Pengaruh Constructive Play Terhadap Kemampuan Pengenalan Geometri Pada Anak Taman Kanak-Kanak Kelompok B

Main Author: Dita Primashanti Koesmadi
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: STKIP Modern Ngawi , 2018
Subjects:
Online Access: http://ejournal.stkipmodernngawi.ac.id/index.php/jpm/article/view/33
http://ejournal.stkipmodernngawi.ac.id/index.php/jpm/article/view/33/24
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh constructive playterhadap kemampuan pengenalan geometri anak Taman Kanak-kanakkelompok B. Jenis penelitian ini adalah quasi experimental design. Populasidalam penelitian ini semua kelompok B TK Dharma Wanita di DesaPurwosari Kecamatan Kwadungan Kabupaten Ngawi, Jawa Timur. Sampeldalam penelitian ini adalah kelompok B TK Dharma Wanita 1 Purwosaridan kelompok B TK Dharma Wanita 2 Purwosari. Teknik pengambilansample penelitian menggunakan sampling jenuh. Pengumpulan data denganmenggunakan observasi. Analisis data dengan menggunakan uji pairedsample t-test dan uji independent sample t-test dengan bantuan SPSS 16 forwindows. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruhkegiatan constructive play terhadap kemampuan pengenalan geometri padaanak TK kelompok B, yaitu dengan diperoleh nilai t hitung uji paired t-testkelompok kontrol sebesar -3,398 ≤ t tabel sebesar 1,761, pada kelompokeksperimen diperoleh t hitung sebesar -17,207 ≤ t tabel sebesar 1,740, danpada uji independent t-test diperoleh nilai t hitung sebesar -18,529 ≤ t tabelsebesar 1,697.