KURIKULUM PEMBELAJARAN APRESIASI SASTRA BERBASIS KOMPETENSI KEMBALI TERJEBAK DALAM UTOPIA

Main Author: ., Juairiyah
Other Authors: Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas FKIP, Universitas Muhammadiyah Malang
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Artikulasi , 2013
Online Access: http://ejournal.umm.ac.id/index.php/jib/article/view/1221
http://ejournal.umm.ac.id/index.php/jib/article/view/1221/1310
Daftar Isi:
  • Universitas Islam Negeri Banjarmasin Pendidikan diharapkan mampu menegakkan nilai-nilai manusia universal danmampu mengembangkan kebutuhan dasar belajar bagi tiap anak dengan pemberdayaankemampuan mereka dalam menghadapi problema kritis. Tuntutan ini dicobadirealiasasikan ke dalam kurikulum yang berbasis kompetensi. Tujuan mulia tersebutternyata belum berhasil diwujudkan dalam kurikulum pembelajaran apresiasi sastra yangmenuntut terlalu banyak teori tentang sastra yang tidak sesuai dengan tingkat mental siswaterutama tingkat TK dan SD.Kata kunci: kurikulum, apresiasi sastra, lifeskill.