ANALISIS PENGARUH TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI PADA KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA PADA MASA PANDEMI COVID-19
Main Author: | RAHMANITA, FIKA |
---|---|
Format: | Article info application/pdf Journal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Faculty of training and education, Pamulang university
, 2020
|
Online Access: |
http://openjournal.unpam.ac.id/index.php/Eduka/article/view/8167 http://openjournal.unpam.ac.id/index.php/Eduka/article/view/8167/5256 |
Daftar Isi:
- Pada masa pandemic covid-19, terjadi pergeseran proses pembelajaran online. Proses pembelajaran dilakukan dengan menggunakan media software elearning. Pada masa pandemic, siswa menjalankan proses pembelajaran dengan menentukan waktu dan sumber belajarnya sendiri. Penggunaan teknologi informasi dan komunikasi menjadi aspek yang penting dalam kemandirian belajar siswa. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana pengaruh teknologi informasi dan komunikasi terhadap kemandirian belajar siswa pada masa pandemic covid-19. Analisis data dilakukan dengan menggunakan SEM-PLS. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa kemandirian belajar siswa pada masa pandemic covid-19 dipengaruhi secara positif oleh teknologi informasi dan komunikasi sebesar 83,12% dan 16,88% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak ada pada penelitian.Teknologi informasi dan komunikasi dapat meningkatkan kemandirian siswa dalam belajar. Teknologi informasi dan komunikasi memberikan kemudahan siswa untuk mencari informasi dan penyelesaian masalah pada pembelajaran melalui sumber internet.Kata kunci: teknologi informasi; komunikasi; kemandirian belajar.