Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Active Learning Tipe Giving Question and Getting Answer terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Sendana
Main Authors: | Rismawati, Rismawati, Nurmiati, Nurmiati |
---|---|
Format: | Article info application/pdf Proceeding |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
FKIP Universitas Muslim Maros
, 2019
|
Online Access: |
http://ejournals.umma.ac.id/index.php/prosiding/article/view/360 http://ejournals.umma.ac.id/index.php/prosiding/article/view/360/254 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar biologi siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Active Learning Tipe Giving Question And Getting Answer. Jenis penelitian ini adalah quasi experimental dengan bentuk nonequivalen control group design. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Sendana tahun ajaran 2019/2020. Dimana kelas XI. IPA 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI. IPA 3 sebagai kelas kontrol. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial dengan perhitungan statistik. Analisis uji hipotesis yang digunakan adalah uji-t (independen samples test) dengan nilai hasil thitung > ttabel (3,378 > 1,996) yang berarti menolak H0 dan menerima H1. Jadi dapat disimpulkan bahwa hasil belajar biologi siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Active Learning Tipe Giving Question And Getting Answer ada pengaruh dengan hasil belajar biologi siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif biasa.