PERSEPSI PEREMPUAN BEKERJA PADA IKLAN TEH SARIWANGI VERSI “MARI BICARA-TEMPAT FAVORIT” (STUDI WACANA GENDER PADA MEDIA IKLAN TELEVISI)

Main Authors: Riani, Yuyun Agus, Alfira, Nisa, Yulianti, Reny
Format: Article info eJournal
Terbitan: Communication Science Department at Universitas Lampung , 2018
Online Access: http://komunikasi.fisip.unila.ac.id/jurnal/index.php/metakom/article/view/23
Daftar Isi:
  • Terrepresentasi dalam iklan Sari Wangi versi “Mari Bicara-Tempat Favorit”, dimana perempuan menjadi inisiator penyelesaian sekaligus memerankan fungsi melayani. Disisi lain, iklan ini juga memvisualkan adanya perbedaan pemaknaan istilah “Tempat Favorit” antara laki-laki (tempat tidur) dan perempuan (restoran). Penelitian ini mengidentifikasi persepsi perempuan menikah bekerja tentang iklan teh Sariwangi “Mari bicara-Tempat Favorit” : a. Isi cerita iklan adalah karakter budaya keluarga Indonesia, b. Peran perempuan melayani suami sudah tepat, c. Perempuan harus proaktif dalam penyelesaian masalah keluarga karena laki laki kecenderungan membiarkan, d. Laki-laki mempersepsi hubungan suami istri adalah hubungan seks, sehingga kata favorit merujuk pada tempat tidur, sedangkan perempuan berpersepsi tempat favorit adalah tempat romantis (restoran untuk makan malam). Kata Kunci : Gender dan media, persepsi , perempuan bekerja, iklan TV