KESANTUNAN BERBAHASA DALAM SISTEM LAYANAN PESAN SINGKAT: ANALISIS WACANA INTERAKSI ANTARA MAHASISWA DAN DOSEN UNIVERSITAS CENDERAWASIH
Main Authors: | Mawene, Aleda, Setiawati, Eti |
---|---|
Other Authors: | Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas FKIP, Universitas Muhammadiyah Malang |
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal Artikulasi
, 2013
|
Online Access: |
http://ejournal.umm.ac.id/index.php/jib/article/view/1290 http://ejournal.umm.ac.id/index.php/jib/article/view/1290/1381 |
Daftar Isi:
- Universitas CenderawasihAbstrakPenggunaan jaringan komunikasi yang serba canggih pada era ini turutmempengaruhi ragam dan variasi berbahasa. Sistem jaringannyamengenakan tarif pulsa tertentu pada setiap item layananan. Akibatnya,konsumen memilih bersikap manipulatif dalam hal penggunaan bahasaIndonesia. Ketika menulis pesan, para partisipan memilih menyingkat katakatademi menghemat ruang, tempat, dan harga. Misalnya, ‘selamat pagi’disingkat ‘slmat pg’; ‘terima kasih banyak’ disingkat ‘trmh ksh bnyk’ atau‘tq’; ‘dan’ disingkat ‘n’; ‘bisa’ disingkat ‘bz’; ‘tempat’ disingkat ‘t4’;‘kalau’ disingkat ‘klw’. Banyak di antara singkatan-singkatan tadidikategori-kan tidak tepat asas bahasa Indonesia. Oleh karena itu, faktamenunjukkan bahwa ragam dan variasi penggunaan bahasa melalui ponselcenderung mengabaikan aspek kesantunan berbahasa.Kata kunci: Komunikasi, Ragam bahasa.