha yang dilakukan oleh pihak pengelola dalam mengembangkan objek wisata Air Terjun Sipso piso antara lain mendatangkan memberbaiki fasilitas di objek wisata, memberbaiki aksesibilitas serta metode 4A dan Sapta Pesona juga dijadikan pedoman dalam mengembangkan dan mengenalkan objek tersebut ke masyarakat luas