Pengaruh Constructive Play Terhadap Kemampuan Pengenalan Geometri Pada Anak Taman Kanak-Kanak Kelompok B
Main Author: | Dita Primashanti Koesmadi |
---|---|
Format: | Article info application/pdf Journal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
STKIP Modern Ngawi
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://ejournal.stkipmodernngawi.ac.id/index.php/jpm/article/view/33 http://ejournal.stkipmodernngawi.ac.id/index.php/jpm/article/view/33/24 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh constructive playterhadap kemampuan pengenalan geometri anak Taman Kanak-kanakkelompok B. Jenis penelitian ini adalah quasi experimental design. Populasidalam penelitian ini semua kelompok B TK Dharma Wanita di DesaPurwosari Kecamatan Kwadungan Kabupaten Ngawi, Jawa Timur. Sampeldalam penelitian ini adalah kelompok B TK Dharma Wanita 1 Purwosaridan kelompok B TK Dharma Wanita 2 Purwosari. Teknik pengambilansample penelitian menggunakan sampling jenuh. Pengumpulan data denganmenggunakan observasi. Analisis data dengan menggunakan uji pairedsample t-test dan uji independent sample t-test dengan bantuan SPSS 16 forwindows. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruhkegiatan constructive play terhadap kemampuan pengenalan geometri padaanak TK kelompok B, yaitu dengan diperoleh nilai t hitung uji paired t-testkelompok kontrol sebesar -3,398 ≤ t tabel sebesar 1,761, pada kelompokeksperimen diperoleh t hitung sebesar -17,207 ≤ t tabel sebesar 1,740, danpada uji independent t-test diperoleh nilai t hitung sebesar -18,529 ≤ t tabelsebesar 1,697.