Konstruktivisme dan Pembelajaran IPA
Main Author: | Agus Hariyadi Suprianto |
---|---|
Format: | Article info application/pdf Journal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
STKIP Modern Ngawi
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://ejournal.stkipmodernngawi.ac.id/index.php/jpm/article/view/20 http://ejournal.stkipmodernngawi.ac.id/index.php/jpm/article/view/20/12 |
Daftar Isi:
- Pada dasarnya konstruktivisme mengandung lima prinsip tentang belajar dan mengajar, yaitu: pertama, pembelajar telah memiliki pengetahuan awal; kedua, belajar merupakan proses pengkonstruksian pengetahuan berdasarkan pengetahuan awal yang telah dimiliki; ketiga, belajar adalah perubahan konsepsi pembelajar, keempat, proses pengkonstruksian pengetahuan berlangsung dalam konteks tertentu; dan kelima, pembelajar bertanggung jawab terhadap proses belajarnya. Banyak variasi konstruktivisme dan juga pandangan tentang bagaimana lingkungan pembelajaran dan urutan pembelajaran yang sesuai dengan prinsip-prinsip konstruktivisme. Untuk itu perlu dukungan khusus bagi para guru, misalnya melalui pendidikan dan pelatihan, serta forum berbagi pengalaman agar mereka dapat menerapkan prinsip-prinsip konstruktivisme dalam melaksanakan proses pembelajaran.