HUBUNGAN PERSEPSI SISWA TENTANG KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DENGAN HASIL BELAJAR SISWA DI MTs NEGERI 2 TABA PENANJUNG TAHUN AJARAN 2017/2018
Main Author: | Roslaini, Roslaini |
---|---|
Format: | Article info application/pdf Journal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Asosiasi Dosen Perguruan Tinggi Islam
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://jurnal-assalam.org/index.php/JAS/article/view/12 http://jurnal-assalam.org/index.php/JAS/article/view/12/9 |
Daftar Isi:
- Kompetensi pedagogik merupakan salah kompetensi yang sangat penting yang harus dimiliki seorang guru, bagus atau tidaknya kompetensi pedagogik akan berperan terhadap hasil belajar siswa. Rumusan masalah dalam penelitian adalah: 1) Bagaimanakah persepsi siswa tentang kompetensi pedagogik guru di MTs Negeri 2 Taba Penanjung tahun ajaran 2017/2018?, 2) Bagaimanakah hasil belajar siswa di MTs Negeri 2 Taba Penanjung tahun ajaran 2017/2018?, dan 3) Adakah hubungan persepsi siswa tentang kompetensi pedagogik guru dengan hasil belajar siswa di MTs Negeri 2 Taba Penanjung tahun ajaran 2017/2018?. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dengan pendekatan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Persepsi siswa tentang kompetensi pedagogik guru di MTs Negeri 2 Taba Penanjung tahun ajaran 2017/2018 didapat hasil nilai tertinggi 56 dan nilai terendah 40, dibagi menjadi 3 kategori, kategori tinggi sebanyak 4 responden dengan persentase sebesar 13%, untuk kategori sedang sebanyak 16 responden dengan persentase sebesar 53%, dan untuk kategori rendah 10 responden dengan persentase sebesar 34%. 2) Hasil belajar siswa di MTs Negeri 2 Taba Penanjung tahun ajaran 2017/2018 diperoleh nilai tertinggi 83 dan nilai terendah 75, apabila dibagi menjadi 3 kategori, untuk kategori tinggi sebanyak 5 responden dengan persentase sebesar 16%, sedangkan untuk kategori sedang sebanyak 9 responden dengan persentase sebesar 30%, dan untuk kategori rendah sebanyak 16 responden dengan persentase sebesar 54%. 3) Hubungan persepsi siswa tentang kompetensi pedagogik guru dengan hasil belajar siswa di MTs Negeri 2 Taba Penanjung tahun ajaran 2017/2018 tidak memiliki hubungan yang positif.